Asus Baterai Tanam: Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Mau Menyala

Laptop Asus yang memiliki baterai tanam merupakan jenis laptop yang digunakan oleh sebagian orang. Keunggulan dari jenis ini yaitu bentuknya lebih tipis dan bobotnya pun cukup ringan dibandingkan yang biasa. Meski begitu, kadangkala laptop tidak mau menyala Asus baterai tanam.

Pemilik tidak bisa mencabut baterainya karena sudah terpasang permanen di laptop tersebut. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah penyebab dan juga solusinya:

Penyebab Laptop Asus Dengan Baterai Tanam Tidak Menyala

Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan laptop tidak mau menyala Asus baterai tanam. Berikut diantaranya:

1. Windows Tidak Merespon

Diketahui, penyebab pertama yaitu Windows pada laptop berhenti memberikan respon saat dinyalakan. Hal ini bisa saja terjadi apabila laptop mati secara mendadak saat digunakan. Setelah kejadian ini, laptop pun tidak dapat dihidupkan kembali seperti biasanya.

2. Tetap Pada Mode Sleep/Suspend

Selanjutnya yaitu laptop Asus masih berada pada mode Sleep ataupun Suspend. Mode ini biasanya ada pada sebagian laptop karena sangat bermanfaat. Fungsinya yaitu menyimpan progres akhir pengguna supaya tidak hilang dan dapat langsung digunakan kembali.

Pada kondisi tertentu, laptop tidak bisa dinyalakan dan terus berada di mode Sleep. Layar akan tetap gelap namun lampu tombol power berubah atau berkedip tanda sedang dalam mode Sleep.

3. Software Freeze

Berikutnya, penyebab yang sering terjadi yaitu software yang digunakan freeze dan tidak dapat digunakan. Setelah hal ini terjadi, kursor akan sulit digerakkan dan akhirnya laptop dapat mati sendiri. Kemudian, laptop pun sulit untuk dinyalakan kembali.

Cara Memperbaiki

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika laptop tidak mau menyala Asus baterai tanam. Berikut adalah cara-cara yang bisa diikuti:

1. Menyalakan Ulang

Adapun cara pertama yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk menyalakan ulang laptop tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan charger dan komponen lainnya apabila sedang tersambung.
  • Tekan tombol power lalu tahan dalam waktu tiga puluh detik.
  • Colokkan charger ke stop kontak lalu sambungkan kembali dengan laptop.
  • Nyalakan ulang dan tunggu beberapa saat hingga layar kembali hidup.

2. Melakukan Force Reset

Berikutnya yaitu dengan cara melakukan Force Reset. Diketahui, opsi ini bisa dilakukan karena sudah disediakan khusus bagi pengguna laptop yang memiliki baterai tanam. Fungsinya yaitu untuk membersihkan memori yang menumpuk pada perangkat laptop.

Kemudian, semua proses data akan dipaksa untuk dihentikan sehingga tidak mengganggu laptop. Setelah itu maka koneksi antara BIOS dengan perangkat keras yang ada di laptop akan dinormalkan kembali dan bisa dinyalakan.

Pada proses ini yang akan diinterupsi hanya perangkat keras, BIOS dan juga baterainya saja. Sedangkan, data-data yang tersimpan di laptop akan tetap aman dan tidak terganggu. Pemilik laptop pun tidak perlu khawatir datanya akan hilang saat proses Force Reset dilakukan.

3. Menggunakan Mode BIOS Recovery

Lebih lanjut, cara untuk memperbaiki laptop Asus baterai tanam yang mati adalah melalui mode BIOS Recovery. Cara ini dilakukan untuk memperbaiki BIOS yang ada pada laptop. Pemilik laptop perlu menggunakan laptop lain untuk mendownload file BIOS serta menyediakan USB Flash Drive.

BIOS ini dapat didownload di website Asus sesuai dengan model laptopnya. Setelah itu, pindahkan file tadi menggunakan USB ke laptop yang bermasalah dan mulai mengupdate.

4. Melakukan Service

Jika cara-cara yang direkomendasikan tetap tidak bisa digunakan untuk menyalakan laptop Asus maka pemilik harus menyerahkannya kepada teknisi di tempat service laptop. Dengan demikian maka prosesnya akan menjadi lebih cepat dan terhindar dari kerusakan lainnya akibat salah perbaikan.


Demikianlah penjelasan mengenai penyebab serta solusi bagi laptop tidak mau menyala Asus baterai tanam. Dengan mengetahui penjelasan tersebut maka pemilik laptop pun dapat mengantisipasi masalah yang timbul pada laptopnya dan cara untuk memperbaikinya.

 

By evansjf

Artikel Terkait