Cara mudah ubah MP4 menjadi MP3 tanpa Aplikasi

Ketika hendak menggunakan suara atau musik dari video tertentu tentu saja harus mengubah dulu video tersebut menjadi format MP3. Banyak aplikasi yang menawarkan layanan itu. Namun, banyak orang yang mencari cara mengubah MP4 menjadi MP3 tanpa aplikasi karena lebih efisien.

Beberapa orang enggan menginstall aplikasi untuk mengkonversi video karena akan memakan cukup banyak ruang pada perangkat. Oleh karena itu website menjadi salah satu pilihan yang sering diambil oleh banyak orang. Berikut cara yang bisa digunakan untuk mengkonversi video melalui website:

1. Gunakan Website Free Convert

Website pertama dalam daftar ini adalah Free Convert. Untuk mengkonversi video ke audio menggunakan website ini caranya cukup mudah. Pengguna tinggal pergi ke website Free Convert dan memilih video mana yang hendak dikonversi ke bentuk audio.

Setelah menentukan video mana yang akan diubah ke bentuk audio maka Free Convert akan segera memulai prosesnya. Sebelum mendownload hasil audionya pengguna juga bisa melakukan beberapa penyesuaian. Mulai dari kualitas audio sampai memotong audio sesuai kebutuhan.

2. Menggunakan Website Cloud Convert

Mengkonversi video menggunakan website ini adalah salah satu cara mengubah Mp4 menjadi Mp3 tanpa aplikasi yang terbaik. Hal itu dikarenakan Cloud Convert memiliki fitur yang lengkap dan pastinya akan memaksimalkan hasil yang diperoleh. Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan Cloud Convert:

  • Buka website Cloud Convert menggunakan browser. Pengguna bisa menggunakan perangkat dan aplikasi browser apapun.
  • Selanjutnya klik Select File untuk memilih video mana yang akan dikonversi. Jika sudah memilih videonya klik Open. Selain menambahkan video dari penyimpanan perangkat, pengguna juga bisa menambahkan link penyimpanan Cloud misalnya Google Drive.
  • Setelah video berhasil dipilih pengguna akan diharuskan memilih format video. Pilih saja Mp3. Pengguna juga diberi kebebasan mengatur hal lain misalnya kecepatan bit audio.
  • Setelah itu klik Convert dan proses pun akan dimulai.
  • Ketika prosesnya sudah selesai Cloud Convert akan memberi pemberitahuan dan pengguna bisa langsung mendownload hasil audionya.

3. Mengakses Website Zamzar

Website yang satu ini selain bisa mengkonversi video ke audio juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya. Zamzar bisa melakukan konversi gambar, dokumen, video, ebook, dan audio. Cukup menarik pastinya karena dengan demikian pengguna tidak perlu menginstall banyak aplikasi

Konversi video ke audio menggunakan Zamzar memiliki batasan dalam hal kapasitas. Zamzar membatasi kapasitas video yang bisa dikonversi sebesar 50 Mb. Jika kapasitas videonya lebih dari itu maka prosesnya tidak bisa dilakukan. Pengguna bisa mencoba mengecilkan ukuran videonya terlebih dahulu.

4. Menggunakan Website Evano

Beberapa website umumnya membatasi ukuran video yang dapat dikonversi. Nah untuk itu Evano hadir sebagai website konversi video yang memiliki batasan ukuran sangat besar. Dengan menggunakan Evano pengguna bisa mengkonversi video dengan ukuran mencapai 100 Mb.

5. Mengakses Website Online Audio Converter

Dari namanya saja sudah jelas jika website ini memang digunakan untuk mengkonversi audio. Caranya kurang lebih sama dengan website-website lain di daftar ini. Pengguna tinggal mengunjungi alamat website-nya dan memilih video mana yang hendak dikonversi.

Pada website ini pengguna juga bisa memilih kualitas hasil audio yang diinginkan. Jika semua sudah selesai diatur pengguna bisa langsung memulai proses konversi. Saat prosesnya sudah selesai silahkan download hasil audionya supaya bisa langsung digunakan untuk berbagai keperluan.


Itulah tadi cara mengubah Mp4 menjadi Mp3 tanpa aplikasi dan pastinya sangat mudah. Pengguna hanya memerlukan kuota dan sinyal yang cukup untuk mengkonversi video. Website-website tadi juga terbilang ringan sehingga tidak akan membebani perangkat yang digunakan.