Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Keyboard yang tidak berfungsi, memang cukup menjengkelkan. Aktivitas yang dilakukan, bisa saja terhambat karena keyboard tidak berfungsi. Namun, untung ada beberapa solusi keyboard laptop tidak berfungsi yang bisa dilakukan. Dengan sejumlah metode ini, keyboard bermasalah bisa langsung diperbaiki.

Saat hal ini terjadi, tentu kegunaan dari laptop akan menurun. Pasalnya, laptop tidak bisa lagi digunakan untuk mengetik. Ketika mengalaminya, mungkin kamu akan langsung berpikiran membawa laptop ke tempat servis. Tapi baiknya jangan buru-buru. Ada beberapa langkah sederhana yang perlu dicoba untuk mengatasinya. Tim TeknoFusion menyusun langkah-langkahnya dibawah ini.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Sebelum memahami bagaimana solusi memperbaiki beberapa tombol keyboard laptop tidak berfungsi, baiknya ketahui dulu apa yang menyebabkan laptop tidak berfungsi. Dengan diketahuinya masalah ini, selanjutnya kamu bisa melakukan pencegahan agar masalah ini tidak terulang lagi:

1. Pengaturan Tidak Kompatibel

Penyebab tombol keyboard tidak berfungsi yang pertama, bisa karena adanya pengaturan yang tidak kompatibel. Biasanya, pengaturan yang tidak kompatibel terjadi lantaran ada sistem yang tidak berjalan dengan baik.

Tak hanya itu saja, terkadang penggunaan keyboard yang kurang tepat, juga menyebabkan risiko keyboard tidak berfungsi ini, bisa terjadi.

2. Driver Keyboard Salah

Masalah yang ada pada driver keyboard, juga bisa menjadi penyebab mengapa keyboard laptop milikmu tidak berfungsi sebagian atau bahkan tidak berfungsi secara total.

Masalah ini, bisa saja terjadi karena kamu menginstal software dari pihak ketiga, atau mengutak-atik pengaturan driver keyboard. Tak hanya itu saja. Mematikan laptop dengan tidak menggunakan perintah shutdown, biasanya juga memperparah keadaan dari keyboard laptop yang tidak berfungsi.

3. Gangguan yang Terjadi pada Hardware

Penyebab dari tidak berfungsinya keyboard yang kamu miliki, bisa terjadi karena adanya gangguan pada hardware keyboard. Biasanya, terdapat sejumlah hal yang dapat mempengaruhi respon dari keyboard.

Misalnya saja, keyboard tertutupi kotoran atau debu, pernah terkena cairan, ada tombol yang paling sering ditekan, dan juga bisa saja ada gangguan dalam driver keyboard.

Tak hanya itu saja. Baterai laptop yang kamu gunakan terkadang juga menyebabkan adanya gangguan pada fungsi keyboard. Lebih sering terjadi, ketika baterai laptop sudah terlalu panas.

Panasnya suhu baterai, terkadang menyebabkan keyboard tidak bisa merespons secara langsung. Dan inilah yang bisa saja membuat keyboard milikmu, tidak berfungsi secara optimal.

4. Ada Gangguan pada Software

Tidak hanya dari sisi hardware saja yang mengalami gangguan. Penyebab lain bisa saja karena terdapat gangguan pada software atau perangkat lunak. Terkadang, semua keyboard tidak dapat merespons apa-apa.

Hal ini bisa saja terjadi lantaran masalah pada driver maupun software pada laptop yang kamu gunakan. Masalah lainnya juga bisa diakibatkan oleh penginstalan software sembarangan atau tidak resmi.

Terkadang, ada software yang bisa saja menyebabkan gangguan pada fungsi dari keyboard laptop yang kamu gunakan. Maka dari itu, harap perhatikan penginstalan software dari sumber yang tidak jelas.

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Sebagian

Tak hanya keyboard yang tiba-tiba saja tidak berfungsi secara total. Terkadang, ada juga masalah yang sering muncul, yakni keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. Sebenarnya, tidak ada yang berbeda dari keduanya. Entah itu dari segi penyebab, maupun solusi keyboard laptop tidak berfungsi yang dapat dilakukan.

Penyebabnya, bisa dikatakan mirip dengan penyebab keyboard laptop tidak bisa digunakan secara total, yakni:

  • Adanya tumpukan debu dan kotoran pada bagian keyboard tertentu.
  • Ada bagian keyboard tertentu yang pernah tersiram cairan.
  • Terjadinya gangguan pada hardware maupun software.
  • Terlalu sering menggunakan keyboard tertentu dan mengakibatkan over-used.

Jika salah satu tombol keyboard tidak berfungsi, bisa saja keempat alasan di atas yang mengakibatkan itu terjadi. Namun tenang, masih ada solusi atas permasalahan keyboard ini.

Solusi Keyboard Laptop Jalan Sendiri

Entah keyboard yang error sebagian dan error secara total atau bahkan jalan sendiri, solusi keyboard laptop tidak berfungsi atau mencet sendiri terbilang mirip. Adapun caranya yakni:

1. Uninstall Driver Keyboard

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi adanya error pada laptop, bisa dengan uninstall driver keyboard yang digunakan. Nantinya, data driver keyboard akan terhapus dan ujungnya, bisa menghilangkan masalah yang terjadi pada keyboard.

Adapun caranya yakni:

  • Klik kanan pada Start Windows.
  • Pilih Device Manager.
  • Geser ke arah bawah, lalu bukalah menu Keyboard.
  • Di driver yang digunakan, pilih Uninstall Device.
  • Setelah itu, proses uninstall akan berjalan otomatis.
  • Kemudian, kamu bisa memilih untuk restart sistem.

Setelah melakukan restart, maka driver keyboard bisa terpasang secara otomatis. Sebagai saran, harap untuk mengaktifkan koneksi internet. Jika kebetulan ada update, driver keyboard secara otomatis akan diperbaharui.

2. Menjalankan Keyboard Troubleshooter

Solusi keyboard laptop error lainnya yang bisa kamu manfaatkan, adalah dengan menjalankan keyboard troubleshooter. Program ini, memang sudah disediakan oleh setiap perangkat laptop untuk memperbaiki error pada laptop.

Adapun langkah-langkah untuk menjalankan troubleshooter yakni:

  • Di kotak Search Windows, ketik Troubleshooter.
  • Setelah itu, akan ada hasil pencarian yang ditampilkan.
  • Kemudian, geserlah ke arah bawah.
  • Cari opsi Additional Troubleshooter.
  • Klik menu tersebut.
  • Cari Keyboard.
  • Klik Run the Troubleshooter.
  • Ikutilah instruksi hingga ada jendela troubleshooter yang akan memperbaiki masalah pada keyboard.

3. Lepas Baterai Laptop Sementara

Solusi keyboard laptop tidak berfungsi sebagai mestinya yang ketiga, adalah dengan mencoba melepaskan baterai laptop sementara. Biasanya, salah satu penyebab gangguan pada keyboard, adalah daya yang kurang stabil pada baterai.

Jika kamu menggunakan charger, coba lepas terlebih dahulu charger laptop. Setelah itu, pastikan kondisi dari keyboard. Jika masih bermasalah, coba langsung lepas baterai dan hanya menghidupkan laptop menggunakan charger saja.

Biasanya, salah satu metode ini akan menyelesaikan masalah yang terjadi pada keyboard milikmu.

4. Menggunakan Keyboard Eksternal

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah pada keyboard, adalah dengan menggunakan keyboard eksternal. Bagi para pengguna laptop, biasanya metode ini sangat berguna mengatasinya.

Saat tahu bahwa masalah terjadi pada internal keyboard, maka alternatif paling tepat untuk dilakukan adalah dengan menggunakan keyboard eksternal. Namun sebelum itu, pastikan kalau kamu sudah disabled keyboard internal atau mematikan fungsi dari keyboard internal dulu.

Jika belum dimatikan atau disabled, maka masalah akan tetap terjadi. Berbeda saat kamu mematikan atau men-disabled-nya terlebih dahulu. Keyboard eksternal bisa digunakan sebagaimana mestinya.

5. Restart Laptop

Walaupun sederhana, kamu patut mencoba cara ini. Terkadang, restart laptop bisa menjadi solusi dari cukup banyak masalah yang terjadi. Salah satunya, untuk mengatasi masalah yang terjadi pada keyboard. Pastikan untuk menggunakan tombol Restart dan tidak melakukannya dengan paksa.

6. Lakukan Restore System

Langkah lain bisa dengan melakukan restore system. Cara ini, akan mengembalikan keyboard ke settingan awal. Kamu bisa cek metode restore system masing-masing OS karena metodenya berbeda.


Penutup

Itulah sejumlah solusi keyboard laptop tidak berfungsi optimal sebagaimana biasanya. Dengan cara di atas, mungkin masalah keyboard yang dialami bisa diatasi. Jika belum, mungkin sudah waktunya membawa laptopmu ke tempat servis.

By tony

Artikel Terkait