5 Cara Cek Touch Screen Xiaomi Paling Mudah melalui Aplikasi!

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Xiaomi adalah salah satu brand HP paling populer di seluruh dunia. Selain terkenal akan harganya yang terjangkau, fitur yang terdapat dalam sistem mutakhirnya dinilai menunjang banyak aktivitas. Cara cek touch screen Xiaomi penting untuk dipahami agar pengguna tahu cara mengoptimalkan perangkat.

Sebelum memutuskan untuk membeli produk HP baik Xiaomi maupun brand lain, lebih baik apabila pengguna menguji terlebih dahulu fitur touch screen yang ada. Pengujian ini bukan hanya semata-mata untuk memastikan berfungsinya layar, melainkan juga melihat sejauh mana tingkat sensitivitas layar.

Kenali Teknologi Touch Screen pada Xiaomi

Fitur layar sentuh atau touchscreen seharusnya sudah tidak asing di benak pengguna HP baik Android maupun iPhone. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan HP dengan menyentuh layar saja. Namun, pengguna harus mengetahui bahwa sensitivitas layar adalah hal yang perlu diperhatikan.

Bagi HP seperti Xiaomi, serangkaian tes untuk menguji touch screen penting dilangsungkan pengguna sebelum memutuskan untuk membeli. Langkah ini berguna untuk memastikan agar layar sentuh benar-benar berfungsi secara optimal. Apabila layar sentuh telah merespons dengan baik, aplikasi juga akan berfungsi semestinya.

Maka dari itu, perhatikan baik-baik respons dan tingkat sensitivitas layar melalui serangkaian tes touch screen seperti di bawah ini. Hal ini akan sangat membantu pengguna untuk memindai kemungkinan kerusakan pada layar hingga cara untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Cara Cek Touch Screen pada Xiaomi melalui Aplikasi

Layar pada Xiaomi memiliki peran vital untuk mendukung seluruh kinerja perangkat dan kepuasan pengguna. Oleh karena itu, penting untuk terus menjaga agar layar tetap dapat berfungsi sehingga aktivitas touch screen maksimal. Berikut cara cek touch screen Xiaomi melalui aplikasi:

1. Menggunakan Aplikasi Screen Test Pro

Aplikasi ini dapat mendeteksi layar Xiaomi pengguna lengkap dengan detail informasi seperti resolusi, kerapatan layar, hingga piksel. Selain itu, Screen Test Pro ini juga dapat menguji rendering warna layar dan piksel yang mati.

2. Memakai Aplikasi Fix Dead Pixels

FDP memungkinkan pengguna untuk mengembalikan layar Xiaomi yang rentan terkena dead pixel. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memperbaiki piksel layar yang mati baik dengan metode manual maupun otomatis dari aplikasi. Pengguna hanya perlu memilih ”Auto” atau “Manual”.

3. Memanfaatkan Aplikasi MultiTouch Test.

Melalui aplikasi ini, pengguna hanya perlu menekan lingkaran yang ada di layar secara serentak. Hal ini penting untuk menguji tingkat sensitivitas layar Xiaomi pengguna. Selain uji layar, pengguna juga dapat mengetes warna layar untuk memantau kerusakan layar.

4. Menggunakan Aplikasi Touchscreen Test

Adapun penggunaannya adalah melalui sentuhan pada tiga gambar lingkaran yang ada pada saat aplikasi terbuka. Nantinya, pengguna dapat melihat sejauh mana respons layar ketika tersentuh oleh layar. Selain user interface-nya yang ramah, aplikasi ini juga memiliki akurasi tinggi.

5. Menggunakan Display Tester

Hanya dengan menekan “Start Test” pada layar, Display Tester dapat mendeteksi layar pada Xiaomi yang bermasalah. Masalah yang dapat ditangani mulai dari layar warna yang meredup hingga LCD yang tidak berfungsi. Lebih jauh lagi, aplikasi ini menawarkan penyelesaian layar gelap atau burn-in.

Demikian cara cek touch screen Xiaomi yang dapat diterapkan oleh pengguna melalui aplikasi-aplikasi di atas. Selain memastikan bahwa tidak terdapat masalah untuk keterbacaan hal-hal penting dalam layar, pengguna juga perlu untuk secara rutin memastikan layar sentuh berfungsi sesuai dengan setelan.