Rekomendasi Aplikasi Kamera Monitor Bayi Untuk HP Android Terbaru dan Terbaik

Teknologi Android berkembang sangat cepat. Berkembangnya teknologi yang semakin canggih ini tentu saja membawa banyak kemudahan dalam aspek kehidupan. Contohnya bagi keluarga muda yang baru saja memiliki bayi. Kehadiran teknologi membuat kegiatan mengawasi bayi bisa dilakukan melalui aplikasi kamera monitor bayi untuk HP Android.

Alat monitor bayi banyak tersedia di toko perlengkapan bayi. Namun tentu saja harganya cukup mahal. Jika kamu bisa menggunakan HP Android sebagai alat monitor sekaligus kamera untuk mengawasi kegiatan bayi, untuk apa membeli perangkat monitor yang mahal?. Selain bisa lebih hemat biaya, HP Android kamu pun bisa lebih banyak manfaatnya kan?.

Baby monitor memang sangat dibutuhkan oleh pasangan muda yang baru saja memiliki bayi. Dengan adanya baby monitor orang tua dapat tidur lebih nyenyak karena tidak perlu selalu terjaga untuk mengawasi bayi mereka. Di bawah ini ada beberapa aplikasi kamera monitor bayi untuk HP Android yang bisa kamu coba di rumah. Walaupun kualitasnya tidak sebaik monitor pada baby camera, namun setidaknya bisa digunakan untuk mengawasi bayi.

1. Aplikasi Baby Monitor

Jika kamu termasuk orang tua yang ingin memisahkan kamar tidur bayi dengan orang tua, maka penggunaan baby monitor memang sangat dibutuhkan. Dengan alat monitor bayi ini kamu dapat mengawasi pergerakan bayi di kamarnya. Aplikasi Baby Monitor ini dapat dijadikan pengganti alat monitor bayi dan bisa dipasang di HP Android kamu.

Kamu cukup meletakkan HP dengan aplikasi yang sudah diaktifkan di kamar bayi. Jika bayi menangis maka kamu akan segera diberi peringatan melalui panggilan telepon. Kamu juga bisa melakukan beberapa penyesuaian tingkat sensor. Contohnya alarm hanya akan berbunyi jika bayi menangis cukup keras dan sebagainya. Jika bayi hanya mengigau dengan suara kecil atau hanya bergerak-gerak maka alarm tidak akan berbunyi. Kamu juga bisa mengarahkan kamera HP ke arah box bayi sehingga bisa segera diketahui saat bayi menangis.

2. Aplikasi Ahgoo Baby Monitor

Aplikasi ini sangat berguna dan cocok untuk dipakai mengawasi kegiatan bayi. Selain itu, kamu juga bis alho berbincang dengan bayi menggunakan aplikasi ini. Ahgoo Baby Monitor dapat digunakan untuk menghubungkan dua perangkat sekaligus. Bahkan bisa menghubungkan dua perangkat dengan sistem operasional yang berbeda, contohnya iOS dengan Android.

Jika kamu menggunakan HP iPhone model lama dan Android sekaligus secara bersamaan, maka kamu bisa menggunakan HP iPhone lama sebagai baby cam di kamar bayi. Sementara alat pengontrolnya berada di HP Android yang kamu pegang. Cara menghubungkan dua OS berbeda ini sangat mudah. Langkah pertama kamu harus menggunakan aplikasi Ahgoo Baby Monitor ini untuk menghubungkan kedua perangkat. Caranya adalah dengan melakukan scan QR Code di perangkat tersebut, dan kedua perangkat ini pun akan saling terhubung.

Selain digunakan untuk mengawasi bayi, kamu juga bisa memutarkan lagu pengantar tidur. Pilih lagu apa yang akan diputar melalui HP Android yang kamu pegang. HP yang berfungsi sebagai monitor di kamar bayi akan memutarkan lagu pengantar tidur atau bahkan dongeng agar bayi segera tidur dengan nyenyak.

3. Aplikasi BabyCam

Aplikasi kamera monitor bayi untuk HP Android berikutnya adalah BabyCam. Sebagai monitor bayi, aplikasi ini tidak sekedar memberi peringatan melalui alarm saja apabila bayi menangis. Namun aplikasi ini juga memberikan gambar kamera dengan kualitas audio dan video yang sangat baik. dengan fitur ini tentu saja kamu lebih mudah mengawasi kegiatan bayi di kamarnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat menyambungkan dua buah perangkat walaupun berbeda OS sekalipun. Hebatnya lagi, kamu masih bisa memantau kegiatan bayi walaupun sedang berada di luar rumah. Hal ini bisa dilakukan selama HP tersambung secara aktif ke saluran internet. Dengan begitu, kamu tetap dapat tersambung dengan HP monitor yang diletakkan di kamar bayi.

4. Feed Baby – Tracker & Monitor

Aplikasi Android Feed Baby - Baby Tracker

Aplikasi ini sangat tepat digunakan bagi ibu muda yang sering membuat jadwal untuk menyusui dan memberikan makanan untuk bayinya. Selain sebagai alat monitor bayi, aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai pengingat beberapa jadwal seperti saatnya memberi ASI, mengganti popok, menidurkan bayi, memandikan dan sebagainya. Tersedia juga fitur untuk merekam kegiatan yang dapat dipantau secara berkala. Menarik sekali bukan?.

Kamu bisa menikmati fitur dalam aplikasi ini secara gratis. Namun jika ingin menikmati fitur lain yang lebih lengkap tentu saja kamu harus melakukan up grade dengan membayar biaya yang sudah ditentukan. Dalam versi pro ini kamu akan menemukan aneka fitur yang tidak dapat kamu temukan dalam versi gratis.

5. Aplikasi Baby Care Plus

Hampir sama seperti aplikasi Feed Baby, alat untuk mengawasi bayi yang diberi nama Baby Care Plus ini juga menawarkan aneka fitur untuk membuat agenda kegiatan si kecil. Kamu bisa membuatkan jadwal tidur, minum susu, makan, mandi hingga berjalan-jalan melalui aplikasi ini. Hal ini tentu sangat membantu bagi orangtua yang sibuk bekerja agar tidak melupakan rutinitas pengasuhan bayi.

Melalui aplikasi ini kamu dapat merekam laporan kegiatan bayi secara berkala baik harian, mingguan ataupun bulanan. Dari laporan ini kamu dapat memantau perkembangan kesehatan bayi. Aplikasi ini tersedia secara gratis dengan fitur standar. Jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap maka silahkan melakukan upgrade dengan membayar sejumlah biaya.

6. Wifi Baby Monitor

Aplikasi Android Monitor Bayi WiFi Baby Monitor

Dengan Wifi Baby Monitor, aplikasi kamera monitor bayi untuk HP Android yang direkomendasikan selanjutnya, kamu dapat memanfaatkan HP Android sebagai perangkat CCTV untuk memantau kegiatan bayi di kamarnya. Cara menggunakan aplikasi inipun sangat mudah. Kamu tinggal menyiapkan dua buah perangkat HP yang akan digunakan sebagai kamera pengawas dan pengendali.

Hubungkan kedua perangkat melalui koneksi internet yang stabil. Disarankan untuk tidak menggunakan Wifi dari hotspot HP melainkan gunakan home Wifi agar jaringannya kuat. Letakkan HP yang akan digunakan sebagai monitor di kamar bayi dan kamu bisa mengawasi kegiatan bayi di sana melalui HP yang kamu pegang.

Selain sebagai alarm jika bayi menangis, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengatur aneka fitur seperti zoom in atau zoom out, pengaturan cahaya bahkan bisa digunakan untuk merekam semua kegiatan yang berlangsung di kamar bayi melalui alat perekam layar di HP Android.

7. Aplikasi Dormi

Aplikasi Android Monitor Bayi Dormi - Baby Monitor

Selanjutnya ada aplikasi kamera monitor bayi untuk HP Android yang telah di unduh oleh sekitar 1 juta pengguna dan mendapat rating bintang 4.3 di Play Store. Aplikasi tersebut adalah Dormi. Kamu akan diberi tahu jika bayi menangis karena aplikasi ini dilengkapi dengan sensor alarm.  Selain itu kamu juga dapat mengetahui kegiatan bayi lainnya melalui beberapa fitur yang sudah ditanam di dalam aplikasi.


Mengawasi bayi memang membutuhkan perhatian ekstra. Untuk memudahkan orangtua dalam mengawasi bayi mereka, menggunakan monitor bayi memang sangat tepat terutama jika bayi ditempatkan di kamar yang berbeda. Demikian ulasan kali ini tentang aplikasi kamera monitor bayi untuk HP Android yang bisa kalian coba di rumah. Tanpa harus membeli peralatan monitor yang mahal dan hanya digunakan sementara saja, kini orangtua dapat mengawasi bayi mereka dari luar hanya berbekal HP Android saja. Semoga informasi ini berguna buat kalian ya!

By evansjf

Artikel Terkait