9 Rekomendasi Aplikasi Pengukur Berat Badan Ideal yang Tersedia Gratis untuk Android

Last Updated on Agustus 13, 2023 by TeknoFusion

Aplikasi Pengukur Berat Badan Ideal banyak dicari. Hal itu dikarenakan merupakan idaman bagi kebanyakan orang ialah memiliki berat badan ideal. Bukan hanya untuk penampilan, kesehatan juga menjadi alasan. Berat badan yang berlebih ataupun terlalu ringan dapat memicu risiko penyakit, mulai dari yang ringan hingga berat.

Untuk mengetahui ukuran berat badan yang ideal, perlu dilakukan pengukuran. Saat ini, mengukur berat badan ideal juga bisa melalui aplikasi pengukur berat badan ideal. Berikut ini 9 rekomendasi aplikasi pengukur berat badan ideal yang bisa diunduh secara gratis di Android, bisa juga dijadikan bantuan untuk mencapai berat badan ideal:

1. BMI Calculator

Aplikasi yang tersedia gratis di Play Store ini menyediakan rumus untuk mengukur berat badan yang ideal. Selain itu, BMI Calculator juga memberi rekomendasi berat badan ideal sesuai informasi tinggi badan dan usia penggunanya. Aplikasi ini diklaim menggunakan formula perhitungan BMI dengan standar WHO (World Health Organization), sebuah Badan PBB di bidang kesehatan. Aplikasi dapat diunduh disini.

Aplikasi Android BMI Calculator

2. Berat Badan Ideal

Aplikasi pengukur berat badan ideal yang satu ini dapat membantu mengetahui indeks massa tubuh (IMT) pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan berbagai tips diet yang bisa dilakukan pengguna untuk mencapai berat badan yang ideal, lengkap dengan notifikasi pengingat untuk melakukan diet. 

3. Ideal Weight

Aplikasi ini memberi informasi status berat badan pengguna saat ini, apakah itu berat badan ideal atau tidak berdasarkan perhitungan IMT. Status yang dimaksud ialah langsing, normal, kelebihan berat badan atau obesitas. Ideal Weight juga akan merekomendasikan berat badan yang ideal.

4. Monitor Your Weight

Aplikasi yang berguna untuk mengetahui berat badan ideal selanjutnya ialah Monitor Your Weight. Lewat aplikasi ini, pengguna dapat memonitor berat badannya, serta akan menerima saran berat badan yang ideal. Aplikasi ini juga menyediakan fitur menarik lainnya yang dapat digunakan.

5. Lose It!

Lose It! menawarkan fitur-fitur yang menarik dan layak untuk dicoba. Tak hanya untuk mengukur berat badan ideal, Lose It! juga akan memberikan gambaran mengenai kalori dari makanan yang disantap pengguna tiap harinya. Cocok bagi pengguna yang tengah menjalankan program diet.

6. Weight Loss Tracker

Weight Loss Tracker akan memberikan angka yang akurat mengenai perkiraan berat badan saat ini dan akan merekomendasikan ukuran berat badan yang ideal bagi penggunanya. Disamping itu, aplikasi ini juga berguna untuk mengevaluasi hasil diet yang tengah dijalankan oleh pengguna. Aplikasi ini dapat diunduh disini.

Aplikasi Android Berat Badan Ideal

7. Weight Tracker & BMI Calculator

Tak hanya menjadi aplikasi pengukur berat badan ideal, Weight Tracker & BMI Calculator juga membantu mengontrol berat badan dan IMT yang dibuat sebagai target. Melalui aplikasi ini, pengguna juga bisa melacak perubahan berat badan setiap harinya dengan fitur yang disediakan.

8. SparkPeople

Layaknya buku harian, SparkPeople mencatat semua aktivitas harian tubuh, mulai dari makanan yang dikonsumsi, olahraga yang dilakukan, serta informasi berat badan pengguna. SparkPeople juga menyajikan informasi mengenai nutrisi makanan, yang dapat diperiksa dengan cara memindai barcode di kemasan makanan tersebut.

9. FatSecret

FatSecret adalah aplikasi yang dapat mengukur berat badan, aktivitas fisik, tingkat beban, dan diet pengguna. Aplikasi ini juga menyediakan fitur canggih untuk memeriksa informasi nilai gizi dari makanan yang dikonsumsi, dilengkapi pula dengan alat scan barcode kemasan makanan. Aplikasi FatSecret dapat diunduh disini

Aplikasi FatSecret Penghitung Kalori

Itulah 9 aplikasi pengukur berat badan ideal. Aplikasi-aplikasi tersebut tersedia secara gratis di Android dan dapat digunakan untuk mencapai berat badan ideal yang diidamkan. Berat badan merupakan salah satu indikator kesehatan, jadi tidak ada salahnya memulai hidup sehat dengan bantuan aplikasi di atas.