Ini Dia Tujuh Cara Memperkuat Sinyal WiFi Di Android

Last Updated on Agustus 20, 2023 by TeknoFusion

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Android – Halo sobat! Internet bisa dikatakan menjadi hal yang sangat penting di zaman sekarang. Mengapa? Karena banyak aktivitas di luar maupun di dalam rumah yang menggunakan internet mulai dari penggunaan media sosial hingga tidak jarang orang yang bekerja dari rumah menggunakan internet.

Dengan demikian bisa dikatakan jika internet saat ini menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat. Ditambah, masa pandemi seperti yang terjadi 2 tahun terakhir yang mengharuskan orang-orang untuk bekerja, sekolah dan lain-lain dari rumah. Tentu saja untuk terhubung satu sama lain memerlukan internet. Internet untuk individu seperti kuota memiliki dana yang cukup besar atau mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Maka dari itu orang-orang beralih dengan menggunakan sinyal WiFi.

WiFi ini sama seperti jaringan lainnya yang mana bila digunakan oleh banyak orang akan mengalami sinyal lambat atau lemot. Nah, tidak jarang orang yang mencari cara memperkuat sinyal WiFi di Android maupun di laptop atau PC.

Cara memperkuat sinyal WiFi di Android merupakan cara yang paling banyak dicari oleh orang-orang karena tidak semua orang memiliki laptop atau PC tetapi hampir semua orang memiliki HP.

Dengan menggunakan WiFi ini juga bisa membuat siapa saja yang mengaksesnya tanpa ada batasan kuota. Tetapi tetap saja ada kendalanya seperti jaringan mengalami lemot karena dipakai oleh banyak orang atau melebihi kapasitas.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Android

Pada artikel kali ini tim TeknoFusion akan memberikan bagaimana cara memperkuat sinyal WiFi di Android. Cara ini adalah untuk memperkuat sinyal WiFi yang masuk ke dalam smartphone mu. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Aplikasi Memperkuat Sinyal WiFi di Android

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android

Semakin majunya zaman maka semakin maju pula teknologi. Para pembuat aplikasi-aplikasi canggih adalah termasuk golongan orang yang sangat membantu apalagi orang yang membuat aplikasi tambahan untuk membantu memperkuat sinyal WiFi di Android.

Cara memperkuat sinyal WiFi di Android ini paling mudah dengan menggunakan aplikasi tambahan yaitu aplikasi penguat sinyal yang bernama WiFi Booster and Analyzer. Aplikasi tersebut bisa kamu gunakan untuk memperkuat sinyal WiFi yang masuk ke Android kamu.

Aplikasi tersebut memiliki fitur yang bisa kamu coba seperti adanya tombol untuk meningkatkan sinyal WiFi sehingga koneksi WiFi di Smartphone kamu lebih cepat daripada orang lain yang juga menggunakan WiFi yang sama. Aplikasi Connection Stabilizer Booster ini dapat diunduh di Google Play Store.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Android Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan Aplikasi yang tersedia Google Play Store, kamu bisa juga merubah setting di HP kamu agar performa WiFi menjadi lebih bagus. Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan, ini beberapa caranya:

Cek Case Jenis Apa Yang Kamu Gunakan

Cara memperkuat sinyal WiFi di Android yang kedua adalah mengecek jenis cash apa yang kamu gunakan. Apakah casing kamu gunakan tersebut memperburuk sinyal kamu ataukah tidak.

Pada beberapa kasus jenis case handphone yang memperburuk sinyal adalah case yang terbuat dari logam. Nah, untuk mengetahuinya kamu memerlukan Speed Test yang harus kamu jalankan.

Caranya kamu bisa memulai menjalankan tersebut dengan menggunakan case dan berikutnya yang tidak menggunakan case. Kamu tinggal lihat hasilnya nanti yang mana hasil yang lebih cepat menggunakan atau tidak.

Update Radio atau Firmware Android

Cara memperkuat sinyal wifi di Android yang berikutnya adalah bisa karena firmware yang ada di HP kamu sudah ketinggalan zaman. Hal tersebut bisa menyebabkan koneksi WiFi di Smartphone kamu memburuk loh sobat. Firmware sendiri merupakan perangkat lunak yang melakukan berbagai proses di ROM smartphone kamu.

Jika memang benar firmware yang kamu gunakan sudah ketinggalan zaman maka kamu bisa melakukan update sebagai berikut,

Setting -> About Phone > System/Software Update

Jika kamu sudah melakukan update dan ternyata sinyal WiFi mu kuat maka cara tersebut berhasil.

Membuka Pengaturan Android

Cara yang keempat yaitu kamu bisa membuka pengaturan atau setting Android kamu yang bisa membuat koneksi WiFi menjadi buruk.

Ternyata kamu bisa mengatur Android kamu supaya menghindari sinyal WiFi dengan koneksi yang buruk. Dengan mengatur setting tersebut maka WiFi yang akan muncul di HP kamu adalah WiFi yang memiliki kualitas koneksi yang baik saja.

Caranya :

Setting -> WiFi -> Advanced Setting

Lalu silakan beri tanda centang untuk menghindari koneksi WiFi yang buruk.

Mengubah Pita Frekuensi

Cara memperkuat sinyal WiFi yang berikutnya adalah dengan mengubah frekuensi smartphone kamu menjadi 5 GHz. Mengapa? Karena pada smartphone lama biasanya menggunakan frekuensi 2.4 GHz. Frekuensi tersebut memang memiliki cakupan yang luas dan juga sinyal yang kuat tetapi menjadi buruk ketika sudah terlalu banyak orang yang menggunakannya. Jadi, bisa jadi karena hal itulah sinyal WiFi kamu memburuk.

Memindahkan Router

Jika sebelumnya router yang kamu gunakan berada di tempat yang lebih tinggi Maka sangat disarankan untuk memperkuat sinyal kamu harus menurunkan router tersebut ke tempat yang lebih rendah.

Bisa jadi juga sinyal Wifi mau buru karena terhalang tembok sehingga sinyal pun juga ikut terhalang. Maka dari itu sangat disarankan untuk meletakkan router di area yang mudah untuk sinyal masuk ke sudut ruangan atau spot yang tepat.

Berapa Banyak Pengguna Login Di WiFi

Banyaknya orang yang menggunakan WiFi juga menjadi penyebab mengapa koneksi menjadi lambat. Maka dari itu bisa kamu lihat jika biasanya orang rumahmu yang memakai WiFi tersebut kuat lalu tiba-tiba melemah maka bisa jadi ada orang lain yang ikut masuk ke dalam sinyal WiFi mu.

Jika demikian bagaimana caranya?

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengubah password WiFi kamu. Siapa tahu orang lain mengetahui password WiFi kamu dengan menebak-nebak misalnya. Jadi kamu bisa merubah password atau kata sandi WiFi kamu dengan kata-kata yang lebih sulit untuk ditebak oleh orang lain.

Dan hal yang kedua adalah menyembunyikan WiFi kamu sehingga orang lain tidak tahu jika ada WiFi di sekitar mereka.

Manfaat Menggunakan WiFi

  • Kamu bisa internetan sepuasnya dengan menggunakan WiFi
  • Kamu tidak perlu memakai kuota ketika berada di tempat yang memiliki sinyal WiFi
  • Jika digunakan bersama-sama di rumah maka hitungan pembayaran WiFi lebih murah daripada internet masing-masing dengan menggunakan HP seperti membeli kuota untuk tiap hp yang ada di rumah
  • Menghemat uang. Kamu tidak perlu membeli kuota banyak karena kamu sudah memiliki WiFi di rumah sehingga hal tersebut bisa menghemat pengeluaran kamu.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai bagaimana cara memperkuat sinyal WiFi di Android. Kamu bisa mengikuti 7 cara di atas sesuai dengan kondisi yang kamu alami.

Bagaimana menurutmu sobat, apakah cukup membantu?

Jangan lupa untuk berikan kritik dan saran yang membangun serta solusi supaya kami bisaa terus mengembangkan artikel dan website kami. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu Jika hatiku kami ini bermanfaat agar bisa lebih bermanfaat lagi untuk banyak orang.

Terima kasih, semoga membantu!