Ketahui Cara Membuat Mind Map Di Laptop Tanpa Ribet

Tutorial Membuat Mind Map di Laptop

Last Updated on Oktober 13, 2022 by riandi

Membuat mind map tidak hanya bisa dilakukan secara manual saja yaitu menggunakan pensil dan alat pendukung lainnya, melainkan bisa dibuat menggunakan aplikasi di laptop. Aplikasi yang sering digunakan adalah Microsoft Word. Bagi yang penasaran bagaimana cara membuat mind map di laptop, simak ulasannya berikut:

Tutorial Membuat Mind Map di Laptop

Siapapun tak akan merasa kesulitan untuk melakukan cara yang akan disajikan berikut karena indektinya Microsoft Word memang sering digunakan. Pengguna pun semestinya sudah hafal dengan apa saja fiturnya. Pengguna yang penasaran, ikutilah cara yang disajikan berikut:

  • Mulanya pengguna harus menghidupkan laptopnya terlebih dahulu dengan menekan tombol On.
  • Tunggu sampai proses windows selesai. Segera lakukan refresh agar nantinya laptop tidak lemot ketika digunakan.
  • Buka aplikasi Microsoft Word-nya dengan cara klik dua kali tepat pada aplikasinya.
  • Setelah terbuka, pengguna bisa langsung berkreasi dengan fitur yang ada di dalam Microsoft Word tersebut. Gunakanlah fitur Shapes guna membuat bentuk seperti yang diinginkan. Terdapat banyak bentuk yang bisa digunakan oleh pengguna. Terdapat pula garis di dalam menu Shape tersebut.
  • Tambahkan diagram jik memang diperlukan dengan cara klik Insert, lalu Chart.
  • Cara membuat mind map di laptop yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu dengan menambahkan gambar yang berasal dari memori penyimpanan atau mengunduh langsung melalui Google.
  • Modifikasi shape tersebut agar memiliki warna yang sesuai. Terdapat beberapa pilihan warna yang bisa digunakan sehingga tampilannya pun semakin sempurna.
  • Terakhir, lakukanlah finishing dengan meneliti lagi bagian mana yang masih kurang sempurna atau terlihat tidak sesuai.
  • Mind Map tersebut pun bisa dicetak menggunakan printer atau langsung dikirim via email pun bisa.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Mind Map Via Laptop

Membuat mind map tersebut tentu tidak asal saja arena hasilnya pun tidak akan baik. Alangkah baiknya untuk memperhatikan hal-hal apa saja yang sekiranya harus dipertimbangkan ketika membuat mind map tersebut. Supaya tidak merasa kecewa dengan hasilnya, hal-hal berikut perlu diperhatikan:

1. Carilah Referensi Terlebih Dahulu

Mencari referensi menjadi hal yang sangat wajar sebelum membuat mind map. Sebagian orang tentu akan bingung apabila tiba-tiba diperintah untuk membuat mind map sehingga membutuhkan banyak referensi agar hasilnya lebih bagus. Referensi tersebut pun bisa datang dari mana saja seperti teman, media online, dan lainnya.

Setelah mendapatkan referensi, pengguna pun tidak bingung lagi dengan mind map yang akan segera dibuat. Proses pembuatannya pun terasa lebih mudah ketika sudah mengerti gambarannya sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa menyelesaikannya.

2. Siapkan Apa Saja Yang Dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat mind map tentu tidak luput dari pandangan pengguna. Setelah berhasil menemukan referensi dalam membuat mind map, pengguna harus membuat konsep terlebih dahulu agar bisa menentukan bahan yang akan digunakan untuk bisa menyelesaikan mind map-nya.

Biasanya bahan yang digunakan adalah berupa ilustrasi seperti gambar, animasi, atau yang lainnya. Beberapa bahan tersebut tentu harus dicari terlebih dahulu sesuai dengan tema yang diusung pada mind map tersebut. Gunanya adalah supaya lebih cepat untuk menyelesaikannya.

Rangkaian cara membuat mind map di laptop tersebut memang terlihat mudah untuk dilakukan. Poin yang terpenting adalah mengetahui terlebih dahulu mind map seperti apa yang akan dibuat. Jangan lupa pula untuk mengumpulkan semua bahanya agar lebih terorganisir.