Cara Merekam Video Saat Bermain Game di Android

Last Updated on September 28, 2022 by TeknoFusion

Cara merekam video saat bermain game di android biasanya digunakan oleh penggunanya untuk konten-konten seperti YouTube. Apalagi pekerjaan ini bukan hanya memberikan pendapatan cukup besar hanya dengan modal smartphone saja.

Memang ada beberapa jenis smartphone yang sudah memiliki tangkapan layar video bawaan, namun beberapa lainnya tidak ada. Solusinya, kamu harus menggunakan kamera ketika merekam permainan yang berlangsung atau bisa menggunakan cara lebih mudah.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi perekam layar sebagai solusi cara merekam video saat bermain game di android. Cara kerjanya sendiri hampir sama seperti ketika kamu merekam layar di perangkat PC atau laptop.

Berbagai perangkat lunak yang bisa kamu gunakan memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nantinya, bukan hanya melakukan tangkapan ketika bermain game namun juga bisa untuk melakukan rekaman lainnya. Simak penjelasan dari tim TeknoFusion disini:

Cara Merekam Video Saat Bermain Game di Android Menggunakan Aplikasi                                                                                                                        

Berbagai rekomendasi aplikasi untuk cara merekam dalam bentuk video saat bermain game di android umumnya memiliki fitur berbeda sehingga bisa disesuaikan kebutuhan. Berikut adalah beberapa perangkat lunak terbaik yang dapat kamu gunakan.

1. DU Recorder – Screen Recorder

DU recorder menjadi salah satu rekomendasi perekam layar yang populer dan banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia. Hal ini tidak terlepas dari kemudahan pemakaian juga fitur-fitur canggih di dalamnya.

Kemudahan yang dimiliki membuat kamu tidak perlu lagi melakukan berbagai macam pengaturan sebelum menggunakannya. Kamu hanya perlu menyentuhnya sekali saja, rekaman pada layar akan langsung berjalan.

Bukan hanya sebagai cara merekam video saat bermain game di android saja, ada beberapa fitur pendukung lainnya yang cukup menarik. DU recorder tidak hanya dapat digunakan untuk edit video namun juga live streaming.

Sayangnya tidak semua sistem operasi smartphone dapat mendukung penggunaan perangkat lunak satu ini. Jika ingin tetap menggunakannya, minimal sistem operasi pada smartphone kamu adalah Android 5.0 Lollipop.

2. Screen Recorder

Cara merekam video saat bermain game android  juga bisa dengan menggunakan perangkat lunak satu ini. Seperti namanya, sudah jelas jika fungsi utamanya adalah untuk melakukan rekaman di HP android.

Salah satu aplikasi yang cukup banyak penggunanya ini sendiri dikembangkan oleh NLL dan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Seperti halnya lainnya, ada kekurangan dan kelebihan dari aplikasi ini.

Misalnya saja, jika smartphone milikmu memiliki sistem operasi Android 5.0 Lollipop atau di atasnya, maka tidak perlu khawatir adanya lag atau patah-patah. Kamu bisa juga menggunakan Android 4.4 KitKat namun sayangnya harus ada akses root lebih dahulu.

3. Game Screen Recorder

Jika membutuhkan cara merekam video saat bermain game di Android, maka bisa menggunakan aplikasi satu ini. Sama seperti namanya, fungsi utama adalah melakukan rekaman ketika kamu sedang bermain game seperti PUBG maupun Mobile Legends.

Game Screen Recorder sendiri memiliki cukup banyak kelebihan sehingga tidak mengherankan jika banyak digunakan gamers membuat konten. Salah satunya sendiri adalah ukurannya yang ringan yaitu hanya 4,9 MB saja.

Selain itu, aplikasinya sendiri juga tidak membutuhkan akses root pada smartphone yang kamu gunakan. Sayangnya, sistem operasi minimal yang mendukung untuk penggunaannya adalah Android 5.0 Lollipop sehingga tidak cocok untuk sistem operasi di bawahnya.

4. AZ Screen Recorder

Memiliki tampilan sederhana, perekam lunak perekam layar untuk android ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai video walkthrough game. Bukan hanya itu saja, ada cukup banyak kustomisasi sesuai kebutuhan tanpa harus melakukan root.

Ada cukup banyak fitur-fitur di dalamnya yang bisa menunjang pembuatan konten gaming yang kamu lakukan. Beberapa di antaranya seperti ada video editor, screen capture, juga bisa untuk perekaman dalam durasi panjang.

Kelebihan lain menggunakan AZ Screen Recorder untuk cara merekam video saat bermain game di android adalah perekamannya disertai audio. Selain itu, hasilnya juga stabil dengan kualitas tinggi sehingga tidak mengherankan jika sudah didownload hingga 50 juta orang.

5. Super Screen Record

Selain bisa didownload secara gratis, kamu juga bisa menggunakan Super Screen Record tanpa membutuhkan akses root di smartphone milikmu. Selain itu, ada banyak fitur-fitur menarik untuk kebutuhan membuat konten gaming.

Kelebihan lainnya, kamu hanya perlu sekali tap saja untuk memulai perekaman dan tidak akan ada watermark pada hasilnya juga disertai dengan audio. Tidak hanya cara merekam video saat bermain game di android saja, kamu juga bisa melakukan facecam.

Meski demikian, kamu harus memastikan jika sudah menggunakan android versi 5.0 Lollipop atau di atasnya. Sementara itu, ukurannya sendiri standar yaitu hanya 22 MB saja sehingga tidak akan terlalu membebani ponselmu.

6. ADV Recorder

ADV Screen Recorder merupakan salah satu aplikasi perekaman yang cukup ringan sehingga sering digunakan para pengguna android. Sudah didownload hingga sebanyak 10 juta kali, aplikasi ini juga mudah digunakan dalam melakukan perekaman gameplay.

Cara merekam video saat bermain game di android ini cukup mudah digunakan untuk melakukan trim. Tidak hanya itu saja, hasil videonya juga memiliki kualitas yang bagus sehingga cocok dijadikan konten.

Aplikasi ini memiliki kelebihan lain berupa ukurannya yang cukup ringan, hanya 6,5 MB saja sehingga tidak akan membebani smartphone. Sayangnya, kamu harus memastikan jika smartphone yang digunakan sudah versi 5.0 Lollipop ke atas.

7. Mobizen

Perekam layar Mobizen memiliki kecanggihan yang tidak perlu diragukan, bahkan pernah mendapatkan penghargaan dari Google sebagai App Terbaik pada tahun 2016. Mobizen juga menjadi aplikasi populer di Google Play Store dan sudah diunduh lebih dari 100 juta orang.

Ada cukup banyak fitur di dalamnya sehingga bisa sangat membantu dalam pembuatan konten gaming. Beberapa fitur dalam aplikasi cara merekam video saat bermain game di android ini seperti screen record juga video editor.

Bukan hanya itu saja, kamu bisa melakukan perekaman dengan durasi yang panjang sehingga akan lebih leluasa ketika membuat konten. Selain itu kamu juga bisa menghilangkan watermark di hasil video tanpa perlu membayar.

Tidak seperti kebanyakan perangkat lunak lainnya, aplikasi ini dapat digunakan minimal smartphone dengan sistem Android 4.4 KitKat. Sementara itu, ukuran aplikasinya sebesar 20,9 MB sehingga sebaiknya RAM ponsel setidaknya sebesar 2 GB.

8. Background Video Recorder

Kelebihan cara merekam video saat bermain game di android ini adalah merekam video sekaligus mengambil gambar di latar belakang. Tentu saja fitur ini bisa membuat kontenmu menjadi lebih menarik.

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan atau mematikan suara selama merekam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Fitur-fitur lainnya yang tersedia juga membuat aktivitas perekaman game menjadi lebih mudah dan tanpa kendala.

Beberapa fitur sendiri misalnya yang memiliki fungsi melanjutkan proses rekaman saat layar HP kamu sedang dalam keadaan mati.  Selain itu, kamu juga bisa membuat jadwal tertentu kapan harus memulai menangkap layar.

Bermain game tidak hanya bisa sebagai hiburan namun dapat dijadikan konten yang menghasilkan uang. Oleh sebab itu, kamu harus tahu cara merekam video saat bermain game di android serta rekomendasi aplikasi screen recording terbaik.