Lima Aplikasi Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer dan Laptop Terbaik

Aplikasi mengembalikan file yang terhapus sangat berguna untuk menjaga data atau file penting yang tersimpan di perangkat elektronik. Walaupun terbilang aman, menyimpan file di dalam perangkat komputer ataupun laptop cukup rentan terhapus, baik secara sengaja maupun tidak.

Bahkan tak jarang data yang terdapat di dalamnya hilang akibat virus atau kerusakan lainnya. Penasaran aplikasi apa saja yang wajib digunakan jika kehilangan file penting?

Berikut adalah beberapa rekomendasi terbaik yang kemampuannya tak perlu diragukan lagi sebagai proteksi tambahan berbagai dokumen di perangkat komputer:

1. Recuva

Recuva menjadi aplikasi mengembalikan file yang terhapus di penyimpanan komputer atau laptop yang pertama. Aplikasi atau software yang dikeluarkan Piriform ini termasuk ke dalam Freeware yang dapat digunakan secara gratis oleh pengguna Windows.

Aplikasi ini bisa digunakan pada Windows 10 untuk mengembalikan file atau data yang terhapus, baik yang baru terjadi ataupun yang sudah lampau. Tampilan sederhana yang dimiliki Recuva membantu para pengguna baru yang ingin memanfaatkan aplikasi ini untuk mengembalikan berbagai file terhapus di komputernya.

2. Test Disk

Selanjutnya, terdapat Test Disk yang wajib digunakan bila file penting hilang atau terhapus dari penyimpanan komputer atau bahkan dari Recycle Bin. Biasanya, jika di Recycle Bin sudah terhapus, maka file tersebut akan mustahil dikembalikan seperti semula.

Namun dengan hadirnya Test Disk, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena aplikasi ini mampu untuk mengembalikan berbagai data yang hilang. Tidak hanya itu saja, Test Disk juga bisa dimanfaatkan ketika terjadi kerusakan pada partisi yang terdapat di Hard Disk.

3. Easeus Data Recovery

Easeus Data Recovery menjadi rekomendasi ketiga terbaik sebagai data recovery di komputer ataupun laptop. Aplikasi berjenis freeware ini mampu untuk mengembalikan berbagai file, seperti dokumen, gambar, musik, hingga Email penting yang tidak sengaja terhapus. Easeus Data Recovery memiliki dua versi, yaitu Free dan Pro.

Aplikasi ini memiliki sistem yang ringan, sehingga dapat digunakan atau berjalan mulai dari RAM dengan kapasitas 128 MB. Easeus juga memiliki kemampuan scan cepat serta pengguna dapat memilih file apa yang ingin dikembalikan ke penyimpanan sehingga tidak memakan banyak ruang pada memori.

4. Wise Data Recovery

Jika mencari aplikasi atau software pengembali file gratis dengan kemampuan yang mumpuni, Wise Data recovery jawabannya. Aplikasi ini mampu untuk memindai file mana saja yang dapat dikembalikan ketika tidak sengaja terhapus dari dokumen penyimpanan komputer.

Tidak hanya itu, Wise Data Recovery juga dapat memberitahukan kondisi dari file yang berhasil dikembalikan. Terdapat 4 kondisi yang perlu diketahui pengguna, yaitu “Poor”,Very Poor”, “Good”, dan “Lost”. Jika menunjukkan “Lost”, maka file tersebut kemungkinan besar tidak bisa dikembalikan.

5. UndeleteMyFiles Pro

Dan rekomendasi yang terakhir adalah UndeleteMyFiles Pro. Berbeda dengan aplikasi yang membawa nama “Pro” lainnya, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. UndeleteMyFiles Pro mampu untuk mengembalikan data yang telah hilang di berbagai perangkat, mulai dari Hard Disk hingga USB.

Pemasangan aplikasi UndeleteMyFiles Pro pun tidak membuat perangkat menjadi berat. Hal ini disebabkan karena kapasitas memorinya yang sangat ringan, yaitu hanya 1,3 MB saja. Walau kecil, namun kemampuan yang dimiliki tidak kalah dengan aplikasi lainnya dalam hal kecepatan men-scan file yang terhapus.

Itulah 5 rekomendasi terbaik untuk aplikasi mengembalikan file yang terhapus di perangkat komputer atau laptop. Kehilangan file atau dokumen akibat terhapus yang tidak disengaja tentu akan sangat merepotkan. Namun dengan kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut, pemilik data tidak perlu khawatir karena file dapat dikembalikan seperti semula.

 

Artikel Terkait