Aplikasi Pengukur Luas Tanah yang Sangat Mudah Digunakan

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Kini zaman menjadi serba canggih dengan adanya ponsel pintar dan aplikasi yang mendukung setiap aktivitas manusia. Tak hanya berkomunikasi, aplikasi juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain, seperti aplikasi pengukur luas tanah.

Dengan adanya aplikasi tersebut, pengguna bisa mengukur tanah lebih mudah. Tak membutuhkan alat bantu pengukur atau meteran tanah, kini mengukur tanah bisa dilakukan dengan ponsel yang dimiliki.

Selain tanpa meteran, mengukur tanah juga bisa dilakukan satu orang saja, tidak membutuhkan beberapa orang dan bisa dilakukan dengan cepat. Tanpa berlama lagi, berikut aplikasi pengukur yang bisa digunakan:

1. Google Maps

Selalu dikenal sebagai peta untuk menunjukkan arah sebuah tujuan, Google Maps bisa dimanfaatkan untuk mengukur luas tanah. Meski tak bisa memberikan hasil perhitungan yang akurat, Google Maps dapat digunakan untuk mengetahui perkiraan luas tanah.

Pengguna juga bisa memilih model peta yang sesuai dengan kebutuhan. Bisa dikatakan jika hasil pengukuran asli dengan Google Maps biasanya memang memiliki angka yang tak jauh berbeda.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa memperbesar lokasi tanah yang luasnya akan dihitung. Setelah itu tentukan titik pusatnya sehingga jarak atau luas dapat dihitung dengan mudah.

2. Land Area Measure

Aplikasi pengukur luas tanah yang selanjutnya adalah Land Area Measure yang sudah digunakan oleh banyak orang. Tak hanya mengukur luas tanah, Land Area Measure juga bisa digunakan untuk menghitung jarak secara gratis.

Land Area Measure menawarkan beberapa fitur, salah satunya adalah mengubah konversi satuan, seperti yard persegi menjadi mil persegi. Selain itu bisa juga melakukan konversi kilometer persegi menjadi meter persegi atau satuan yang lain.

3. GPS Field Area Measure

Menawarkan beragam fitur, GPS Field Area menjanjikan kemudahan kepada penggunanya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Global Apps Technology ini memiliki beberapa fitur yaitu Area Calculator for Land dan GPS Land Mapping App.

Selain itu ada juga Map Field Measurement, Measure Square Foot Area, dan lainnya. Jika ingin menggunakan aplikasi ini dan mendapatkan hasil perhitungan yang akurat, pilih fitur Area Distance Converter Compass.

Aplikasi tersebut akan menghitung luas tanah dengan cara menentukan titik-titik wilayah yang akan dihitung. Setelah itu akan muncul perhitungan luas wilayah yang akurat.

4. GPS Area Calculator

Aplikasi pengukur luas tanah yang berikutnya adalah GPS Area Calculator. Menawarkan data lengkap, GPS Area Calculator memberikan hasil perhitungan yang cukup akurat jika dibandingkan dengan aplikasi lain.

Terdapat beberapa fitur yang disediakan oleh pengembang, salah satunya adalah bermacam-macam alat pengukur. GPS Area Calculator menggunakan teknologi GPS, sehingga tak heran jika pengukuran bisa dilakukan dengan mudah dan tepat.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki beberapa jenis tampilan suatu wilayah yang diinginkan. Layaknya GPS, tampilan tersebut bisa berupa peta, penampakan dari satelit, medan, atau lainnya.

5. Area Calculator

Diminati banyak orang, aplikasi Area Calculator yang dikembangkan oleh Tekstill ini mendapatkan penilaian yang baik dari penggunanya. Aplikasi ini disebut-sebut memiliki keakuratan yang tinggi dan memiliki selisih yang sedikit dengan hasil perhitungan sebenarnya.

Dengan adanya selisih angka yang dihasilkan, tidak ada salahnya jika pengguna melakukan pengukuran secara luas untuk memastikan hasil dari aplikasi. Pengukuran manual tersebut dapat memberikan hasil secara jelas dan bisa dibandingkan dengan aplikasi.

Itulah beberapa aplikasi pengukur luas tanah yang bisa dilakukan dengan cepat. Aplikasi-aplikasi yang disebutkan dapat digunakan secara cuma-cuma dan pastikan memiliki sinyal internet stabil jika ingin download dan instal.