Inilah Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi yang Rusak Beserta Ciri-Ciri Kerusakannya

Last Updated on Juni 7, 2023 by TeknoFusion

Touchscreen pada HP merupakan sebuah komponen utama yang mempengaruhi performa ponsel. Pengguna harus memastikan bahwa touchscreen ponsel yang dipakai masih bisa digunakan dan tidak rusak. Cara mengecek touchscreen Xiaomi yang rusak bisa dilakukan dengan mudah jika mengetahui ciri-ciri kerusakannya.

Kerusakan pada touchscreen Xiaomi biasanya disebabkan oleh banyak hal. Penyebab kerusakan tersebut bisa diketahui melalui beragam cara. Dengan mengecek kerusakan pada touchscreen, maka akan meminimalisir biaya servis pada ponsel jika kerusakan yang terjadi masih bisa diperbaiki sendiri. Berikut ulasannya:

Cara Cek Touchscreen Xiaomi yang Rusak

Pengguna ponsel merk Xiaomi perlu untuk mengetahui cara mengecek touchscreen Xiaomi yang rusak. Cara ini perlu diketahui untuk mengantisipasi kerusakan. Hal tersebut diperlukan agar bisa mengetahui apakah kerusakannya masih bisa diperbaiki atau tidak. Simak ulasan di bawah ini:

1. Cek Melalui Aplikasi

Aplikasi yang bertajuk Touchscreen Test di Play Store dapat melakukan pengecekan pada touchscreen Xiaomi. Pengguna perlu untuk mengunduhnya terlebih dahulu, kemudian silahkan mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Touchscreen Test yang telah diunduh.
  • Klik tulisan start test yang terdapat pada halaman awal aplikasi.
  • Titik-titik berwarna abu-abu muncul di layar, sentuh titik-titik tersebut.
  • Perhatikan warna pada layar, apabila berwarna hijau tandanya touchscreen masih berfungsi dengan baik.

2. Cek Melalui FQC Test

Xiaomi menyediakan fitur FQC Test, dimana fitur tersebut dapat mengecek ada tidaknya kerusakan yang terjadi pada komponen ponsel, seperti touchscreen, SIM card, LCD, dan lain sebagainya. Untuk mengaksesnya, pengguna perlu memasukkan kode *#*#64663#*#*. Perhatikan baik-baik tutorial di bawah ini:

  • Telepon kode rahasia Xiaomi tersebut.
  • Layar akan menampilkan halaman menu pada FQC Test.
  • Gulir sampai ke bawah, lalu klik menu Touchpanel.
  • Ikuti garis yang ditampilkan pada layar.
  • Jika hasil warnanya adalah hijau, maka touchscreen masih aman dari kerusakan.

3. Cek Melalui Touchscreen Secara Manual

Cara yang berikutnya adalah dengan mengecek kerusakan pada touchscreen secara manual. Pengoperasian cara ini bisa dicoba dengan mencoba menggunakan touchscreen. Pengguna akan dapat menemukan salah satu kerusakan pada touchscreen. Cara ini lumayan memakan banyak waktu, namun patut untuk dicoba sendiri.

4. Cek ke Servis Ponsel Terdekat

Jika pelbagai cara di atas masih belum bisa menemukan kerusakannya, maka langkah terakhir adalah dengan membawa ponsel ke servis terdekat agar bisa segera diperbaiki kerusakan pada touchscreen ponsel. Biasanya proses perbaikan membutuhkan waktu berhari-hari sampai touchscreen sudah lancar kembali.

Ciri-Ciri Kerusakan Pada Touchscreen

Sebelum touchscreen pada ponsel rusak, tentunya terdapat ciri-ciri yang mengawali kerusakan. Pengguna perlu mengetahui ciri-ciri kerusakan yang terdapat pada touchscreen agar bisa mengantisipasi kerusakan yang akan terjadi di masa mendatang. Berikut ulasan mengenai ciri-cirinya:

1. Touchscreen Retak

Apabila ponsel tak sengaja terjatuh dan menjadi retak, maka biasanya hal tersebut merembet pada touchscreen ponsel. Jika retaknya parah, maka diperlukan perbaikan hingga penggantian touchscreen yang baru atau diganti LCD-nya.

2. Touchscreen Tidak Bisa Disentuh

Kerusakan pada touchscreen yang sering dijumpai pada pengguna ponsel Xiaomi adalah touchscreen tidak bisa disentuh. Jika layar pada ponsel tidak menunjukkan tanda-tanda yang signifikan, maka harus dibawa ke servis HP. Hal tersebut menandakan bahwa LCD ponsel harus diganti.


Demikian cara mengecek touchscreen Xiaomi yang rusak beserta ciri-ciri kerusakannya yang perlu diketahui oleh pengguna Xiaomi. Dengan mengetahui beragam cara untuk mengecek touchscreen, dan juga ciri-ciri kerusakan maka akan dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada touchscreen Xiaomi. Semoga bermanfaat.