Cara Membuat Pengingat di HP Android dengan Mudah

Smartphone Android sudah menjadi hal yang dibutuhkan banyak orang. Mulai dari kebutuhan komunikasi, hiburan, pekerjaan, dan masih banyak lagi. Android juga bisa digunakan sebagai pengingat. Bagaimanakah cara membuat pengingat di Android dengan benar? Berikut ini 6 cara yang bisa dicoba:

1. Membuat Pengingat Menggunakan Aplikasi Any.do

Aplikasi satu ini memungkinkan pengguna untuk membuat daftar kegiatan yang ingin dikerjakan. Pengingat yang dibuat dengan aplikasi ini akan sangat membantu pengguna supaya tidak melewatkan kegiatan apapun. Mulai dari kegiatan sederhana seperti berbelanja sampai urusan pekerjaan.

2. Membuat Pengingat dengan Microsoft To Do

Salah satu cara membuat pengingat di Android adalah dengan menggunakan aplikasi Microsoft To Do. Sesuai namanya aplikasi ini akan memberi pengingat pada penggunanya tentang kegiatan yang akan dilakukan. Di Google Play Store aplikasi ini mempunyai rating yang cukup tinggi.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat daftar belanja, daftar tugas, catatan, merekam acara, atau merencanakan acara. Microsoft To Do akan sangat mendukung produktivitas membuat pengguna fokus pada hal-hal yang penting. Aplikasi ini sudah didownload oleh jutaan pengguna dan sangat direkomendasikan.

3. Menggunakan Google Kalender Sebagai Pengingat

Bagi orang yang enggan menginstall aplikasi tambahan Google Kalender bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Aplikasi ini umumnya sudah terpasang pada perangkat Android dan bisa langsung digunakan. Dengan demikian pengguna tidak perlu repot-repot menginstalnya terlebih dahulu. Berikut ini cara menggunakannya:

  • Buka Aplikasi Google Kalender dan klik tanda tambah yang ada di kanan bawah.
  • Selanjutnya pergi ke menu pengingat.
  • Setelah itu pengguna bisa langsung membuat pengingat sesuai kebutuhan.
  • Kemudian pengguna juga perlu mengatur waktu kapan pengingat tersebut dibutuhkan. Atur tanggal, hari, dan jamnya.
  • Jangan lupa untuk menyimpan pengingat yang sudah dibuat.

4. Membuat Pengingat dengan Aplikasi To Do With Reminder

Sudah membuat pengingat tetapi tetap ada jadwal yang terlewat? Hal itu bisa diminimalisir dengan aplikasi ini. Selain membuat pengingat, aplikasi To Do With Reminder juga memiliki fitur suara alarm yang bisa mengingatkan penggunanya dengan lebih baik.

Masih sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, To Do With Reminder juga memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu pengingatnya. Selain itu suara atau lagu dari alarm yang digunakan juga bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Tertarik mencoba aplikasi ini?

5. Melakukan Kegiatan Tanpa Terlewat dengan Bantuan TickTick

Aplikasi tambahan lain yang bisa dicoba adalah TickTick. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengingatkan penggunanya tentang berbagai hal. Mulai dari jadwal harian, mengatur kehidupan rumah, sampai pekerjaan. Tampilan yang ringan dan sederhana menjadikan TickTick sebagai salah satu aplikasi pengingat terbaik.

6. Memanfaatkan Google Assistant Untuk Membuat Pengingat

Satu lagi fitur bawaan yang biasanya sudah tersedia di Android dan bisa digunakan sebagai pengingat. Fitur tersebut disebut Google Assistant yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal. Google Assistant bisa membantu pengguna untuk melakukan panggilan, pencarian, bahkan membuat pengingat.

Cara menggunakannya juga sangat mudah karena Google Assistant bisa digunakan cukup dengan suara pengguna. Pengguna tinggal mengatakan “ingatkan saya” dan Google Assistant akan mengatur pengingat. Pastikan juga untuk mengatur waktu seperti jam atau tanggalnya.


Itulah tadi 6 cara membuat pengingat di Android dengan mudah. Dengan adanya pengingat terhadap kegiatan-kegiatannya maka pengguna bisa meminimalisir kesalahan. Mereka jadi bisa melakukan kegiatan sesuai dengan perencanaan sebelumnya. Ketika kegiatan bisa terlaksana dengan baik maka tujuan akan tercapai.

Artikel Terkait