7 Aplikasi Untuk Kompress Video Android Gratis Berkualitas Bagus

Last Updated on Januari 24, 2024 by TeknoFusion

Ingin mengecilkan ukuran file video yang terlalu besar di HP Android? Kini telah tersedia aplikasi kompres video yang dapat diunduh di Play Store. Ada sangat banyak pilihan, tetapi tidak semuanya layak di-download. Karena itu, simak tujuh rekomendasi aplikasi yang gratis dan memiliki kualitas bagus berikut ini:

1. Video Compressor Panda Resizer

Aplikasi ini memiliki banyak ulasan bagus dari penggunanya. Hanya dengan mengunduh aplikasi berukuran 36 MB, pengguna dapat mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas asli. Jenis file yang didukung adalah mp4, 3gp, mpeg, dan masih banyak lagi.

Video Compressor Panda Resizer juga bisa menyesuaikan ukuran video untuk diunggah ke Instagram, Line, dan Telegram. Sisi terbaiknya, aplikasi tersebut tidak menghabiskan banyak data seluler.

Aplikasi Android Video Kompresor Panda Resizer Terbaik

2. Smart Video Compressor and Resizer

Ukuran aplikasi tersebut hanya sebesar 14 MB dan dilengkapi dengan tampilan yang tidak ribet. Smart Video Compressor and resizer bisa digunakan untuk mengatur kualitas serta mengubah dimensi video. Pengguna juga dapat mengatur kecepatan proses kompresi.

Selain kompress, pengguna bisa memotong durasi video di aplikasi Smart Video Compressor and resizer. Akan tetapi, aplikasi ini memerlukan proses pembelian untuk menggunakan fitur tertentu.

3. Video Compressor – ShrinkVid

Selanjutnya, terdapat aplikasi dari TRMedia Inc. yang bernama ShrinkVid. Aplikasi tersebut bisa digunakan untuk kompress video hingga 90 persen dari ukuran asli. Penilaian dari para pengguna pun mencapai 4,5 bintang.

Resolusi video yang dikompress bisa dipertahankan. Meski demikian, pengguna juga dapat mengubahnya menjadi ukuran 4k hingga 360p saja. Aplikasi mendukung semua bentuk file, termasuk FLV dan MKV.

4. Video Converter, Compressor

Rekomendasi aplikasi untuk kompress video yang keempat yaitu Video Converter, Compressor. Aplikasi ini memiliki nilai tinggi serta sudah di-download sekitar 10 juta kali. Ukuran aplikasinya pun hanya sebesar 26 MB saja.

Aplikasi Video Converter, Compressor menggunakan codec X264 yang menjadikan kualitas file kompress tetap terjaga. Pengguna juga bisa menyetel ulang bitrate atau kecepatan transfer data untuk mengganti ukuran video.

5. Video Dieter 2 – trim & edit

Aplikasi ini termasuk sering direkomendasikan dan memiliki rating 4,3 bintang. Video Dieter 2 memang tidak dikhususkan untuk kompress, namun sebagai trimmer video. Akan tetapi, kualitas hasil kompressnya sangat memuaskan pengguna.

Selain trimmer dan kompress, Video Dieter 2 dapat digunakan untuk mengedit video. Proses edit yang didukung yaitu penambahan lagu ke dalam video dan time lapse. Video yang telah diedit bisa langsung dibagikan ke email ataupun Youtube.

6. Video Compressor – Compact Video

Aplikasi yang dikembangkan oleh Alyaanah tersebut memang dikhususkan untuk kompress video. Pengembang memaksimalkan fitur tersebut sehingga pengguna bisa melakukan kompress video dengan leluasa.

Video Compressor – Compact Video memungkinkan para penggunanya untuk melihat pratinjau video sebelum disimpan. Selain itu, pengguna juga bisa membandingkan dengan video asli bersamaan dengan proses kompress.

7. Video Compress NotLose Quality

Rekomendasi aplikasi yang terakhir adalah Video Compress NotLose Quality. Aplikasi tersebut belum diunduh oleh terlalu banyak orang, namun telah memiliki rating yang tinggi. Banyak pengguna mengatakan aplikasi ini lebih mudah digunakan dari yang lainnya.

Seperti nama aplikasinya, Video Compress NotLose Quality menyediakan hasil kompress yang memuaskan. Deskripsi yang tertera pada Play Store juga memudahkan penggunaan aplikasi tersebut.


Itulah tujuh aplikasi untuk kompress video yang ada di Android. Mengecilkan ukuran video menjadi lebih praktis tanpa memindahnya terlebih dahulu ke PC atau laptop. Memori penyimpanan HP juga bisa menjadi lebih luang untuk menyimpan file lainnya.