Rekomendasi 6 Aplikasi Mencari Kucing Hilang Agar si Meow Bisa Ditemukan

Last Updated on November 28, 2022 by tony

Sebagai binatang, kucing peliharaan terkadang bisa tersesat dan tidak dapat pulang ke rumah. Para pemilik kucing di luar sana mungkin sering mengalami situasi menyedihkan dan membingungkan tersebut. Untungnya kini ada aplikasi mencari kucing hilang yang bisa sangat membantu.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin mumpuni, pencarian kucing hilang tidak lagi terbatas pada selebaran dan forum-forum sosial media. Maka dari itu, pilihan aplikasi di bawah ini bisa mulai diinstal, khususnya bagi pecinta binatang:

1. Pawscout Pet Finder

Aplikasi Pawscout Pet Finder merupakan bentuk baru pencarian kucing online yang sebelumnya kerap dilakukan melalui sosial media. Pengguna aplikasi ini adalah orang-orang yang tergabung dalam komunitas pecinta binatang. Cara kerja utamanya dengan sistem saling bantu jika ada pelaporan kucing hilang.

Pengguna yang kehilangan kucingnya dapat memberi gambaran detail terkait ciri fisik dan lokasi terakhir keberadaannya. Kemudian para anggota pencari akan membantu melacak lokasi tersebut dan jika sudah ketemu, hasilnya dilaporkan kembali melalui aplikasi.

Aplikasi Mencari Kucing Hilang: Pawscout Pet Finder

2. ASPCA

Serupa dengan aplikasi sebelumnya, ASPCA juga merupakan bentuk modern dari komunitas pecinta binatang yang saling bantu menemukan hewan hilang. Tidak hanya kucing, aplikasi ASPCA mencakup binatang-binatang lain seperti anjing, kuda, hingga burung. Pengguna tinggal mengunggah saja poster pengumuman hewan hilang ke dalam aplikasi ini.

3. GPCats

GPCats merupakan nama pendek dari GPS Tracking for Cats, yaitu sebuah aplikasi pencari kucing hilang yang memanfaatkan perangkat GPS. Aplikasi ini bekerja dengan cara melacak kucing yang hilang dari lokasi terakhirnya, dan akan mengirimkan waktu pelacakan secara real time.

Namun, sebelum dapat memanfaatkan fitur tersebut, pengguna perlu mendaftarkan diri dan memasukkan data-data kucing peliharaannya. Waktu yang dibutuhkan untuk semua proses itu hingga kucing akhirnya ditemukan bisa agak lama.

4. Nextdoor Pet Directory

Khusus iOS, aplikasi mencari kucing hilang yang bisa dipasang adalah Nextdoor Pet Directory. Aplikasi ini mengusung konsep tolong menolong antar tetangga, makanya disisipkan kata Nextdoor dalam namanya.

Kelemahan aplikasi ini adalah bahwa sang pengguna harus memastikan para tetangga sudah menginstalnya juga. Karena jika hanya memakainya sendirian dan mengunggah data kucing yang hilang, tidak akan ada kepastian siapa yang dapat membantu.

5. Findster

Aplikasi Findser ini memanfaatkan fitur GPS juga dalam pelacakan kucing yang hilang. Masih dengan cara kerja yang sama, yaitu pengguna perlu memasukkan data-data lengkap kucing mulai dari foto, identifikasi tubuh, hingga lokasi terakhir yang diketahui.

Pengembang aplikasi Findster membuat dua aplikasi serupa, yang mana satu dibuat khusus kucing dan satunya lagi untuk hewan peliharaan secara umum. Jika ingin mencari kucing yang hilang, maka jangan sampai salah pilih dan baca baik-baik deskripsinya terlebih dahulu.

6. Missing Pets

Terakhir, adalah aplikasi Missing Pets yang dibuat khusus untuk membantu orang menemukan hewan peliharaannya yang hilang, termasuk kucing. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan setelah mendaftar, pengguna dapat langsung mengunggah informasi seputar kucingnya yang hilang.

Nantinya, kucing yang sudah ditemukan akan diunggah juga informasinya di dalam aplikasi dan pertemuan dapat diatur untuk pengembalian. Menariknya dengan aplikasi ini, para pecinta kucing jadi bisa sekaligus menambah kenalan.


Demikianlah daftar aplikasi mencari kucing hilang yang direkomendasikan dan telah banyak dipakai oleh para pecinta binatang. Dengan memanfaatkan salah satu dari keenam pilihan di atas, mencari kucing yang hilang tidak perlu lagi harus menempel poster di sana-sini.

Artikel Terkait