Ini Penyebab Chipset Laptop Rusak, Wajib Tahu!

Last Updated on November 30, 2022 by TeknoFusion

Memiliki laptop sebenarnya tidak akan cukup dan memerlukan bantuan dari perawatan yang rutin yang dilakukan oleh para pengguna. Namun masih banyak para pengguna yang justru malah meremehkan kondisi yang parah seperti chipset laptop rusak yang bisa berbahaya.

Sebenarnya kondisi seperti bagian chipset yang rusak di perangkat laptop bisa diatasi dengan banyak cara bahkan tanpa memakan banyak waktu. Namun alangkah baiknya untuk mengenal terlebih dahulu beberapa penyebab kerusakannya yang dijelaskan secara detail berikut agar nanti bisa mudah mengatasinya:

1. Komponen Alami Overheat

Ada sebuah penyebab yang sebenarnya banyak ditemukan di perangkat laptop namun banyak pula orang yang justru membiarkannya dalam waktu lama. Padahal sebenarnya jika laptop dalam kondisi yang terlalu banyak digunakan dan terasa sangat panas, sebaiknya dihentikan dahulu untuk pemakaiannya.

Menggunakan perangkat laptop secara berturut-turut apalagi tanpa jeda untuk pemakaiannya, bisa menyebabkan adanya kondisi overheat pada perangkat laptop yang dipakai. Lambat laun, nantinya akan ada banyak bagian yang turut rusak seperti chipset yang tiba-tiba eror dan tidak bisa dipakai lagi.

2. Kipas Tidak Berfungsi

Kemudian ada pula penyebab lainnya yang jangan sampai dilewatkan pengguna apalagi jika menemukan bagian chipset yang rusak di perangkat laptop. Ternyata hal ini bisa terjadi karena kondisi kipas di laptop yang sudah tidak berfungsi lagi dan justru diabaikan oleh pengguna.

Padahal sejak awal, keberadaan dari bagian kipas ini bisa membantu untuk membuat laptop tetap dingin apalagi jika digunakan terus menerus. Jika rusak, maka bisa menyebabkan laptop yang kelelahan dan merambat ke chipset yang mengalami eror dan tidak bisa dipakai lagi.

3. Komponen yang Menua

Kali ini, ada penyebab chipset laptop rusak yang wajib diketahui lainnya, terutama karena adanya komponen yang sudah menua di sana. Mengenali mana saja komponen yang tua mungkin menjadi sulit, namun bisa diakali dengan melihat usia dari laptop yang dipakai.

Setiap pengguna bisa memulai menyadarinya dengan memeriksa usia dari laptop dan kapan terakhir kali mencoba untuk melakukan servis pada laptop. Tidak hanya itu, coba untuk melakukan pemeriksaan secara rutin di bagian chipset karena bisa saja rusak dan tidak dikenali.

4. Laptop Jarang Dibersihkan

Sama seperti barang yang lainnya yang dimiliki di rumah masing-masing, memiliki laptop saja tidak cukup dan perlu dirawat dengan baik. Setiap orang sebaiknya aktif untuk memeriksa laptop yang biasanya dipakai dan memulai proses pembersihan secara rutin terutama untuk bagian penting.

Kali ini, ada sebuah penyebab untuk bagian chipset laptop rusak yang jelas dikarenakan karena kurangnya perawatan akan laptop yang dimiliki. Jika laptop dipakai secara rutin namun jarang sekali dibersihkan pengguna, maka sudah jelas semakin besar kemungkinan untuk chipset menjadi rusak.

5. Laptop Pernah Jatuh

Terakhir, ada penyebab yang lainnya yang sebaiknya dikenali setiap orang karena ternyata pada masa sekarang, banyak yang mengabaikan kondisi ini. Misalnya saja, jika laptop yang dipakai oleh pengguna tiba-tiba saja terjatuh dan justru tidak diperiksakan padahal mungkin ada yang rusak.

Ketika laptop terjatuh ke lantai atau permukaan yang keras lainnya, maka ada kemungkinan bahwa bagian chipset tergores dan menjadi rusak. Sebaiknya segera bawa ke tempat servis yang terdekat dan segera benahi agar kerusakannya tidak parah dan malah rusak selamanya.

Uraian yang menjelaskan secara detail mengenai beberapa penyebab dari kondisi chipset laptop rusak di atas sebaiknya dikenali oleh setiap pengguna. Ada yang ternyata disebabkan oleh laptop yang tiba-tiba saja terjatuh dan ada pula yang disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan.