Uji Coba Pembelian Pertalite dan Solar melalui Aplikasi MyPertamina

Last Updated on July 25, 2022 by tony

Besok tanggal 1 Juli 2022 adalah hari pertama uji coba pembelian Pertalite dan Solar melalui Aplikasi MyPertamina. Aplikasi ini dimaksudkan untuk memberikan data akurat bagi Pertamina siapa saja yang berhak atas subsidi BBM yang selama ini salah sasaran.

Jadi gak salah jika nama websitenya “subsiditepat”, dan sudah menjadi rahasia umum bila Pertamina selama ini merugi. Dengan adanya uji coba ini diharapkan kerugian Pertamina yang selama ini diderita dapat ditekan seminimal mungkin.

Aplikasi ini untuk sementara belaku bagi kendaraan beroda empat. Untuk uji coba tahap pertama ini masih meliputi 11 wilayah, mencakup:

Sumatera Barat: Kota Bukit Tinggi, Kab. Agam, Kota Padang Panjang, Kab. Tanah Datar

Kalimantan Selatan: Kota Banjarmasin

Jawa Barat: Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kota Sukabumi

DI Yogyakarta: Kota Yogyakarta

Sulawesi Utara: Kota Manado

Bagi yang berdomisili di 11 daerah ini, segera mendaftarkan diri melalui Aplikasi MyPertamina ataupun website resmi yang telah disediakan oleh Pertamina untuk kelancaran perjalanan Anda. Walaupun untuk saat ini belum ada kewajiban menggunakan Aplikasi MyPertamina dalam pembelian BBM, gak ada salahnya Anda mendaftarkan sekarang.

Gak perlu panik bagi yang gagap teknologi, karena berikut ini akan dibahas langkah-langkah pendaftaran melalui Aplikasi MyPertamina maupun website resmi Pertamina.

Sebelum melakukan pembelian BBM melalui Aplikasi MyPertamina, pengguna wajib mendaftar di Aplikasi maupun melalui website resmi Pertamina di https://subsiditepat.mypertamina.id/.

 

Mendaftar Melalui Aplikasi MyPertamina

Untuk pendaftaran melalui aplikasi dapat dilakukan sekarang, tanpa perlu menunggu tanggal 1 Juli 2022 dimana tanggal dimulainya pembelian BBM melalui Aplikasi MyPertamina.

Caranya cukup mudah, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Unduh dan pasang Aplikasi MyPertamina di Android Anda
  2. Ketuk tombol “DAFTAR”
  3. Isi kolom-kolom yang tersedia: Nama Lengkap, Nomor Telepon, Tanggal Lahir, PIN (6 Digit) dan ulangi lagi isi kolom Ulangi PIN (6 Digit)
  4. Berikutnya ketuk tombol “DAFTAR”

Aplikasi MyPertamina akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomer telepon yang sudah Anda daftarkan. Masukkan nomor OTP yang diberikan lewat SMS untuk melakukan verifikasi, ketuk OK, maka pengguna sudah otomatis login di Aplikasi MyPertamina.

Untuk mempermudah Anda dalam pembayaran saat pembelian BBM melalui Aplikasi MyPertamina, maka cukup buka halaman dengan memilih ikon “AKUN”.

Ada banyak pilihan untuk menghubungkan sarana pembayaran digital yang Anda miliki, mulai dari menyambungkan Aplikasi LinkAja ataupun mendaftarkan kartu debit Bank Mandiri, BRI dan juga BNI.

Bila memilih LinkAja, Anda tinggal mengikuti proses yang ada berupa verifikasi lewat kode OTP melalui SMS. Dari situ, metode pembayaran sudah langsung terdaftar.

 

Mendaftar Melalui Website

Sebelum mendaftar di website, sebaiknya siapkan dulu syarat-syarat yang diperlukan, sehingga memudahkan Anda mendaftar. Apa saja syaratnya? Berikut ini yang wajib disiapkan: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya yang Anda rasa perlu.

Bagaimana cara mendaftarnya (seperti dirilis website resmi):

  1. Silakan buka website resmi Pertamina (https://subsiditepat.mypertamina.id/)
  2. Centang informasi memahami persyaratan
  3. Klik daftar sekarang
  4. Ikuti instruksi dalam website

Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala

Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Sebenarnya aneh juga sich ya, pendaftaran baru dibuka tanggal 1 Juli 2022, sedangkan tanggal tersebut sudah diwajibkan membeli Pertalite dan Solar melalui aplikasi. Dan pendaftaran membutuhkan pencocokan data maksimal 7 hari, lalu bagaimana dapat membeli BBM bila belum menerima QR Code sebagai tanda data telah sesuai atau cocok?

Bagaimana bila tidak memiliki smartphone Android, Anda cukup unduh kode QR dan cetak seperti saat Anda mencetak kode QR Aplikasi PeduliLindungi beberapa waktu yang lalu. Hal ini juga memudahkan saat dilokasi pembelian BBM tidak terdapat sinyal yang cukup untuk membuka Aplikasi MyPertamina.

Hal ini berguna juga untuk pembayaran secara manual alias tunai bagi yang kehilangan sinyal di lokasi pembelian BBM.

By evansjf

Artikel Terkait