Cara Mengatasi Laptop Acer Lemot

Penyebab Laptop Acer Lemot dan Cara Mengatasinya

Berbagai macam jenis laptop, pasti mengalami penurunan performa saat telah lama digunakan. Hal ini bisa saja terjadi, salah satunya pada laptop Acer milikmu. Namun, jangan khawatir. Ada banyak cara mengatasi laptop Acer lemot yang dapat kamu coba satu per satu.

Sebenarnya, cara memperbaiki laptop Acer yang lemot mirip dengan memperbaiki laptop lemot pada umumnya. Pasalnya, kebanyakan laptop memang memiliki sejumlah penyebab lemot yang sama. Maka dari itu, tak heran jika metode penyelesaian yang bisa dilakukan, hampir sama. Simak paparan tim TeknoFusion ini:

Penyebab Laptop Acer Lemot

Seperti yang sudah kami katakan, metode penyelesaian yang dapat kamu lakukan bisa sama karena penyebabnya tidak jauh berbeda. Ada beberapa alasan yang menyebabkan laptop Acer milikmu mengalami lemot. Beberapa di antaranya yakni:

1. HardDisk/SSD yang Penuh

Salah satu alasan mengapa laptop Acer yang kamu miliki mulai lemot, yakni harddisk/SSD yang ada di dalamnya sudah penuh. Kapasitas dari harddisk/SSD yang kamu gunakan, sudah hampir seluruhnya terpakai.

Biasanya, ambang batas harddisk/SSD bisa membuat kinerja laptop jadi menurun, yakni sekitar 95%. Jika sudah 95% atau bahkan lebih dari itu, bisa dipastikan akan mempengaruhi kinerja laptop dan menjadikannya lemot.

Harddisk/SSD, biasanya berisikan temporary files, defrag, file yang kamu simpan, dan masih banyak lagi. Pastikan harddisk/SSD tidak terlalu penuh agar tidak mengalami lemot.

2. RAM Terlalu Kecil

Alasan lain mengapa laptop Acer yang kamu miliki mengalami penurunan kinerja atau lemot, yakni karena RAM yang terlalu kecil. Besar kecilnya RAM, tentu jadi salah satu faktor yang juga mempengaruhi kecepatan proses pada laptop.

Jika RAM yang ada dalam laptopmu terlalu kecil, biasanya laptop lebih lambat dibandingkan laptop dengan RAM besar. Sangat disarankan untuk memiliki RAM yang lebih dari 4GB. Kamu bisa memakai RAM dengan kapasitas 8GB – 16GB jika ingin lebih cepat.

3. Infeksi Malware

Saat kamu sudah mencoba berbagai cara mengatasi laptop lemot namun tidak berhasil juga, bisa saja laptop milikmu sudah terinfeksi malware atau virus. Malware, tentu saja dapat menyebabkan laptop milikmu jadi lebih lemot karena menyerang langsung sistemnya.

4. Startup Program Terlalu Banyak

Penyebab lainnya, yakni karena terlalu banyak startup program yang berjalan. Sejumlah software yang berjalan di latar belakang ini, memang akan dimulai otomatis sejak kamu menghidupkan laptop.

Semakin banyak program yang berjalan saat startup—apalagi dengan RAM dan HDD yang kurang memadai—laptop kamu tentu berjalan lebih lamban atau lemot. Terlalu banyak software yang berjalan di latar belakang, juga mempengaruhi kecepatan pemrosesan yang terjadi dalam laptop Acer milikmu.

Nantinya, RAM akan bekerja terlalu keras dengan memberikan semua ruang yang ada terhadap software yang kamu jalankan. Dengan ini, RAM akan sangat terbebani. Membuka software sekaligus dalam satu waktu, juga bisa mempengaruhi kecepatan dari laptop.

5. Harddisk Lama

Penyebab lain yang bisa saja terjadi, yakni harddisk laptopmu sudah terlalu lama atau usang. Harddisk, juga punya masa pakai optimal. Saat sudah tercapai atau sudah terlalu lama digunakan, tentu akan ada penurunan kinerja. Hal ini juga bisa menyebabkan laptop Acer milikmu, jadi tambah lemot.

Proses pembacaan data yang menjadi fungsi utama harddisk, jadi lebih lambat daripada biasanya.

Mengatasi Laptop Acer Lemot

Lantaran penyebab lemotnya laptop Acer dan merk lain itu sama, cara mengatasi laptop lemot Asus maupun Acer, tentu saja tidak jauh berbeda. Jika mengalaminya, kamu bisa mencoba beberapa cara ini:

1. Segera Uninstal Software yang Tidak Diperlukan

Tanpa sadar, seringkali banyak pengguna laptop yang menginstal banyak software tanpa mempertimbangkan penggunaannya. Saat sudah terlalu banyak, beragam software tersebut akan membuat drive C laptop Acer milikmu jadi penuh atau seluruh kapasitasnya digunakan.

Hal ini tentu akan membuat sistem jadi cukup lama ketika melakukan pembacaan data. Dalam jangka panjang, software yang terlalu banyak akan membuat laptop jadi lebih lemot. Cara mudah untuk mengatasinya, tentu dengan langsung uninstall software yang tidak benar-benar dibutuhkan.

Kamu bisa menyeleksi software apa saja yang memang sering digunakan dan tidak pernah digunakan. Jika sudah, kamu bisa langsung uninstall software yang tidak pernah digunakan agar tidak memakan penyimpanan. Dengan begitu, laptop Acer milikmu akan kembali enteng.

2. Menggunakan Antivirus

Cara mengatasi laptop Acer lemot selanjutnya yang dapat kamu gunakan, bisa dengan menggunakan Antivirus. Tadi, sudah disebutkan jika salah satu penyebab laptop lemot adalah terkena serangan malware.

Nah, cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan antivirus. Tentu saja, kamu tidak boleh sembarangan menginstal antivirus. Pilihlah hanya antivirus yang memang terbukti kualitasnya.

3. Menambah Kapasitas RAM

Menambah kapasitas RAM laptop

Cara mengatasi laptop Acer lemot lain yang dapat kamu coba yakni dengan menambahkan kapasitas RAM. Laptop dengan RAM rendah, biasanya menyebabkan performa dari laptop tidak terlalu cepat.

Sangat disarankan bagi kamu memilih RAM dengan kapasitas lebih dari 4GB. Kamu bisa memilih RAM dengan ukuran 8GB atau 16 GB saja. Saat RAM yang lebih besar sudah kamu gunakan, laptop akan berjalan dengan enteng dan tidak lemot lagi.

4. Menggunakan Thermal Prosesor

Salah satu solusi laptop Acer lemot yang juga bisa kamu gunakan yakni dengan menggunakan thermal prosesor. Bagi yang belum tahu, thermal prosesor itu semacam pasta yang dioleskan pada bagian prosesor.

Fungsi utama dari adanya thermal prosesor, yakni menjaga suhu prosesor tetap stabil. Saat suhu prosesor stabil, kinerja yang dimilikinya tetap optimal. Sebaliknya, saat prosesor mengalami overheat, kinerjanya jadi sangat lamban.

Sangat disarankan untuk menggunakan jasa orang yang sudah ahli untuk mengurusinya agar tidak ada kesalahan yang kamu lakukan.

5. Menggunakan Cooling Pad

Penggunaan cooling pad juga jadi cara mengatasi laptop Acer lemot yang dapat kamu lakukan. Kalau thermal prosesor mendinginkan laptop dari dalam, maka cooling pad akan membantu mendinginkan laptop dari luar.

Saat kamu menggunakan cooling pad, udara panas yang keluar dari laptop akan diserap. Kemudian, udara tersebut akan dibuang ke luar dan membuat suhu laptop jadi stabil. Saat suhu laptop sudah stabil, hasilnya tentu saja laptop jadi semakin baik dan tidak lemot.

Cara Mengatasi Laptop Acer Windows 10 Lemot

Tak hanya lima cara di atas saja. Masih ada cara lain yang dapat kamu manfaatkan untuk  mengatasi laptop Acer yang lemot. Cara ini, berlaku bagi kamu yang menggunakan Windows 10 pada laptop Acer milikmu:

1. Bersihkan File dalam Folder Prefetch

Cara yang cukup efektif meningkatkan kinerja laptop yang lemot adalah dengan membersihkan file pada folder prefetch. Caranya mudah, yakni:

  • Klik Windows + R.
  • Klik Prefetch.
  • Pilih Enter.
  • Klik Ok jika ada permintaan izin administrator.
  • Setelah itu, hapus semua file yang terlihat dalam folder tersebut.

2. Menghapus Backup Windows Update

Lantaran sering melakukan update, ada banyak file backup Windows update yang tersimpan. Padahal, file tersebut cukup besar dan tidak diperlukan. Silakan hapus file ini agar mengurangi lemotnya laptop Acer yang kamu miliki.


Penutup

Dengan sejumlah cara mengatasi laptop Acer lemot di atas, kini kamu sudah bisa menikmati laptop Acer yang jauh lebih baik kinerjanya. Jika masih lemot juga, mungkin sudah waktunya melakukan service menyeluruh pada laptopmu.

By tony

Artikel Terkait