5 Aplikasi Baca Novel Terbaik di Android

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Novel adalah karya sastra yang populer dan banyak dibaca oleh orang-orang. Novel biasanya diterbitkan dalam bentuk buku, namun tidak sedikit juga diterbitkan dalam bentuk digital. Kami pikir, novel dalam bentuk buku terlalu ribet dan tidak efisien. Selain itu, tidak sedikit yang harganya cukup mahal. Karena itulah, kami pikir novel dalam bentuk digital lebih efisien dan mudah dibawa ke mana-mana.

Di era digital ini, kamu tidak akan sulit untuk menemukan novel digital lewat HP mu, termasuk lewat aplikasi. Sekarang, sudah cukup banyak bertebaran aplikasi baca novel di smartphone Android. Hal tersebut membuatmu lebih mudah dalam menemukan bacaan favoritmu.

Tidak hanya itu, aplikasi-aplikasi tersebut biasanya juga menawarkan novel gratis, dan ada beberapa yang menawarkan paket berlangganan, sehingga kamu tidak perlu membeli novel satu per satu. Mau tau apa saja aplikasi baca novel terbaik di Android? Berikut daftar beserta penjelasannya.

Wattpad

Sebagian besar dari kalian pasti sudah tak asing dengan Wattpad. Aplikasi baca novel ini memang sangat populer. Bahkan, banyak karya yang diterbitkan di Wattpad sudah diadaptasi ke dalam buku bentuk fisik, contohnya seperti Mariposa. Wattpad banyak menyediakan novel gratis yang dapat kamu baca dimanapun, sehingga kamu tidak akan kehabisan bacaan nih tiap harinya.

Wattpad sendiri sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store. Banyak user yang memberikan respon positif dan akhirnya Wattpad mendapatkan rating rata-rata 4,3.

Google Play Books

Google Play Books adalah aplikasi besutan Google yang dirancang khusus sebagai media untuk membeli dan membaca buku. Banyak sekali buku yang bisa kamu beli atau baca di sini, termasuk buku-buku populer dan buku-buku berbahasa Indonesia. Selain itu, Play Books tentunya juga menyediakan buku-buku gratis yang dapat kamu akses sesuka hati.

Sebagai bagian dari Google, Play Books tentunya memiliki jumlah unduhan yang sangat banyak dan rating yang bagus di Play Store.

Webnovel

Aplikasi selanjutnya adalah Webnovel yang merupakan besutan dari Cloudary. Tidak hanya novel saja, Webnovel juga menyediakan komik untuk kamu baca. So, jadi gak usah menanyakan kredibilitas dari aplikasi ini. Banyak judul populer dari komik dan novel yang tersedia di sini. Selain itu, Webnovel juga melakukan update setiap hari demi kenyamanan pembaca.

Di Play Store, Webnovel sudah diunduh lebih dari 10 juta kali. Rating yang didapatkan aplikasi ini adalah 4,3 dari ratusan ribu ulasan.

NovelToon

Selanjutnya adalah aplikasi NovelToon, yang sepertinya dibuat oleh pihak yang sama dengan MangaToon. Aplikasi ini banyak menyediakan novel populer yang dapat kamu baca. Selain itu, NovelToon pastinya juga menyediakan novel gratis untukmu. Novel dari berbagai kategori, seperti Fantasi, Romantis, Komedi, Reinkarnasi, dan yang lainnya, dapat kamu temukan di sini.

Jumlah unduhan NovelToon mencapai 10 juta kali. Dan sekarang aplikasi ini mendapatkan rating 4,5 dari ratusan ribu ulasan.

Innovel

Aplikasi baca novel terbaik di urutan terakhir adalah Innovel. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengakses 200 ribu lebih novel dalam sakumu. Beberapa judul populer di aplikasi ini adalah Pernikahan Anak SMA, Sekertarisku Canduku, Penjara Hati Sang CEO, dan yang lainnya. Meskipun baru diunduh lebih dari 5 juta kali, tapi Innovel mampu mendapatkan rating 4,5 dari ratusan ribu ulasan.


Itulah deretan aplikasi baca novel terbaik di Android tahun 2022. Dengan adanya aplikasi tersebut, kamu tidak akan kesusahan dalam mendapatkan bacaan untuk sehari-hari.