Cara Sembunyikan Status Online di Aplikasi WhatsApp Walau Sedang Aktif

Fitur Baru WhatsApp Meningkatkan Privasi Pengguna

Last Updated on August 10, 2022 by Redaksi TeknoFusion

TeknoFusion – WhatsApp bakal merilis fitur baru yaitu menyembunyikan status “Online” meski pengguna sedang aktif. Hebatnya, fitur baru ini memungkinkan pengguna dapat memilih kepada siapa status online ini ditampilkan.

Dengan adanya fitur “privasi” ini, pengguna merasa nyaman jika harus menunda membaca atau menjawab pesan yang masuk ke WA walaupun sedang aktif menggunakannya.

Dari kanal resmi media sosialnya, WhatsApp menulis: Akan dirilis segera sebuah fitur baru, dimana Anda dapat memilih siapa-siapa saja yang dapat melihat status “Online” Anda.

Rencananya, pilihan menampilkan atau menyembunyikan status online ini akan ditempatkan di menu baru “Privasi”.

Cara mengaksesnya, pengguna tinggal buka:
Settings (Pengaturan) >> Account (Akun) >> Privacy (Privasi) >> pilih “last seen & online” (terakhir terlihat online).

Di halaman pengaturan “last seen & online”, ada sub menu berikutnya: “who can see my last seen” (siapa yang dapat melihat status “Online” terakhir saya) dan “who can see when I’m online” (siapa yang dapat melihat ketika saya online), seperti gambar terlampir.

Whatsapp online presence

 

Pengguna dapat memilih siapa saja yang dapat melihat status online akun WhatsApp-nya di pop-up sub-menu “who can see when I’m online”.

Ada 2 pilihan tersedia: Pertama, “Everyone” artinya semua pengguna WhatsApp bisa melihat status “Online”, baik pengguna yang sudah tersimpan di kontak ataupun pengguna yang baru berinteraksi (nomor WA yang belum disimpan di kontak).

Pilihan kedua adalah “same as last seen” yaitu pengaturan dengan pilihan “who can see my last seen” yang sama dengan sebelumnya.

Berikutnya di sub-menu “who can see my last seen”, pengguna dapat mengontrol informasi kapan terakhir kali dia online (last seen) dengan empat pilihan pengaturan, sebagai berikut:

  1. “Everyone” yang artinya semua pengguna dapat melihat waktu terakhir aktif
  2. “My Contacts” yang artinya hanya pengguna yang nomer WA-nya sudah disimpan di kontak yang dapat melihat “last seen” pengguna
  3. “My Contacts Except …” memberi pengguna pilihan untuk mengecualikan beberapa nomor kontak tertentu saja yang tidak dapat melihat “last seen”.
  4. “Nobody” yang artinya tidak ada seorang pengguna pun yang dapat melihat kapan terakhir pengguna aktif di WhatsApp. Artinya benar-benar total status “Online” pengguna tidak ditampilkan.

Yang perlu diketahui pengguna yang akan menerapkan setelah Provasi ini adalah bahwa pilihan untuk menampilkan atau menyembunyikan status online ini berlaku timbal balik. Jika seorang pengguna menyembunyikan status online akunnya, maka pengguna tersebut tidak dapat melihat status online akun milik pengguna lainnya.[Redaksi TeknoFusion]

Cek Update Berita dan Artikel menarik lainnya di Google News

By Redaksi TeknoFusion

Artikel Terkait