Rekomendasi Aplikasi Android Terbaik Untuk Memperjelas Foto Buram

Last Updated on Agustus 31, 2023 by TeknoFusion

Dewasa ini, hampir semua orang perlu untuk mengunggah foto dengan kualitas terbaik di banyak platform media sosial. Oleh sebab itu, foto mentah tanpa diedit terlebih dahulu dianggap tidak kekinian. Apalagi jika foto tidak jernih, pengguna perlu menggunakan aplikasi untuk memperjelas foto yang buram.

Foto dengan kualitas yang buram atau blur kadang menurunkan kejelasan makna yang akan disampaikan. Maka dari itu, penting untuk menyimak ulasan mengenai rekomendasi aplikasi mempertajam foto buram di bawah ini!

1. Remini

Baik pengguna Android maupun iPhone seharusnya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Remini adalah aplikasi bertenaga AI yang dapat mengurangi tingkat blur baik dalam foto maupun video. Selain meningkatkan ketajaman, Remini juga menawarkan pewarnaan hingga editing animasi.

Sebelumnya, pengguna harus mengizinkan akses aplikasi terhadap manajer berkas dalam HP terlebih dahulu. Jika ingin mempertajam, klik menu “Enhance” dan akan muncul perbandingan sebelum dan sesudah foto dipertajam. Klik logo unduhan untuk menyimpan foto ke dalam galeri pengguna.

Aplikasi Android Remini Memperjelas Foto Buram

2. Lumii

Aplikasi untuk memperjelas foto yang buram ini juga dapat menjadi pertimbangan pengguna. Lumii memungkinkan pengguna untuk mengedit saturasi hingga hue dan luminance foto sebagai pelengkap. Pengguna dapat memanfaatkan fitur Sharpen, Denoise, dan Clarity untuk menajamkan foto yang sebelumnya telah di-adjust.

Dengan menaikkan level Bintik dalam foto, pengguna dapat mengurangi gangguan yang membuat foto menjadi buram dan dapat langsung diunduh. Perlu dipahami juga bahwa aplikasi ini mampu memungkinkan pengguna untuk bereksperimen mempertajam kualitas foto dengan mudah.

3. VSCO

Apabila pengguna kerap menggeluti dunia fotografi, aplikasi VSCO tentu sudah sangat familiar di telinga. VSCO adalah aplikasi edit foto yang dinilai dapat menghasilkan kualitas foto dengan tingkat estetika yang tidak perlu diragukan. Hal ini juga karena berbagai fitur yang mendukung.

Fitur dalam VSCO untuk mempertajam foto terdapat pada menu “Tools”, tepatnya pada Sharpen dan Clarity. Di sini, pengguna dapat mengatur bar sesuai selera untuk mendapatkan kualitas foto yang tajam. Tidak lupa untuk mengunduh hasil editing pada fitur “Save and Post”.

4. AI Photo Enhancer & PixeLeap

Selain untuk mewarnai foto yang sebelumnya hanya berwarna hitam dan putih, aplikasi ini juga mampu untuk mempertajam kualitas foto. Bahkan, pengguna juga dapat memoles foto dengan animasi hingga mengedit bagian tertentu agar terlihat muda dengan bantuan teknologi AI.

Untuk meningkatkan kualitas foto, pengguna dapat melakukan pemindaian terlebih dahulu melalui fitur “Scan Now”. Setelah itu, pengguna dapat menekan tombol “Enhance” dan proses memperjelas foto akan berlangsung. Hasil dari editing ini dapat langsung disimpan di dalam galeri HP pengguna.

5. Lightroom

Salah satu aplikasi fotografi yang dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mengedit foto adalah Lightroom. Kendati memiliki beberapa fitur eksklusif yang berbayar, Lightroom tetap menjadi andalan peminat fotografi untuk menyunting dan meningkatkan kualitas foto. Tidak hanya itu, Lightroom juga dapat menghilangkan blur dalam foto.

Pertama, pengguna dapat menajamkan foto dengan menggeser slider yang ada. Setelah dapat mengontrol area yang akan ditajamkan, pengguna dapat memanfaatkan fitur Slider masking. Ini memungkinkan pengguna untuk menyamarkan secara halus agar kualitas foto tetap natural.


Demikian 5 rekomendasi aplikasi untuk memperjelas foto yang buram yang dapat dicoba oleh pengguna. Kualitas foto memang sangat berpengaruh terhadap semua aspek dalam pengunggahan foto untuk publik maupun pribadi. Semakin jelas suatu foto, semakin jelas juga pesan tertentu yang disampaikan.