Inilah Lima Cara Menghidupkan Laptop Acer Yang Mati

Jenis laptop yang cukup banyak dipakai oleh berbagai kalangan adalah Acer. Laptop ini mudah ditemukan, memiliki harga yang cukup terjangkau dengan spesifikasi lumayan. Kadangkala, laptop jenis ini bisa mati tiba-tiba. Cara menghidupkan laptop Acer yang mati pun gampang-gampang susah.

Laptop yang tiba-tiba mati disebabkan oleh hal yang berbeda-beda. Berikut adalah lima cara untuk mengatasinya:

1. Menggunakan Charger

Adapun cara menghidupkan laptop Acer yang mati adalah dengan menyalakannya kembali. Bisa saja, penyebab matinya laptop adalah karena baterai habis ataupun rusak. Untuk itu cara menghidupkannya adalah dengan memasang charger.

Jika laptop kehabisan baterai maka solusinya adalah dengan mengisi dayanya. Masukkan charger untuk mengisi daya ke laptop. Tunggu beberapa saat hingga baterai dapat terisi kembali dan bisa digunakan lagi.

Sedangkan, laptop Acer yang sudah lama dipakai dan tidak dirawat dengan baik akan membuat baterainya menjadi rusak. Tandanya adalah laptop tidak bisa menyala ataupun sering mati.

Apabila hal tersebut terjadi, maka  pemilik laptop bisa mencoba untuk menyambungkan charger dan mengisi daya laptop. Biasanya, setelah charger disambungkan maka lampu power pada laptop akan menyala berwarna merah.

Hidupkan kembali laptop dengan cara memencet tombol power untuk memuat ulang. Tunggu selama beberapa saat sampai layar laptop menyala kembali. Jika masih tidak menyala maka bisa mengganti dengan baterai yang baru.

2. Melakukan Power Reset

Selanjutnya, cara yang bisa dilakukan adalah melakukan power reset. Adapun fungsinya yaitu untuk memutuskan penyebab laptop tidak bisa dinyalakan berupa arus listriknya. Langkah-langkahnya pada laptop Acer adalah sebagai berikut:

  • Cabut charger yang terpasang di laptop.
  • Setelah itu, lepaskan baterai yang ada di bagian bawah laptop.
  • Tekan tombol power yang ada di laptop dan tahan selama kurang lebih tiga puluh detik.
  • Kemudian, lepaskan kembali.
  • Masukkan kembali baterai pada laptop lalu pasangkan charger.
  • Nyalakan kembali dengan cara menekan tombol power dan tunggu sampai layar menyala.

3. Periksa Monitor

Jika saat proses menyalakan tersebut ditemukan cahaya di layar namun gambar tetap tidak muncul maka bisa jadi kerusakan ada pada layarnya. Adapun langkah-langkah untuk memeriksanya adalah sebagai berikut:

  • Copot semua perangkat yang tersambung seperti charger, kabel, USB dan sebagainya supaya proses bootingnya tidak terganggu.
    Nyalakan laptop seperti biasa.
  • Apabila muncul suara berisik dari mesinnya namun layar tidak menyala maka tandanya layar tersebut memang rusak.
  • Cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti layar laptop.

4. Periksa RAM dan Memori

Lebih lanjut, cara menghidupkan laptop Acer yang mati adalah dengan melakukan pemeriksaan RAM serta memorinya. Langkah-langkah untuk memeriksa bagian tersebut adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan semua komponen yang ada di laptop termasuk RAM dan juga memorinya.
  • Lihat apakah ada bagian yang kotor pada komponen tersebut.
  • Jika ada maka siapkan tisu yang bersih dan tetesi menggunakan cairan pembersih khusus.
  • Bersihkan bagian tersebut dengan cara mengelapnya secara merata.
  • Sedangkan, jika ada bagian yang retak pada komponen tersebut maka solusinya adalah dengan menggantinya karena RAM sudah tidak bisa digunakan kembali.

5. Bawa Ke Service

Berikutnya, jika semua cara-cara yang disebutkan tetap tidak berpengaruh maka pemilik laptop perlu membawanya ke service laptop khusus Acer. Dengan membawanya ke servis maka laptop akan diperiksa oleh teknisi yang ahli sehingga dapat mengetahui penyebab pastinya.

Setelah mengetahui penyebabnya, maka teknisi akan memberitahukan kepada pemilik jika laptopnya dapat diperbaiki kembali atau harus diganti  komponen. Kemudian, laptop pun akan segera di service sehingga dapat digunakan kembali.


Demikianlah beberapa cara menghidupkan laptop Acer yang mati sebagai pertimbangan bagi pemilik laptop. Sebelum laptop mengalami kerusakan, pemilik harus melakukan tindakan pencegahan dengan merawatnya dengan baik supaya laptop menjadi awet.

 

By evansjf

Artikel Terkait