Inilah 5 Cara Termudah Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 di Android Tanpa Aplikasi

Last Updated on Agustus 31, 2023 by TeknoFusion

Foto berukuran 4×6 biasanya diperlukan untuk keperluan sekolah, mencari pekerjaan, dan juga kepentingan bersifat resmi lainnya. Cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Android tanpa aplikasi bisa melalui website yang tersedia gratis di Google, dan pastinya aman untuk digunakan.

Dengan mengubah ukuran foto tanpa melalui aplikasi, maka hal tersebut akan menghemat ruang penyimpanan pada Android. Pengguna hanya perlu menyiapkan jaringan internet yang lancar saja agar tidak terjadi kendala saat proses terjadi. Simak lima cara mengubah ukuran foto berikut ini:

1. Ubah Foto 4×6 Melalui Website Canva

Cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di android tanpa aplikasi yang pertama adalah dengan menggunakan website Canva. Website tersebut gratis dan aman digunakan. Untuk mengubah ukuran foto, pengguna hanya perlu mengikuti tutorial di bawah ini:

  • Cari website Canva di Google.
  • Masuk terlebih dahulu menggunakan akun Google yang digunakan.
  • Klik tombol plus pada halaman utama.
  • Pilih ukuran khusus pada pilihan ukuran kertas.
  • Atur lebar kertas menjadi 38,1 cm dan tinggi 55,9 cm.
  • Klik menu unggahan, lalu masukkan foto yang ingin diubah ukurannya.
  • Tunggu proses perubahan hingga selesai.
  • Simpan foto ke galeri dengan format JPG atau PNG.

2. Ubah Foto 4×6 Melalui Website PicResize

PicResize dibuat khusus sebagai website pengubah ukuran foto. Website tersebut khusus mengubah ukuran foto menjadi 4×6. Pengoperasian website ini pun mudah untuk dilakukan, dan bisa langsung ditemui jika mencarinya di Google. Agar lebih memahami cara menggunakan website PicResize, simak ulasan berikut:

  • Temukan website PicResize di Google.
  • Klik website PicResize yang biasanya terletak di paling atas hasil penelusuran.
  • Masukkan foto yang akan diubah ukurannya ke 4×6.
  • Tunggu hingga proses perubahan ukuran foto selesai dilaksanakan.
  • Edit filter pada foto jika diperlukan.
  • Klik tulisan “I’m done, resize my picture!”

3. Ubah Foto 4×6 Melalui Website Iloveimg

Website berikutnya ini menyediakan layanan ubah ukuran foto dengan ukuran yang diinginkan oleh pengguna. Jadi, pengguna bisa bebas mengatur ukuran foto yang ingin diubah. Caranya adalah dengan masuk ke website tersebut, kemudian langsung saja klik pilih gambar. Masukkan gambar yang diinginkan.

Klik tombol pengaturan di bagian kanan layar, atur lebar gambar menjadi 472 dengan lebar menjadi 709 dalam satuan pixel. Kemudian klik ubah ukuran gambar. Sistem akan memproses perubahan gambar dalam beberapa detik hingga satu menit. Tunggu sebentar, lalu simpan hasilnya.

4. Ubah Foto 4×6 Melalui Website Miniimagesvideos

Pengguna hanya perlu memasukkan kata kunci “Miniimagesvideos” pada Google, maka hasil penelusuran akan menampilkan website dengan nama tersebut di bagian paling atas. Masuk ke website tersebut, kemudian klik tulisan upload. Masukkan foto yang akan diubah ukurannya menjadi 4×6.

Setelah foto dimasukkan, atur ukuran tinggi dan lebar dalam satuan pixel, yaitu 472×709. Ubah kualitas gambar menjadi 90, yaitu kualitas yang terbaik agar tidak pecah. Tekan tombol save setelah layar menampilkan hasil gambar dengan ukuran yang diinginkan.

5. Ubah Foto 4×6 Melalui Website Photokako

Website dengan tampilan background layar berwarna hitam ini dapat mengubah ukuran gambar. Cara penggunaannya yaitu tinggal memasukkan foto yang diinginkan, lalu klik sunting dan ubah ukuran gambar menjadi 472×709 pixel. Tunggu aplikasi memproses perubahan hingga selesai, kemudian klik unduh gambar.


Demikian lima cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di android tanpa aplikasi paling kekinian dan dapat ditemukan di Google. Semua website yang telah disebutkan di atas bisa digunakan secara gratis. Pengguna hanya perlu menyiapkan internet saja untuk proses perubahan ukuran.