5 Cara Menggunakan Aplikasi Remote TV Digital

Untuk memudahkan penggunaan TV terciptalah benda bernama remote. Fungsinya untuk mengganti saluran dalam jarak jauh. Kini remote tersedia dalam bentuk aplikasi. Hal tersebut sangat memudahkan karena penggunaannya tidak memerlukan baterai. Cara menggunakan Aplikasi Remote TV pun tidak sulit.

Google App Store telah menyediakan macam-macam aplikasi remote yang dapat diunduh oleh pengguna. Adapun cara penggunaannya cukup mudah, namun ada beberapa tips yang harus diketahui. Untuk itu simaklah penjelasan berikut untuk mengetahui cara-caranya:

1. Unduh Aplikasi Remote TV Pada App Store

Cara menggunakan aplikasi remote TV yang pertama yaitu pengguna harus mengunduh aplikasi remote di app store pada perangkat yang akan digunakan. Ada banyak pilihan aplikasi seperti zaza remote, mi remote controller, universal televisi remote controller, dan lain sebagainya.

Perlu diingat, carilah apk yang sesuai dan mudah dipahami. Adapun fitur dari aplikasi remote cukup lengkap. Namun, untuk dapat digunakan dengan lancar ceklah terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut dapat digunakan pada seluruh TV atau tidak.

2. Tekan Simbol Plus

Setelah aplikasi remote selesai diunduh pada perangkat yang akan digunakan, selanjutnya bukalah aplikasi tersebut sampai muncul tampilan layar awal. Lalu tekanlah simbol plus/tambah yang ada di kanan atas pada bagian pojok. Fungsi simbol ini untuk mendaftarkan perangkat yang akan digunakan sebagai remote.

Selanjutnya pilihlah jenis TV yang tersedia pada aplikasi, kemudian pilihlah merek sesuai dengan televisi yang akan digunakan. Aplikasi yang bagus akan menyediakan banyak jenis TV di dalamnya. Sebelum melanjutkan ke cara berikutnya, pastikan merek televisi sudah benar.

3. Klik Tombol Power Pada Aplikasi

Jika jenis televisi sudah terpilih cara berikutnya yaitu menekan tombol power yang ada pada aplikasi. Cara ini sangat dibutuhkan guna mengontrol apakah remote dapat dipakai atau tidak. Bila aplikasi berfungsi, maka televisi pun akan menyala. Akan tetapi bila remote digital itu tidak dapat merespon, lakukanlah tips dan trik berikut.

Setelah klik tombol power namun TV tidak merespon, maka pilihlah no respon. Upaya ini dilakukan supaya aplikasi dapat berjalan dan terhubung pada televisi. Tidak berjalannya fungsi remote, karena kurangnya sambungan antara TV dengan remote. Pastikan trik berikut terus dilakukan hingga televisi dapat merespon.

4. Tunggu Hingga Remote Mengenai Sensor TV

Cara selanjutnya yang harus dilakukan oleh pengguna adalah menunggu sampai remote dapat mengenai sensor pada televisi. Hal inilah yang menjadi patokan bahwa tidak berjalannya remote bukanlah disebabkan aplikasinya yang tidak bagus.

Melainkan seseorang yang menggunakannya yang kurang bersabar untuk menunggu, hingga remote mengenai sensor pada televisi. Jika remote masih susah digunakan, hal tersebut mengisyaratkan bahwa pengguna harus lebih mendekatkan remote dengan TV.

5. Tekan Ikon Has Response

Jika remote berfungsi, TV akan dapat mengganti saluran dengan menekan tombol yang ada pada aplikasi. Selanjutnya tekanlah ikon dengan tulisan has response, yang berada di sebelah tombol no response. Dengan begitu pengguna dapat menonton tanpa harus menekan tombol yang ada pada televisi.

Dengan adanya remote digital, pengguna sangat terbantu saat menonton televisi. Aplikasi ini cukup populer dan sering dipakai oleh orang-orang. Dengan hadirnya remote TV digital ini pengguna tidak perlu kesulitan lagi untuk menyalakan dan mematikan atau bahkan mengubah saluran televisi.


Itulah tadi penjelasan beberapa cara menggunakan aplikasi remote TV digital yang dapat digunakan pengguna dengan mudah. Remote adalah salah satu alat yang penting bagi seseorang yang sedang menonton televisi dalam jarak yang cukup jauh. Untuk itu kini pengguna dapat menonton TV dengan tenang.

 

By riandi

Artikel Terkait