Rekomendasi Aplikasi Al Quran Untuk Laptop Terbaik

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Selain sebagai kitab suci, Al Quran juga merupakan pedoman dalam menjalankan hukum dan syariat Islam. Zaman sekarang perangkat seperti smartphone, komputer, dan laptop sudah tersedia sarana aplikasi untuk membaca Al Quran. Aplikasi Al Quran untuk laptop punya berbagai macam tampilan dan fitur yang menarik.

Selain mempunyai fitur dan tampilan yang menarik, aplikasi Al Quran di laptop juga tidak memakan penyimpanan yang besar. Oleh karena itu, kegiatan baca Al Quran dapat dilakukan di berbagai tempat dan kondisi. Berikut beberapa rekomendasinya:

  1. Ayat KSU

Rekomendasi aplikasi Al Quran pertama untuk laptop yaitu Ayat KSU. Aplikasi ini sudah kompatibel untuk berbagai sistem operasi yang ada pada laptop, seperti Windows, Linux, dan lain-lain. Bahkan juga sudah memiliki fitur terjemahan dalam bahasa Indonesia dan 20 bahasa dunia lainnya.

Aplikasi Ayat KSU ini selain menarik juga dapat dipergunakan secara offline jadi bebas untuk dibuka kapan saja tanpa internet. Fitur menarik lainnya yaitu memiliki audio dari 20 Qori ternama yang ada di dunia yang dapat pembaca dengar secara mp3.

2. MyQuran Indonesia

Aplikasi satu ini merupakan buatan Indonesia dan menyesuaikan dengan penulisan Arab kementerian Agama Indonesia. Aplikasi ini juga menyediakan kumpulan doa-doa dan alarm untuk pengingat jadwal membaca Al Quran. Untuk itu, aplikasi baca Al Quran ini wajib dimiliki di laptop.

MyQuran Indonesia mempunyai 2 versi, yaitu MyQuran Indonesia 1.2.2 dan MyQuran Indonesia Lite. MyQuran Indonesia 1.2.2 merupakan pengembangan dari aplikasi versi lite. Dengan tampilan dan fitur yang lebih menarik sekaligus beragam dapat membuat pembaca lebih menikmati membaca Al Quran

3. Quran Explorer

Aplikasi Quran explorer ini dapat pembaca dapatkan melalui situs resminya yaitu quranexplorer. Di dalam situsnya tersebut tersedia aplikasi untuk laptop dan juga untuk ponsel. Sudah tersedia pula fitur terjemahan dalam bahasa Indonesia yang nantinya dapat diakses secara offline maupun online.

4. Al Quran Mushaf Madinah

Memiliki fitur unggul yang dapat memudahkan pembaca dalam mencari surat dalam Al quran, aplikasi ini cukup banyak diminati. Pembaca dapat menyisipkan lafadz dari surat yang akan dicari dan akan muncul halaman surat tersebut. Aplikasi ini dapat diunduh di situs resminya.

5. Al Quran

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi Al quran untuk laptop yang paling banyak dijumpai. Apalagi mengingat bahwa aplikasi ini memiliki fitur yang lumayan lengkap untuk menunjang  kegiatan membaca Al quran pembaca. Dengan tampilan sederhana, membuatnya cukup mudah untuk digunakan banyak orang.

6. Lanter Quran

Lanter Quran menyediakan 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Di sini juga terdapat fitur unggul yaitu fitur untuk dapat menghafal surat-surat dalam Al quran dengan tampilan seperti daftar per-surat. Untuk pembaca yang ingin menghafal surat, maka aplikasi ini sangatlah cocok digunakan.

7. Zerk

Aplikasi terakhir yaitu Zerk, yang mana telah dilengkapi dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia dan beberapa bahasa lainnya. Selain itu, fitur audio juga sudah tersedia dan dapat digunakan dalam bentuk mp3. Pengguna bisa menggunakannya secara online maupun offline sehingga dapat menghemat internet.

Sebagai seorang Muslim sudah sepatutnya untuk meluangkan waktu membaca Al quran. Sebagai kitab suci sekaligus pedoman, pembaca harus menghormati dan mengamalkan isi dari Al quran agar mendapat berkah yang melimpah. Saat ini tidak ada alasan untuk tidak ingin membaca Al quran.


Dengan berbagai kemajuan teknologi sekarang ini tidak membuat lupa akan pentingnya membaca Al quran. Banyaknya aplikasi Al quran untuk laptop yang tersedia menjadi bukti bahwa pembaca dapat membaca Al quran dimanapun dan kapanpun. Namun tetap memperhatikan tempat dan lingkungan karena Al quran bersifat suci.