Cara Sambungkan Laptop ke TV Dengan Mudah

Koneksi Melalui Kabel Maupun Nirkabel

Last Updated on Oktober 30, 2022 by Redaktur TeknoFusion

Hiburan bisa didapatkan melalui alat apa saja, sebagai contoh ingin menonton sebuah film tetapi tetap di rumah dan ingin layar besar bisa memanfaatkan televisi. Jika pada laptop saja atau pada ponsel saja akan terasa terbatas maka bisa pakai tv. Cara sambungkan laptop ke tv tentu mudah saja.

Perlu beberapa tambahan alat untuk melakukan penyambungan tersebut, tetapi itu juga hal yang lumrah. Bagian terpenting adalah mengetahui caranya untuk melakukan step step selanjutnya, agar berjalan sesuai diharapkan.

1. Gunakan HDMI

Pertama, sebagai tata cara sambungkan laptop ke tv adalah menggunakan kabel yang biasa dikenal dengan HDMI. Apabila ada yang belum mengetahui apa sebenarnya HDMI, bisa lakukan pencarian lain.

Kabel HDMI umumnya dapat dibeli di toko online maupun juga offline di beberapa toko elektronik.Cara untuk menyambungkannya adalah colokan saja port HDMI ke laptop dan untuk bagian satunya lagi ke televisi.

Nanti setelah tersambung maka berikutnya adalah tahap memastikan apakah sambungan sudah benar atau perlu tindak lanjut. Biasanya pengaturan ini terletak di Control Panel.

2. Pakai Kabel VGA

Apabila ingin menggunakan alternatif dalam hal menyambungkan ke televisi, maka yang kedua bisa pakai kabel VGA. Kegunaan dari kabel tersebut sebenarnya cukup dikenal karena memang sangat sering untuk penggunaanya dalam menyalurkan gambar.

Cukup connect-kan saja pada TV yang akan ditampilkan.Jika telah masuk, pilih tampilan televisi yang terhubung dengan VGA, ada instruksi khususnya lalu baca sesuai petunjuk.

Nanti masuk saja ke bagian Control Panel lalu pilih “display”. Ini cukup sederhana dalam melakukan cara sambungkan laptop ke tv. Terpenting adalah memahami instruksi dari Bahasa yang ditampilkan.

3. Gunakan Chromecast

Dua cara telah dipaparkan dan alangkah lebih persiapan apabila mengetahui jug acara lain yaitu menggunakan Chromecast. Memang cukup asing bagi seseorang yang bahkan tidak pernah berkecimpung dalam dunia elektrik. Chromecast merupakan sebuah perangkat yang dapat berfungsi untuk hal ini.

Langkah dalam penggunaanya dengan mengakses link chromecast pada laptop lalu selanjutnya tekan “Set-up” dengan selalu menggunakan wifi agar lancar. Apabila sudah tinggal klik “selanjutnya” sesuai dengan arahan. Lalu apabila diminta beberapa kode untuk konfirmasi pada televisi, lihat pada bagian laptop tadi.

4. Manfaatkan Apple TV

Cara sambungkan laptop ke tv sangat memungkinkan menggunakan Apple TV. Hal ini hanya khusus untuk Macbook yang akan ditransfer ke tv para pengguna. Dalam tahapannya cukup menguras pikiran apabila belum tahu, namun jika telah paham semuanya maka cukup mudah saja.

Pertama, hidupkan perangkat Apple TV tadi dengan melakukan opsi “AirPlay” yang tersedia. Jika Macbook maka akan langsung otomatis tersambungkan. Lalu pilih saja “everyone”. Tahapan berikutnya cukup ikuti saja aturan sesuai dengan yang telah ditampilkan pada layar tv tersebut.

Tinggal otak atik sedikit langsung terselesaikan. Mudah saja sebenarnya cara sambungkan laptop ke tv.

Hal ini karena tidak hanya ada satu alternative melainkan beberapa cara lain. Bisa memilih mana yang dipunyai alatnya agar tidak gegabah dalam melakukan tahapannya maka pelajari dahulu akan lebih baik.

Untuk memastikan bahwa langkah tersebut akan efektif maupun tidaknya, maka untuk pencegahan bisa dibantu dengan rekan yang memang menguasai hal tersebut. Jika tidak memahami bisa lakukan pencarian akan hal terkait. Bagian terpenting apabila ingin kepraktisan adalah mempunyai alat alat yang berkaitan.