7 Aplikasi Membuat Curriculum Vitae di HP Android

Last Updated on Agustus 13, 2023 by TeknoFusion

Curriculum Vitae atau sering disebut Resume adalah dokumen ringkasan yang berisi informasi pribadi dan karir profesional pemiliknya dan juga bisa menjadi personal branding bagi seseorang. Curriculum Vitae atau Resume ini banyak digunakan oleh para pencari kerja untuk dikirimkan ke tempat kerja yang sedang membuka lowongan kerja. Dalam praktiknya, pencari kerja memiliki beberapa pilihan saat membuatnya. Salah satu caranya dengan membuat di software yang ada atau aplikasi untuk membuat Curriculum Vitae.

Seperti yang dijelaskan di atas, ada banyak situs web atau aplikasi pembuat resume gratis yang dapat digunakan pengguna. Apalagi Curriculum Vitae menjadi dokumen penting saat melamar pekerjaan. Nah, ini adalah beberapa rekomendasinya, yaitu:

1. Canva

Canva tidak hanya menawarkan template desain postingan media sosial yang menarik. Namun, Canva juga menawarkan berbagai template resume yang akan berguna saat melamar pekerjaan.

Cukup isi data pribadi yang diperlukan, Curriculum Vitae dapat di-download di berbagai format file. Aplikasi Canva bisa diakses melalui web maupun pada smartphone.

Ada juga fitur untuk teman dan keluarga memberikan tanggapan mereka tentang CV yang dibuat. Klik tombol Bagikan dan masukkan alamat email teman atau keluarga di tempat yang tersedia. Setelah selesai, cukup klik Kirim.

2. Easy Resume Builder

Aplikasi Easy Resume Builder adalah aplikasi untuk membuat Curriculum Vitae. Aplikasi ini dapat dicoba pada smartphone dan tentunya gratis. Ini juga cocok digunakan bagi fresh graduate yang ingin buat Curriculum Vitae. Serta fitur-fitur pendukungnya yang lengkap.

Sama seperti Canva, Easy Resume Builder memiliki beragam template yang bisa digunakan. Pengguna cukup mengubah data pribadi yang diperlukan. Kemudian Curriculum Vitae dapat diunduh sebagai PDF atau dibagikan langsung melalui email.

3. Resume Builder & CV Maker 

Dengan memiliki berbagai macam fitur, seperti 100+ template format resume dan 250+ cover letter. Ditambah beragam jenis pilihan font. Mengakses aplikasi ini pun dapat dilakukan melalui smartphone. Jika ingin terlihat lebih profesional, pengguna bisa menambahkan tanda tangan di akhir CV. 

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah pengguna dapat membuat resume lebih dari satu halaman. Pengguna juga tinggal memilih template yang diinginkan dan dapat mengunduhnya dalam format PDF.

Aplikasi Resume Builder & CV Maker

4. CV Engineer

CV Engineer tampaknya berbeda dari aplikasi sebelumnya karena mengharuskan pengguna untuk memasukkan informasi pribadi sebelum memilih template. Isi rincian mulai dengan nama, pendidikan, keterampilan, pengalaman dan kontak. Jika sudah, sistem akan membuat data tersebut menjadi sebuah Curriculum Vitae.

5. Resume Star

Pernahkah mencoba membuat resume dengan aplikasi ini? Resume Star sebagai salah satu aplikasi yang direkomendasi bagi yang ingin membuat resume dengan menggunakan smartphone.

Pengguna dapat membuat lebih dari satu resume sesuai kebutuhan. File resume yang dibuat dapat langsung dibagikan oleh pengguna melalui email dalam format PDF. Cukup mudah dilakukan, bukan?

6. Resumaker

Untuk pilihan template resume terbaik, buka aplikasi Resumaker. Pengguna dimudahkan dengan berbagai fitur secara gratis dan hanya membutuhkan internet. Tenang saja, semua template dalam aplikasi ini ditulis oleh ahli resume perekrut profesional.

7. Curriculum Vitae

Seperti aplikasi lainnya, Curriculum Vitae sangat mudah digunakan dan menawarkan 45+ template resume yang unik dan berwarna-warni secara gratis. Sangat cocok untuk pengguna yang suka bermain dengan warna dalam desain.

Curriculum Vitae di-download lebih dari satu juta pengguna Curriculum Vitae, yang mana dapat diunduh melalui smartphone secara gratis. Dijamin penggunanya bisa menggunakan aplikasi ini secara mudah dan cepat.

8. Pathsource Resume

Aplikasi Pathsource Resume berperingkat lima bintang memungkinkan pengguna untuk memberi peringkat tema yang berbeda berdasarkan area pekerjaan yang dilamar. Seperti aplikasi lain,  mudah digunakan, sehingga bahkan non-ahli dapat membuat desain.

Perbedaan dengan resume Pathsource ini adalah bahwa ada layanan tinjauan ahli yang mencakup kesalahan ketik, inkonsistensi, tata bahasa, dan daftar fakta. Ini memastikan bahwa pengguna dapat mendaftar dengan lancar dan tanpa takut kesalahan dalam resume yang dikirimkan.


Itulah rekomendasi beberapa aplikasi untuk membuat Curriculum Vitae yang mudah. Sekarang pengguna dapat membuat Curriculum Vitae dengan baik dan menarik tanpa perlu bersusah-payah. Pengguna juga dapat memilih aplikasi mana yang cocok dan sesuai saat membuat Curriculum Vitae.