Inilah Manfaat Aplikasi Turunan Fungsi Aljabar yang Patut Diketahui

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Di dalam kehidupan sehari-hari aplikasi turunan fungsi aljabar sebenarnya banyak diterapkan di berbagai bidang. Jika mendengar kata turunan fungsi aljabar sudah tentu pasti teringat dengan pelajaran matematika yang pernah diperkenalkan sejak bangku SMP.

Tak heran jika seseorang yang tidak menyukai ilmu matematika, mendengar turunan fungsi aljabar sudah membuat kepala pusing. Ulasan berikut ini setidaknya akan mengubah pola pikir tentang turunan fungsi aljabar yang dapat digunakan di berbagai aspek. Begitu banyak manfaat yang didapatkan dari aplikasi turunan.

1. Digunakan dalam Ilmu Penerbangan

Siapa yang tidak mengenal pesawat terbang yang kerap dijadikan alat transportasi paling berkelas. Di sisi lain mewahnya kelas transportasi ini, terselip ilmu yang menerapkan aplikasi turunan fungsi aljabar di dalam praktek penerbangan.

Bagaimana seorang petugas dapat memonitor dan mengetahui keberadaan pesawat dan percepatan pesawat itu saat melakukan penerbangan? Kecepatan pesawat saat terbang tentu dipengaruhi oleh waktu sehingga menjadi percepatan. Pilot akan menggunakan patokan turunan fungsi ini untuk tetap berada dalam navigasi dalam tower bandara.

2. Arsitektur dan Kontraktor Sebuah Bangunan

Jika banyak orang berpikir, membangun sebuah gedung mudah maka sudah pasti itu sebuah kesalahan. Memang benar jika aplikasi turunan fungsi aljabar dalam dunia konstruksi selalu digunakan untuk menciptakan model sebuah bangunan.

Bagi para peminat di bidang konstruksi bangunan, ilmu ini dapat diterapkan untuk membuat bangunan yang kokoh. Perhitungan yang mendetail saat merencanakan sebuah pembangunan gedung tentu menjadi hal yang sudah tidak asing. Hal ini dikhususkan bagi para arsitek dan kontraktor bangunan dalam kehidupan sehari-hari saat bekerja.

3. Sebagai Teknik Pengukuran

Sudah jelas jika fungsi turunan juga berperan dalam ilmu pengukuran. Perhitungan matematika yang merupakan sub bagian dalam ilmu matematika ini dikenal cukup rumit.

Sebagai contoh untuk memanfaatkan sebidang lahan kosong yang akan diukur. Untuk mendapatkan nilai maksimal dan minimal maka turunan fungsi ini dapat dijadikan patokan agar dapat menghasilkan luas lahan yang akan digarap sesuai dengan keinginan.

Meskipun terlihat kecil tapi dapat menghasilkan luas sesuai kebutuhan. Misalnya ingin memetakan lahan menjadi 2 model berbeda tetapi dengan luas yang sama.

4. Perhitungan Dalam Dunia Bisnis

Jangan salah jika dunia bisnis tidak menggunakan ilmu matematika yang satu ini. Bisnis itu penuh dengan perhitungan. Sebagai contoh dunia bisnis produksi, sebuah produk pasti mencari sebuah keuntungan produksi yang dihitung dengan menggunakan fungsi turunan.

Penerapan fungsi turunan ini juga berguna untuk menentukan titik dimana produksi tetap berjalan dengan seimbang. Jangan sampai menemui titik minimum dan produksi mengalami kerugian. Nah, perhitungan yang pas dapat menghindarkan dari kerugian akibat fungsi produksi itu sendiri.

5. Menciptakan Model Transportasi

Kegunaan turunan fungsi yang selanjutnya adalah sangat bermanfaat di dunia transportasi. Untuk menciptakan sebuah model transportasi tentu saja menggunakan perhitungan mendetail. Alat transportasi yang membutuhkan perincian sangat mendetail adalah pesawat terbang.

Pesawat terbang harus dirancang dengan menggunakan rumus turunan fungsi yang pas. Bahan dan model pesawat harus direncanakan karena pesawat harus berjalan di udara sehingga harus ditentukan bahan dan model pesawat yang sesuai. Jika tidak maka akan mempengaruhi keselamatan dalam dunia penerbangan itu sendiri.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat aplikasi turunan fungsi aljabar yang sangat berguna di berbagai aspek. Banyak ilmuwan yang menerapkan ilmu ini untuk dapat menciptakan sebuah hal yang menakjubkan. Banyak hal yang terlihat simple tetapi penuh perhitungan di dalamnya.