Perbedaan WhatsApp dan Telegram. Mana yang Lebih Baik?

Bandingkan 2 Aplikasi Pengiriman Pesan Instan Terbaik

Instant messenger atau aplikasi pengiriman pesan instan merupakan aplikasi yang banyak digunakan orang untuk melakukan komunikasi. Baik dengan berkirim pesan, melakukan panggilan video, dan yang lainnya. Saat ini, sudah banyak sekali bertebaran aplikasi pesan instan di Play Store. Meskipun begitu, hanya beberapa saja yang banyak digunakan oleh orang-orang.

Dari banyaknya aplikasi instant messenger, Aplikasi WhatsApp dan Telegram merupakan 2 terbaik dan banyak digunakan oleh pengguna Android. Tentunya, mereka memiliki berbagai alasan dalam menggunakannya. Entah itu karena banyak orang yang menggunakan, mudah digunakan, menjamin kerahasiaan, dan lain sebagainya. Namun, dari kedua aplikasi tersebut, apa sih perbedaannya? Jika kamu penasaran, sepertinya kamu harus membaca artikel ini sampai selesai.

1. Popularitas

Jika membandingkan popularitas, tentunya WhatsApp lebih populer daripada Telegram. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pengguna WhatsApp di sekitar kita. Sedangkan untuk Telegram, ada sebagian orang yang bahkan belum mengenalnya sama sekali.

Bukti lainnya adalah dengan data jumlah unduhan dan ulasan di Play Store. WhatsApp sudah diunduh lebih dari 5 miliar kali dan memiliki 166 juta lebih ulasan. Sedangkan Telegram sudah diunduh lebih dari 1 miliar kali dan memiliki 11 juta lebih ulasan.

Aplikasi WhatsApp Messenger Android

2. Keamanan dan Privasi

Jaminan keamanan dan privasi merupakan hal yang sangat penting untuk aplikasinya instant messenger. Telegram lebih unggul dalam hal ini, karena memiliki fitur chat rahasia dan enkripsi chat. Sedangkan, WhatsApp lebih fokus hanya pada enkripsi chat, yaitu enkripsi end-to-end. Meskipun begitu, hal tersebut tidak menunjukkan bahwa WhatsApp lebih rendah dalam hal ini. Karena, sebagian besar orang tidak peduli dengan hal ini dan mereka tetap menggunakan WhatsApp karena memiliki lebih banyak kelebihan.

3. Fitur Percakapan

Fitur percakapan yang dimiliki oleh Telegram juga lebih banyak daripada WhatsApp. Selain fitur percakapan yang umum seperti pesan dan grup, Telegram memiliki fitur lain yang cukup menarik. Hal tersebut adalah fitur Channel dan Chat bot. Channel Telegram memungkinkanmu untuk membuka sebuah saluran yang memiliki banyak pengikut. Kamu bisa menggunakannya sebagai basis data untuk bisnis atau promosi. Sedangkan chat bot memungkinkanmu untuk melakukan percakapan dengan AI dengan tujuan tertentu.

Aplikasi Telegram Android

4. Fitur Pengiriman File

Baik WhatsApp maupun Telegram, keduanya memiliki fitur pengiriman file, baik untuk mengirim foto, video, dokumen, dan yang lainnya. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam limit pengiriman. Perbedaannya terletak pada ukuran file dan kuantitas file yang dikirim. Telegram dapat mengirim file berukuran sampai 1,5 GB, sedangkan WhatsApp hanya dibatasi sampai 100 MB saja. Selain itu, saat mengirim foto/video di WhatsApp, kamu maksimal hanya dapat mengirim 30 buah file saja.

5. Jumlah Anggota Grup

Perbedaan terakhir yang akan kami jelaskan adalah berkaitan dengan jumlah anggota dalam sebuah grup. Kami pikir, ini adalah perbedaan yang cukup signifikan, karena perbedaannya sangat jauh sekali. Di WhatsApp, jumlah maksimal anggota grup hanyalah 512 saja, sebelumnya bahkan hanya bisa 256 orang saja. Sedangkan, di Telegram, kamu dapat memasukkan sampai 200.000 orang ke dalam sebuah grup. Hal tersebut merupakan kelebihan yang cukup signifikan bagi Telegram. Yang mana, aplikasi instant messenger ini lebih cocok digunakan untuk urusan kelompok, komersial, dan sesuatu yang melibatkan banyak orang.


Sekarang sudah tahu kan beberapa perbedaan antara WhatsApp dan Telegram? Gimana nih? Mau tetap pake WhatsApp atau pindah ke Telegram? Atau pake dua-duanya aja kali ya.

By evansjf

Artikel Terkait