Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Tidak Ada Bluetoothnya

Last Updated on Oktober 29, 2022 by TeknoFusion

Jangan berpikir smartphone saja yang memiliki Bluetooth, laptop juga memiliki fitur ini. Namun, tidak semua laptop memiliki fitur Bluetooth, tapi tenang saja karena ada cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya dengan sangat mudah.

Laptop tetap bisa melakukan pengiriman dan tersambung dengan jaringan Bluetooth dengan berbagai cara eksternal. Walaupun bagian dalamnya tidak memiliki fitur Bluetooth bawaan.

Sekilas Tentang Fitur Bluetooth

Secara sederhana, Bluetooth merupakan sebuah media yang menjadi wadah pertukaran data antar perangkat. Bluetooth memiliki banyak kapasitas dan spesifikasi, hal ini yang menyebabkan layanan ini bisa dipasang di berbagai perangkat.

Walaupun sudah ada banyak perangkat lain yang menyediakan layanan perpindahan data. Namun, Bluetooth tetap menjadi fitur favorit banyak pengguna.

Cara Memasang Bluetooth Pada Laptop Tanpa Bluetooth

Penasaran bukan dengan bagaimana cara memasang Bluetooth pada laptop non bluetooth? Karena itu, berikut ini ada cara untuk memasang Bluetooth di laptop yang pada awalnya tidak memiliki fitur Bluetooth:

1. Pasang Bluetooth di Bagian Motherboard

Cara agar laptop yang tidak memiliki Bluetooth bisa memiliki fitur Bluetooth adalah dengan melakukan pemasangan fitur Bluetooth pada bagian motherboard laptop. Perlu diingat bahwa motherboard adalah bagian yang sangat penting dalam komponen laptop.

Jika ingin melakukan pemasangan pada bagian motherboard, ini artinya para pengguna harus rela bagian utama dari perangkatnya dibongkar. Karena itu, lebih baik untuk menyerahkannya pada seseorang yang lebih profesional dalam melakukan pembongkaran.

Jika dilakukan sendiri, maka pembongkaran ini akan beresiko menyebabkan kerusakan pada motherboard. Apalagi, jika yang memasang kurang memahami bagaimana cara memasang perangkat Bluetooth pada motherboard.

2. Gunakan Dongle Bluetooth Pada Laptop

Dongle bluetooth bisa digunakan sebagai cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya dengan jauh lebih rendah resikonya. Hal ini dibandingkan dengan pemasangan Bluetooth pada bagian motherboard.

Karena dongle Bluetooth ini hanya perlu dipasang dibagian USB saja. Namun, kelemahan dari dongle Bluetooth ini adalah biasanya hanya bekerja pada satu perangkat saja yang memang disambungkan dengan Bluetooth.

Bluetooth dengan dongle ini tidak bisa digunakan sebagaimana fitur Bluetooth yang asli dan memiliki batasannya sendiri. Selain itu, para pengguna juga harus menggunakan satu port USB pada bagian perangkat komputernya.

3. Unduh Driver Bluetooth Bagi Para Pengguna Windows

Bagi para pengguna komputer Windows ada kabar baik untuk menikmati fitur Bluetooth. Walaupun, secara bawaan perangkat laptop tidak memiliki fitur pengiriman dengan menggunakan Bluetooth.

Caranya adalah dengan mendownload driver Bluetooth untuk operasi Windows. Data dari driver Bluetooth ini bisa dengan mudah didapatkan dengan cara mendownload dari akun resmi Windows.

Beberapa sistem operasi bahkan sudah menyimpan data driver Bluetooth. Jadi, ketika para pengguna ingin menggunakannya, tidak memasangnya saja pada sistem operasi yang sudah berjalan.

4. Pasang Perangkat Bluetooth Tambahan

Jika memasang perangkat Bluetooth dari bagian dalam tidak memungkinkan. Tidak ada salahnya bagi para pengguna untuk menggunakan perangkat Bluetooth atau yang dipasang secara eksternal.

Ada banyak perangkat Bluetooth eksternal yang berbentuk seperti USB atau port drive. Perangkat ini secara instan memberikan fitur Bluetooth pada perangkat laptop yang dipasanginya.

Fungsi dari Bluetooth dari perangkat eksternal ini bisa bekerja dengan sama baiknya dengan perangkat Bluetooth bawaan. Namun, memang begitu perangkat ini dilepas dari laptop maka perangkat akan kehilangan fitur bluetoothnya.

Namun, tidak perlu khawatir karena para pengguna tinggal memasang perangkat tersebut lagi. Jika memang sedang membutuhkan sinyal Bluetooth untuk melakukan pengiriman tertentu.


Itulah berbagai cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya. Ternyata walaupun bukan fitur bawaan dari laptop. Masih ada cara agar para pengguna laptop dapat menikmati fitur pengiriman mudah dengan menggunakan Bluetooth.