Cara Memutar YouTube di Latar Belakang Android dengan Mudah

Di zaman sekarang semakin banyak konten kreator yang membuat kreasi video nya yang sangat menarik. Begitu juga youtuber yang menciptakan karya musik yang bisa dinikmati masyarakat. Sudah tahu cara memutar youtube di latar belakang? Simak terus ulasan berikut:

1. Menggunakan YouTube Premium

Cara pertama yaitu dengan menggunakan youtube premium. Sangat mudah dan aman untuk mengaplikasikannya jika sudah berlangganan youtube premium. Untuk biaya berlangganannya yaitu untuk paket pelajar Rp. 34.990, pribadi Rp. 59.000 dan untuk keluarga Rp. 34.990 setiap bulannya.

Sudah tahu apa itu youtube premium? ini semacam sistem member yang membuat para anggotanya mendapat keuntungan untuk bisa menikmati semua kelebihan fitur dalam layanan YouTube Music. Mengasyikan memang jika telah berlangganan youtube premium ini.

Jika telah berlangganan maka dapat menyaksikan musik dan video dengan nyaman tanpa gangguan iklan. Dengan berlangganan dapat memutar video atau musik di layar belakang. Semua akan sangat mudah dan sederhana caranya.

Maka konten akan tetap berbunyi walau membuka aplikasi lainnya atau ketika layar mati, yaitu dengan adanya diatur picture in picture (PiP). Cukup dengan membuka musik video dari aplikasi ini maka ada pilihan untuk PiP tersebut.

2. Menggunakan Google Chrome

Cara kedua untuk cara memutar youtube di latar belakang sangat mudah. Jika tidak ingin membayar bulanan untuk biaya berlangganan youtube premium, maka yang bisa dicoba adalah menggunakan aplikasi Google Chrome di handphone.

Untuk bisa memutar video pada latar belakang, caranya sebenarnya hampir sama dan mudah. Supaya berhasil, pastikan untuk mengakses halaman youtube versi seluler dengan menambahkan huruf m di depan URL.

Jika tidak menambahkan huruf m, bisa jadi layar akan kembali ke aplikasi utama jika menggunakan alamat YouTube biasa. Menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox adalah salah satu dari beberapa opsi untuk membuat video YouTube tetap memutar di latar belakang.

3. Membuka Lewat Menu Tab

Selain itu program ini memiliki metode yang sama untuk memiliki opsi memutar rekaman YouTube di belakang layar Android. Caranya sangat mudah saja dan bisa dilakukan siapa saja. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Buka YouTube di browser. Setelah membuka situs web YouTube di browser seperti Chrome atau Mozilla, putar videonya.
  • Buka dan pilihlah menu tab pada bagian kanan atas. Minta situs desktop untuk memutar YouTube di latar belakang.
  • Tutup browser Chrome atau Mozilla untuk memutar YouTube di latar belakang. Jika demikian, buka menu notifikasi. Opsi untuk menjeda atau memutar video YouTube dapat ditemukan di sana.
  • Tekan putar di browser untuk memutar YouTube di latar belakang. Saat menutup browser, video akan berhenti secara otomatis. Namun, kini hanya perlu menekan tombol putar sekali lagi di menu notifikasi untuk memutar video lagi.
  • Video youtube di android sekarang dapat berjalan di latar belakang. Selesai.

Bagaimana? Bukankah begitu sederhana? Dengan aplikasi ini tentunya bisa lebih banyak disaksikan banyak orang. Mendengarkan lagu atau podcast di smartphone saat melakukan hal lain tidak lagi menjadi  kebingungan. Artikel ini bisa menjadi referensi bagi yang membutuhkan.

Caranya sangat mudah dan praktis. Cara ini bisa diaplikasikan di smartphone dan juga laptop. Jadi ada kemungkinan semua cara bisa dicoba untuk mengakses youtube. Selamat mencoba cara memutar youtube di latar belakang diatas. Mudah dan cepat.