6 Aplikasi Android Membuat Mind Map yang Cocok untuk Pengguna Awam

Last Updated on November 24, 2022 by tony

Mind map atau peta konsep merupakan sebuah rancangan pemikiran terkait topik tertentu yang disusun dalam bentuk pemetaan. Dulunya dibuat menggunakan kertas dan pena warna-warni, kini orang sudah beralih ke aplikasi untuk membuat mind map yang banyak tersedia gratis.

Artikel ini akan membahas pilihan aplikasi-aplikasi yang sering direkomendasikan untuk membuat rancangan peta konsep. Simak tiap detail aplikasinya di bawah ini, dan tentukan sendiri mana yang dirasa cocok sesuai kebutuhan.

1. SimpleMind

Meski namanya SimpleMind, fitur-fitur yang diusung dalam aplikasi ini terbilang cukup kompleks dan variatif. Pengguna dapat membuat pemetaan pikiran menggunakan struktur chart sebagaimana biasanya, dengan tambahan gambar, suara, dan video. Untuk kebutuhan presentasi, aplikasi ini sangat cocok dipilih.

Keunggulan yang ditonjolkan aplikasi ini adalah pengembangannya selama 7 tahun yang membuat performanya lebih stabil. Tampilannya yang sederhana juga memudahkan para pengguna awam yang menjadi target pasar pengembang aplikasi. Tersedia 2 versi: Lite (gratis) dan Pro (berbayar). Unduh versi gratisnya disini dan versi Pro disini.

Aplikasi Android Simple Mindmap

2. Milanote

Hadir dalam tampilan yang bisa dibilang kekinian, Milanote seolah mengundang para pengguna usia muda. Fitur-fitur yang disediakan aplikasi ini cukup mudah dipahami dan diterapkan untuk pembuatan peta konsep. Ada juga pilihan template yang dapat dipilih lengkap dengan desain yang lucu dan menarik.

3. Coggle

Aplikasi untuk membuat mind mapping bernuansa hijau ini direkomendasikan kepada para profesional yang mencari fitur gratisan. Meskipun tidak berbayar, fitur-fitur dalam aplikasi ini cukup lengkap dan kompleks. Salah satu yang diunggulkan adalah pengguna bisa membuat cabang konsep yang tidak terbatas.

Tidak sampai di situ, pengguna juga diberi tools untuk menyisipkan file lain ke dalam peta konsep yang dibuat. Sentuhan terakhirnya, peta konsep yang sudah selesai dibuat dapat disimpan dalam berbagai format file.

4. MindMeister

Satu lagi aplikasi pembuatan peta konsep profesional yang cocok digunakan untuk keperluan pekerjaan kantor dan presentasi bisnis. Aplikasi MindMeister memiliki fitur sharing dimana pengguna dapat menambahkan anggota ke dalam halaman peta konsep yang telah dibuat.

Fitur ini tentunya sangat memudahkan dan banyak diperlukan dewasa ini, dalam kesibukan yang telah bergeser ke cara-cara online. Para anggota yang ditambahkan pun dapat memiliki akses untuk turut mengubah, menambahkan, hingga memberikan komentar.

5. Bubbl.us

Banyak khususnya di kalangan mahasiswa yang terhalang perangkat saat ingin membuat peta konsep. Entah versi OS yang tidak mendukung, atau memori yang sudah penuh hingga kesulitan mengunduh aplikasi baru. Untuk itu, Bubbl.us hadir sebagai platform pembuat peta konsep dalam tampilan web.

Fitur-fitur yang ditawarkan sama dan tidak kalah dari aplikasi-aplikasi yang sudah canggih sekalipun. Hanya saja, untuk memanfaatkan fitur-fitur itu, pengguna tidak perlu melakukan pemasangan aplikasi, melainkan cukup dengan akses browser saja dan menuju ke situs bubbl.us.

6. Microsoft Visio

Terakhir dan yang paling klasik, yaitu Microsoft Visio, aplikasi rancang bangunan dan diagram yang juga bisa untuk dijadikan peta konsep. Aplikasi besutan Microsoft ini masih menjadi andalan oleh pengguna Windows berkat performanya yang bagus dan telah terpercaya.

Namun tampilannya yang monoton agak mengurangi minat para pengguna usia muda yang lebih suka segala sesuatunya terlihat menarik. Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini jika ingin membuat peta konsep.


Masih ada banyak lagi aplikasi untuk membuat mind map selain yang sudah disebutkan di atas. Pilihannya ada di tangan pengguna sesuai preferensi saja, karena fitur-fitur utama yang ditawarkan pada dasarnya sama, yaitu berupa tampilan diagram dasar yang dapat membentuk sebuah peta konsep.

Artikel Terkait