Apa Saja Perbedaan Notebook Dengan Laptop

Jika dilihat sekilas antara notebook dan laptop tidak memiliki perbedaan apa pun dan kebanyakan orang juga menganggap sama. Padahal keduanya amatlah berbeda. Nah, bagi yang penasaran mengenai apa saja bedanya notebook dengan laptop maka bisa simak uraiannya di bawah ini:

1. Fisik Dan Dimensi Notebook Lebih Ringkas

Perbedaan pertama yang paling terlihat antara keduanya adalah dari segi fisik dan dimensi. Dimensi yang dimaksud adalah notebook dinilai lebih ringkas ketimbang laptop. Ringkas yang dimaksud adalah seperti dari segi berat.

Jika notebook hanya memiliki berat mulai dari satu hingga dua kilo saja, maka berat laptop biasanya lebih berat. Yakni laptop ini memiliki berat paling ringan satu setengah kilo. Hingga berat maksimalnya adalah dua setengah kilo.

Karena beratnya saja berbeda, antara notebook dan juga laptop juga memiliki ketebalan yang berbeda. Tentunya notebook memiliki body yang lebih ramping ketimbang laptop. Oleh sebab itu kebanyakan orang lebih memilih membawa notebook saat bepergian.

2. Ukuran Layar Laptop Lebih Lebar

Selanjutnya perbedaan keduanya juga bisa dilihat dari ukuran layar yang digunakan. Laptop biasanya memiliki ukuran layar yang lebih lebar atau besar ketimbang notebook. Ukuran layar pada laptop biasanya sekitar lebih dari 17 inch. Berbeda dengan notebook yang hanya 6 hingga 13 inch.

Untuk membedakan keduanya dari segi ini, tentu akan langsung terlihat jelas bedanya. Sebab Layar yang dimiliki notebook hanya sebesar layar tablet. Namun sekarang juga sudah ada laptop yang memiliki ukuran kecil namun mampu menampung layar besar.

3. Prosesor Yang Dipakai Laptop Lebih Baik

Nomor ketiga dalam pembahasan mengenai bedanya notebook dengan laptop adalah dari segi prosesor yang dipakai. Biasanya proses yang digunakan pada laptop memiliki kecepatan lebih tinggi. Sebab tentunya laptop memerlukan performa yang lebih baik ketimbang notebook.

Jika pada laptop biasanya sudah menggunakan prosesor intel core dari berbagai seri yang tersedia. Bahkan ada juga yang menggunakan core i9 yang biasanya digunakan pada laptop gaming. Jelas berbeda dengan notebook yang menggunakan prosesor hemat daya.

Jadi notebook ini tidak mengedepankan performa yang dimiliki seperti apa yang ditawarkan oleh laptop. Namun menawarkan bagaimana notebook tersebut hemat daya. Yakni untuk notebook biasanya menggunakan prosesor Pentium atau Celeron.

4. Spesifikasi Produk Notebook Unggul

Perbedaan berikut antara notebook dan juga laptop adalah dapat dinilai dari spesifikasi produk. Tentunya notebook memiliki spesifikasi yang lebih rendah ketimbang laptop. Banyak dikatakan juga bahwa spesifikasi Notebook ini ada di kelas menengah, sebab berada satu tingkat lebih baik dari netbook.

Tapi spesifikasi Notebook lebih rendah ketimbang spesifikasi yang dimiliki oleh laptop. Juga dapat dinilai dari segi spesifikasi grafis, dan tentunya milik laptop lebih kencang. Sebab itu para gaming atau desain grafis lebih memilih memakai laptop ketimbang notebook.

5. Kapasitas RAM Laptop Lebih Besar

Perbedaan selanjutnya adalah kapasitas ram yang digunakan pada notebook dan juga laptop. Biasanya pada notebook tidak memiliki kapasitas ram yang terlalu besar, sebab hanya digunakan sebagai komputasi harian. Berbeda dengan laptop yang membutuhkan RAM besar karena digunakan untuk pekerjaan berat.

RAM yang digunakan pada notebook kadang hanya sekitar 4 GB saja berbeda dengan laptop yang bahkan dua kali lipatnya. Laptop biasanya memiliki ram minimal 8GB hingga sampai 32 GB. Hal tersebut karena memang laptop banyak digunakan untuk pekerjaan berat.


Demikian adalah beberapa poin mengenai apa saja bedanya notebook dengan laptop yang bisa pengguna ketahui. Sebenarnya perbedaan keduanya tak hanya dari segi itu saja. Namun ada banyak sekali perbedaan antara keduanya yang tak ikut disebutkan, seperti misalnya pendingin yang digunakan.

 

By evansjf

Artikel Terkait