5 Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Mudah dan Aman

Keyboard yang kotor bisa membuat kinerja laptop terganggu, mulai dari tidak dapat mengetik hingga hang dan mati total. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan laptop menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Agar tidak perlu repot ke pusat servis, ada cara membersihkan keyboard laptop rumahan yang mudah dan aman.

Cara-cara itu akan dijelaskan secara terperinci pada artikel ini demi membantu para pengguna laptop yang sedang mengalami masalah keyboard kotor. Perlu diingat agar tetap melakukan proses dengan hati-hati, jangan sampai justru menambah masalah kerusakan.

1. Pastikan Laptop dalam Kondisi Mati

Saat hendak membersihkan keyboard, pastikan terlebih dahulu laptop dalam keadaan mati. Ini penting karena jika laptop masih menyala, dikhawatirkan akan ada gangguan yang terjadi. Pengguna tentunya tidak ingin menekan tombol keyboard sembarangan yang dapat mendatangkan masalah lain.

Selain demi alasan itu, mematikan laptop juga akan membuat kipas di dalamnya berhenti berputar. Hal ini akan memudahkan proses pembersihan, karena tidak ada gangguan angin yang menyebabkan debu di dalam bergerak ke arah lain. Keyboard dan dalaman laptop pun akan dijamin bersih sempurna nantinya.

2. Bersihkan Permukaan Keyboard

Membersihkan keyboard laptop tidak harus selalu dilakukan secara menyeluruh, melainkan menyesuaikan kebutuhan dan kondisi. Jika memang dirasa hanya perlu membersihkan bagian luarnya saja, maka pengguna cukup mengusap kotoran dan debu yang tertempel di permukaan.

Ada beberapa alat dan metode yang dapat digunakan untuk membersihkan permukaan keyboard, di antaranya sebagai berikut:

  • Lap dari kain microfiber. Microfiber lebih bisa mengangkat kotoran dan debu secara efektif dibanding bahan kain jenis lainnya. Kain ini bisa didapat dengan mudah melalui toko online, atau memanfaatkan lap bekas kacamata.
  • Kuas yang lembut dan halus. Debu-debu yang ada pada celah di antara masing-masing tombol dapat lebih mudah dihilangkan menggunakan kuas. Namun pastikan agar kuas yang dipakai berbahan lembut dan halus agar tidak melukai permukaan keyboard.
  • Slime. Banyak hack-hack yang mengajarkan cara membersihkan keyboard laptop menggunakan slime di internet. Bahan slime yang lengket akan membuat debu-debu dari keyboard menempel dan terangkat.

3. Bersihkan Debu di Sela-Sela Keyboard

Jika sudah membersihkan permukaannya, alangkah lebih baik jika sela-sela keyboard turut dibersihkan juga. Bagian ini biasanya dipenuhi debu yang jika tidak diangkat akan terus menumpuk dan menggumpal. Membersihkan sela kecil ini dapat menggunakan penyedot debu dengan ujung runcing.

4. Jika Perlu Bersihkan Bagian dalam Keyboard

Jika merasa diperlukan, pengguna dapat sekaligus membersihkan bagian dalam keyboard. Bukan tanpa alasan, namun debu dapat masuk dari sela-sela keyboard dan menumpuk di bagian dalam. Jika terus dibiarkan, debu ini akan mengganggu fungsi keyboard dan komponen laptop yang lain.

Untuk melakukannya, bisa hanya dengan mencopot bagian tombol satu per satu dan membersihkannya menggunakan kuas. Jika ingin lebih maksimal, bisa juga melepas casing laptop dan membersihkan bagian keyboard dalam secara menyeluruh.

5. Gunakan Pelindung Agar Keyboard Tetap Bersih

Hal terakhir yang tidak kalah penting, setelah membersihkan keyboard laptop adalah menjaganya agar tidak kotor lagi. Pengguna dapat menggunakan pelindung keyboard yang difungsikan sebagai penghalau debu agar tidak masuk ke sela-sela tombol. Pilih pelindung yang pas dengan keyboard agar tidak mengganggu kenyamanan bekerja.

Sebagai pengguna, menjaga kondisi laptop adalah sesuatu yang tidak boleh disepelekan, termasuk dalam hal kebersihan. Alangkah mudah jika semua pengguna mengetahui cara membersihkan keyboard laptop yang aman dan bisa dipraktekkan sendiri ini.

By riandi

Artikel Terkait