5 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Menyala

Last Updated on November 16, 2022 by Redaksi TeknoFusion

Satu hal yang paling ingin dihindarkan pengguna Android adalah kerusakan perangkat yang membuatnya tidak bisa menyala. Tapi bagaimanapun hal itu kerap terjadi hingga akhirnya membuat panik. Sebagai solusi, artikel ini menyajikan informasi seputar cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala agar terhindar dari panik.

Ada lima cara yang akan diulas pada tulisan kali ini, yang masing-masing dapat dicoba secara berurutan dari yang paling sederhana. Tanpa berpanjang-panjang lagi, langsung saja masuk ke pokok penjelasan di bawah ini:

1. Diamkan Beberapa Saat

Bukan tidak mungkin perangkat Android mengalami kondisi mati total dan tidak dapat dinyalakan kembali karena mesinnya terlalu panas. Biasanya hal ini disebabkan jangka waktu pemakaian yang terlalu lama atau akibat menjalankan aplikasi yang terlalu banyak dalam sekali waktu.

Jika demikian yang terjadi, sebaiknya jangan paksa menyalakan HP karena hanya akan membuat kinerja mesinnya memburuk. Sebaliknya, diamkan HP selama beberapa saat dan tunggu hingga dingin baru coba nyalakan kembali.

2. Isi Ulang Daya Baterai

Pengguna Android jarang menyadari bahwa kondisi baterainya sudah menurun hingga tidak mengerti bagaimana bisa HP tiba-tiba mati padahal daya masih banyak. Kondisi seperti ini sangat mungkin terjadi, khususnya pada HP Android yang masih menggunakan baterai eksternal.

Maka tidak ada salahnya untuk coba mengisi ulang daya selama beberapa menit sebelum mencoba menghidupkannya kembali. Jika ternyata terbukti benar bahwa permasalahan ada pada kondisi baterai, alangkah lebih baik jika dibawa ke pusat servis.

3. Ganti Baterai

Berkaitan dengan poin nomor 2, jika ternyata baterai sudah menurun kondisinya hingga tidak bisa digunakan lagi, yang harus dilakukan adalah menggantinya. Sebelum memutuskan hal ini, pengguna dapat lebih dahulu memeriksa kondisinya menggunakan multimeter atau alat lain yang serupa.

Saat membeli baterai baru, pastikan agar jenis dan tipenya sesuai, juga jangan sampai memperoleh barang KW. Meski lebih murah, baterai KW hanya akan cepat rusak dan menempatkan HP pada kondisi serupa nantinya.

4. Periksa Kondisi Tombol Power

Terlalu sering ditekan saat hendak menghidupkan dan mematikan layar, dapat membuat tombol power terdorong ke dalam dan tidak berfungsi normal. Daripada langsung panik, coba periksa kondisi tombol ini terlebih dahulu, apakah memang sudah rusak.

Cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala akibat kerusakan tombol power, bisa dengan menggantinya di tempat servis. Namun jika belum sempat pergi, coba usahakan agar posisi tombol dapat seimbang alih-alih terlalu condong ke dalam di satu sisinya.

5. Flash Ulang

Kemungkinan lain yang menyebabkan HP Android tidak mau menyala adalah karena eror atau keberatan pada sistem. Misalnya HP sudah terlalu lama digunakan, kelebihan memori, tidak pernah diperbarui, dan sebagainya. Untuk itu, sistem harus diset ke pengaturan awal agar HP dapat bekerja normal kembali.

Adapun langkah untuk flash ulang HP sebetulnya cukup merepotkan karena harus melalui beberapa tahapan. Prosesnya dilakukan menggunakan PC atau laptop yang detail cara untuk tiap tipe HP bisa berbeda. Informasi lebih detail dapat dicari saja melalui YouTube atau website tutorial di Google.


Demikianlah beberapa cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa menyala agar terhindar dari panik. Setelah mencoba kelima cara yang disebutkan dan tetap tidak mendapat hasil apa-apa, pilihan terakhir adalah pergi ke pusat reparasi. Para ahli di sana akan mengetahui langkah tepat yang harus diambil berkaitan dengan kondisi HP.

Artikel Terkait