Enam Daftar Aplikasi Menghemat Kuota untuk Pengguna

Simaklah beberapa aplikasi menghemat kuota yang bisa digunakan oleh pengguna. Di era sekarang, internet merupakan hal yang esensial sekali. Tanpa adanya internet, aktivitas seseorang bisa terhambat. Untuk berkirim pesan, bermain game, membuka media sosial, hingga bekerja pun juga membutuhkan internet.

Namun, terkadang tanpa disadari kuota internet yang dibeli sering sekali cepat habisnya. Padahal rasanya baru membeli dan dipakai sebentar. Pengguna bisa menggunakan aplikasi untuk menghemat kuota di bawah ini untuk memantaunya.

1. My Data Manager

Salah satu aplikasi menghemat kuota yang dapat dimanfaatkan yaitu My Data Manager. Aplikasi ini mampu melacak banyaknya data yang digunakan, sehingga penggunaannya dapat terpantau oleh pengguna secara bijaksana dan tidak cepat habis.

Aplikasi My Data Manager memberikan informasi ke pengguna aplikasi apa saja yang bisa menghabiskan data internet dan memberhentikan aplikasi tersebut. Tujuan penghentian aplikasi yaitu untuk menghemat kuota yang dimiliki pengguna. Tak hanya memantau penggunaan data seluler, tetapi juga penggunaan internet WiFi.

2. Samsung Max

Selanjutnya, Samsung Max dapat digunakan juga sebagai aplikasi menghemat kuota seperti diatas. Aplikasi ini cukup sederhana sistem kerjanya, yakni mengompres data pada aplikasi yang ada di perangkat saat pengguna menggunakan jaringan data seluler.

Samsung Max mampu mengompres foto, video, dan halaman website, serta menampilkan aplikasi yang banyak memakan data internet. Perangkat yang sudah terpasang Samsung Max, akan secara otomatis melakukan routing pada semua aplikasi untuk menghemat kuota.

3. Data Usage Monitor

Pengguna dapat menjadikan Data Usage Monitor sebagai aplikasi menghemat kuota di perangkat. Aplikasi ini akan membantu pengguna dalam memantau penggunaan internet pada aplikasi yang terpasang di HP.

Data Usage Monitor mampu mengatur penggunaan data internet yang berlebih. Aplikasi ini akan memberikan informasi terkait penggunaan aplikasi yang menghabiskan banyak internet untuk bekerja dan yang tidak memerlukan internet secara berlebih.

4. Internet Speed Meter Lite

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk menghemat kuota internet adalah Internet Speed Meter Lite. Layaknya aplikasi lainnya yakni memiliki fitur untuk mengatur aplikasi agar tidak menggunakan internet secara berlebihan.

Pengguna bisa mengatur aplikasi yang harus dikontrol penggunaan internetnya agar tidak berlebih. Aplikasi akan memberikan laporan penggunaan paket data setiap bulannya. Menariknya, aplikasi ini tidak memakan daya yang banyak, sehingga pengguna tetap bisa menghemat baterai ketika menggunakannya.

5. GlassWire Data Usage Monitor

Aplikasi GlassWire Data Usage Monitor juga berfungsi untuk memeriksa penggunaan dari data seluler secara real time. Pengguna akan mendapat pemberitahuan melalui aplikasi ini sebelum mencapai batas data operator, sehingga dapat menghindari penggunaan yang berlebihan

GlassWIre Data Usage akan menampilkan grafik aplikasi apa saja yang menggunakan data seluler atau internet WiFi secara berlebih. Selain itu, bisa membantu pengguna melindungi privasinya dan menampakkan aktivitas dari aplikasi yang terlihat mencurigakan.

6. Data Usage Manager & Monitor

Terakhir, Data Usage Manager & Monitor bisa menjadi alternatif juga. Pengguna bisa melacak penggunaan data internet di perangkat melalui aplikasi ini. Selain itu, memungkinkan pengguna membatasi penggunaan kuota, melacak aktivitas jaringan internet WiFi, serta melihat aplikasi yang menggunakan data pengguna.

Menariknya, Data Usage Manager & Monitor menampilkan analitik dari penggunaan data perangkat, historis, roaming, dan kecepatan koneksi internetnya. Pengguna juga bisa mencari tahu aplikasi yang mencuri bandwidth pengguna.

Itulah 6 daftar aplikasi menghemat kuota yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan. Adanya aplikasi ini, membuat pengguna dapat mengontrol penggunaan internet dan lebih menghemat kuota.

 

Artikel Terkait