Cek Aplikasi Pendeteksi Emas dalam Tanah untuk Android Paling Akurat

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Serba canggih, kini Android dapat melakukan banyak hal jika menggunakan aplikasi tambahan sesuai dengan fungsinya. Salah satunya adalah aplikasi pendeteksi emas dalam tanah untuk Android yang bisa digunakan oleh pengguna.

Dengan adanya aplikasi tersebut, pengguna dapat mendeteksi emas tanpa membeli alat terlebih dulu. Bukan rahasia lagi jika alat pendeteksi emas memiliki harga yang cukup tinggi.

Oleh karenanya kehadiran aplikasi pendeteksi disebut sangat bermanfaat untuk penggunanya. Selain tak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli alat, menggunakan aplikasi juga tergolong praktis. Tanpa berlama lagi, berikut daftar aplikasinya:

1. Metal Detector – Netigen Tools

Aplikasi pendeteksi emas dalam tanah untuk Android yang pertama adalah Metal Detector – Netigen Tools yang dapat digunakan secara gratis. Metal Detector – Netigen Tools dapat digunakan secara mudah dengan adanya tampilan layar yang menunjukkan nilai tingkat medan magnet.

Pada aplikasi ini terdapat grafik yang akan meningkat ketika terdeteksi adanya logam dan emas. Untuk menggunakannya, pengguna hanya butuh mengaktifkan aplikasi dan menggerakkan ponsel ke berbagai arah untuk menemukan barang berbahan logam yang sedang dicari.

Aplikasi ini memiliki fitur alarm yang akan berbunyi saat logam atau emas yang dicari memiliki jarak yang dekat dengan pengguna. Dalam penggunaannya, aplikasi ini menggunakan satuan T atau microtesla.

2. Metal Detector and Gold Finder

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan oleh pengguna adalah Metal Detector and Gold Finder yang memiliki tampilan mudah dipahami penggunanya. Untuk menggunakan Metal Detector and Gold Finder, pengguna bisa langsung mendownload dan membuka aplikasi lalu menekan tombol “Find”.

Setelah itu pengguna cukup menggerakkan ponsel ke tempat yang diinginkan untuk menemukan benda berbahan logam atau emas yang sedang dicari. Aplikasi ini memanfaatkan sensor magnetik bawaan ponsel untuk mengukur tingkat medan magnet sehingga dapat digunakan untuk mencari logam dan emas.

Selain dapat menemukan benda, Metal Detector and Gold Finder bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi nilai emas, perak, dan besi. Ketika digunakan, pengguna dapat melihat petunjuk dari grafik, tanda panah, dan alarm pada aplikasi.

3. Metal and Gold Detector

Aplikasi pendeteksi emas dalam tanah untuk Android yang berikutnya adalah Metal and Gold Detector. Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menemukan perhiasan emas atau logam yang hilang atau terjatuh di tanah dengan mudah.

Metal and Gold Detector menggunakan sensor magnetik bawaan ponsel sehingga dapat menemukan logam dan emas dalam jarak sekira 30 cm. Aplikasi ini akan membuat ponsel bergetar atau mengeluarkan nada dering ketika logam atau emas jaraknya dekat dari pengguna.

Tampilan layar aplikasi akan menunjukkan tingkat medan magnet yang akan terus berubah sehingga pengguna bisa melakukan pencarian dengan mudah. Proses kerja aplikasi tersebut menjadi kelebihan dari penggunaan sensor magnetik bawaan ponsel sehingga benda berbahan logam atau emas dapat ditemukan.

4. Metal Detector – EMF Detector, Body Scanner

Hampir sama dengan aplikasi lain, Metal Detector – EMF Detector, Body Scanner juga memanfaatkan sensor magnetik ponsel. Aplikasi ini diklaim memiliki keakuratan bergantung pada sensor magnetik pada ponsel yang digunakan.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, perlu diketahui bahwa benda yang juga memancarkan gelombang elektromagnetik dapat mempengaruhi sensor magnetik. Oleh sebab itu pengguna sebaiknya menghindari tempat dengan benda-benda dengan gelombang elektromagnetik, seperti TV, laptop, dan lainnya.

Itulah daftar aplikasi pendeteksi emas dalam tanah untuk Android paling ampuh yang dapat dimanfaatkan pengguna. Perlu diingat bahwa aplikasi yang disebutkan membutuhkan sensor magnetik sehingga pengguna harus melakukan pengecekan spesifikasi ponsel terlebih dulu sebelum instal.