Cara Buka Situs Blokir di Android, Mudah Tanpa Aplikasi

Internet dibuat dengan tujuan menyatukan individu serta membagikan informasi dari belahan dunia dalam satu genggaman. Namun dunia bebas yang ditawarkan internet kadang terhalang oleh izin pemerintah negara. Untungnya ada beberapa cara buka situs blokir di Android yang mudah tanpa perlu aplikasi tambahan.

Cara-cara yang akan dijelaskan dalam artikel ini bertujuan untuk membantu pengguna internet dalam mengakses informasi yang memang penting. Meski demikian, tetap pengguna harus bijak dalam memanfaatkan trik ini agar tidak menggunakannya demi kepentingan yang buruk.

1. Memasang Ekstensi VPN

VPN merupakan layanan jaringan privat virtual berbentuk aplikasi yang biasa dimanfaatkan untuk mengakses situs-situs terblokir di internet. Cara kerja VPN dengan mengizinkan penggunanya masuk ke internet seolah melalui negara lain tempat di mana situs dimaksud dapat diakses.

Namun alih-alih mengunduh aplikasinya yang memakan banyak kapasitas penyimpanan, pengguna Android dapat memasang ekstensinya saja di Chrome. Ekstensi ini bisa didapatkan di Chrome Web Store dan dipasang pada aplikasi Chrome di Android. Jika ekstensi ini aktif, situs-situs terblokir dapat dikunjungi.

2. Mengakses Melalui Peramban Opera

Masih dengan dukungan jaringan privat yang memungkinkan seorang pengguna mengakses situs terblokir di negaranya, ada sebuah aplikasi peramban yang sudah terhubung langsung ke VPN. Tidak lain peramban yang dimaksud adalah Opera yang dapat dengan mudah dipasang pada perangkat Android.

Dengan Opera, pengguna Android bisa berseluncur bebas di internet dan memasuki semua situs bahkan yang diblokir oleh pemerintah sekalipun. Peramban ini pada dasarnya juga bekerja selayaknya peramban lain seperti Chrome, jadi tidak perlu khawatir akan menghadapi kesulitan. SIlahkan download Opera dari Google Play Store.

Opera Browser Android

3. Melalui Situs Proxy

Cara buka situs blokir di Android yang cukup terkenal selanjutnya adalah melalui layanan proxy. Serupa dengan VPN, layanan proxy ini berupa jaringan privat yang membuat aktivitas selancar di internet jadi lebih aman dan bebas. Berikut adalah langkah-langkah untuk memakai layanan proxy:

  • Buka peramban dan kunjungi situs proxy dengan mengetikkan CroxyProxy di kolom pencarian dan pilih yang teratas.
  • Dalam halaman utama, tersedia kolom di bagian bawah yang menerima masukan link situs yang ingin dikunjungi.
  • Masukkan saja link situs terblokir yang sudah disalin sebelumnya dan klik tombol ‘Go’.
  • Tunggu proses memuat hingga situs berhasil dibuka.

4. Memanfaatkan Google Translate

Belum banyak orang tahu bahwa Google Translate tidak hanya bisa dipakai untuk menerjemahkan bahasa satu ke bahasa lainnya saja. Layanan dari Google ini dapat pula dimanfaatkan untuk mengakses situs yang diblokir, meski agak kurang efektif.

Caranya cukup mudah hanya dengan mengunjungi halaman Google Translate di translate.google.com dan menempelkan alamat situs blokir yang ingin dibuka. Jika beruntung, tautan yang ada di kolom terjemahan akan mengarah ke situs yang dimaksud. Sangat mudah dan sederhana namun tidak selalu berhasil, cara ini masih layak dicoba.

5. Menggunakan Situs FastSSH

Ada satu lagi situs bernama FastSSH yang menyediakan fitur untuk membuka situs yang diblokir. Agar bisa memakai fitur yang ada, pengguna diharuskan membuat akun terlebih dahulu. Untuk memulainya, langsung saja kunjungi situs tersebut di https://www.fastssh.com/ melalui peramban. Dari sana, ikuti langkah-langkah yang tertulis secara bertahap.


Demikianlah penjelasan mengenai cara buka situs blokir di Android yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa tambahan aplikasi. Lagi-lagi mengingatkan, agar cara ini dimanfaatkan dengan bijaksana dan digunakan untuk hal yang memang penting alih-alih keburukan atau kejahatan.