Cara Kreatif Memanfaatkan HP Android Lama Agar Berguna Kembali

Last Updated on June 25, 2022 by tony

Setiap hari kita beraktifitas dengan “superkomputer” di genggaman tangan kita. Perangkat HP ini luar biasa kepintarannya, tidak salah sering disebut sebagai Smartphone atau Ponsel Pintar. Dengan aplikasi Android yang sesuai diunduh dari Google Play Store, kita dapat memeriksa kemacetan jalanan ibukota, memeriksa cuaca hari ini atau besok, mencari berbagai informasi di internet, saat santai dapat digunakan untuk bermain game, juga menonton video dan film di YouTube atau platform video lainnya, mengambil foto produk untuk toko online kita dan menyimpan foto momen-momen liburan kita, serta bermanfaat membantu mengerjakan tugas-tugas kita.

Smartphone atau ponsel cerdas ini memang hebat dan terus dikembangkan, dengan versi baru yang lebih bagus kinerjanya, lebih bertenaga, lebih pintar dan lebih keren disainnya, yang terus diproduksi dan ditawarkan ke kita.

Teknologi seluler berubah dengan cepat dan para operator seperti Telkomsel, XL, Indosat selalu berlomba-lomba mengadopsi teknologi terbaru. Perusahaan seluler secara teratur memperkenalkan standar baru: generasi pertama standar “G” diperkenalkan tahun 1981. Kemudian 2G pada 1991, 3G pada 2001, 4G pada 2009 dan 5G 2018. Kode “G” berasal dari “Generasi”. Artinya 5G adalah standar seluler generasi kelima.

Standar 5G ini menawarkan berbagai peningkatan, lebih cepat dan memberikan sinyal yang lebih kuat. Begitulah kita beralih dari penjelajahan internet yang lambat di ponsel lama ke streaming video resolusi tinggi di ponsel cerdas modern.

Sebagian besar dari kita mungkin dapat menggunakan ponsel pintar yang sama selama bertahun-tahun, tetapi ponsel selalu mengalami penyegaran dan peningkatan kinerjanya, yang ini berarti kita selalu tergoda untuk membeli ponsel model baru yang lebih baik dan membuang ponsel lama kita. Meskipun kita dapat menghemat rupiah dengan tukar-tambah ponsel lama dengan model baru, ada kalanya memanfaatkan ponsel lama kita untuk memudahkan pekerjaan kita menjadi hal yang lebih menarik, menantang dan ekonomis.

Nah, daripada membiarkan ponsel lama kita dihargai murah, pertimbangkan untuk memanfaatkannya kembali! Jika memiliki koneksi Wi-Fi di rumah, ponsel lama ini malah bisa menjadi alat yang berguna untuk rumah kita. Kamu hanya perlu menemukan aplikasi yang tepat untuk menemukan kegunaan baru dan memanfaatkan kembali ponsel lama kamu. Berikut adalah beberapa aplikasi keren yang dapat kamu lakukan dengan ponsel lama kamu.

Aplikasi CCTV Kamera Keamanan

Aplikasi Android CCTV Connect

Gunakan ponsel Android lama kamu untuk CCTV Kamera Keamanan. Jika kamu memiliki ponsel lama yang tidak lagi digunakan, kamu dapat mengubahnya menjadi kamera keamanan di kantor, toko, rumah atau kamar kost. Dalam waktu kurang dari 5 menit, kamu dapat menginstal aplikasi keamanan seperti IP Webcam untuk Android gratis atau Alfred dan segera mulai streaming video langsung dari ponsel cerdas kamu, lalu pasang ponsel lama di tempat yang kamu perlukan.

Kamu dapat menggunakan sesuatu yang sederhana sebagai dudukan seperti holder HP untuk mobil dengan karet penghisapnya, tripod mini atau bahkan tongkat selfie, tergantung kreatifitas kita dan kebutuhan penempatannya.

Tayangan video keamanan dapat dilihat dari browser di laptop/komputer kamu atau pemutar video melalui jaringan WiFi, atau dimungkinkan untuk melihat tayangan dimana saja melalui koneksi internet melalui ponsel kita.

Baca langkah-langkah detil dan mudah membuat Kamera Keamanan CCTV dari HP Android (HP Baru dan Lama) di Cara Membuat CCTV Dari Kamera HP Android Baru dan Bekas

Aplikasi CCTV untuk Monitor Bayi dan Aktifitas Anak-Anak

Aplikasi Android Camy Baby MonitorKamera monitor bayi sangat ideal untuk orang tua yang sedang hamil atau baru saja memiliki bayi. Sayangnya kamera ini tidak murah, dengan harga sampai jutaan tergantung kualitas dan fiturnya. Dengan ponsel Android lama dan sedikit usaha, kamu akan memiliki kamera monitor bayi yang tidak kalah bagusnya dengan kamera bayi versi komersial.

Instal aplikasi monitor bayi dari Google Play Store seperti Camy Baby Monitor dan sekarang ponsel lama kamu sudah menjelma menjadi kamera monitor bayi. Tentu kamera monitor ini bisa juga digunakan untuk mengawasi aktifitas anak-anak di rumah.

Untuk menggunakan ponsel lama kamu sebagai monitor bayi, atur beberapa meter dari tempat tidur bayi dan unduh aplikasi seperti Dormi untuk Android (unduh Cloud Baby Monitor untuk iPhone). Kedua aplikasi menghubungkan ponsel lama dan baru kamu sehingga kamu dan keluarga lainnya dapat mengawasi dan mendengarkan bayi dari mana saja. Tersedia fitur peringatan ketika seorang bayi menangis.

Baca: Rekomendasi Aplikasi Kamera Monitor Bayi Untuk HP Android Terbaru dan Terbaik

Aplikasi Webcam USB dan WiFi

Jika kamu tidak memiliki webcam untuk komputer desktop, atau jika kamera laptop kamu rusak, kamu dapat menggunakan smartphone lama ini. Dengan perangkat lunak gratis seperti DroidCam dan EpocCam kamu dapat mengubah smartphone lama menjadi webcam untuk komputer kamu. Koneksi dapat menggunakan sambungan USB yang masih tersedia di komputer atau melalui koneksi nirkabel WIFi.

Baca panduan detil menyambungkan HP Android ke laptop/komputer sebagai Webcam dan daftar aplikasi pendukungnya: Aplikasi Webcam USB dan WiFi Untuk HP Android Terbaru

Kamera Video khusus 

Jika kamu banyak berkomunikasi melalui Zoom, Google Meet, FaceTime, atau platform obrolan video lainnya, ponsel lama kamu dapat berfungsi sebagai perangkat obrolan video khusus selama tersedia jaringan Wi-Fi yang baik. Gunakan tripod mini atau versi tripod meja yang bagus agar video stabil. Anak-anak tidak perlu lagi meminjam ponsel kamu untuk melakukan panggilan video ke kakek/neneknya atau teman mereka, dan ponsel cerdas kamu tetap tersedia untuk panggilan masuk dan peringatan lainnya.

Modem USB atau Hotspot Wi-Fi

Apakah kamu sering bepergian dan ingin semua perangkat (laptop, tblet, handphone) kamu memiliki akses Internet? Jika kamu memiliki kartu SIM dengan kuota data yang cukup, maka manfaatkan ponsel lama sebagai Modem USB atau hotspot Wi-Fi. Dengan modem khusus ini akan menghemat baterai ponsel utama kamu. Bagaimana caranya? Kamu dapat mengonfigurasi hotspot Wi-Fi di Pengaturan Sistem, di bagian Jaringan Wi-Fi. Jangan lupa, gunakan kata sandi yang bagus dan cukup panjang, minimal 13 karakter agar sulit ditembus.

Gunakan ponsel cerdas kamu sebagai Remote Control

Aplikasi Android Remote Control untuk Semua TVSebagian besar perangkat media dilengkapi dengan remotenya sendiri, tetapi cenderung kecil dan mudah hilang. Baik Apple TV, Boh Indihome atau TV Digital umumnya, kemungkinan kamu salah meletakkan (atau sering lupa menaruh) remotenya. Alih-alih membeli remote yang baru, gunakan ponsel kamu. Setiap layanan memiliki aplikasi selulernya sendiri; unduh ke perangkat lama kamu, sambungkan akun kamu dan kamu memiliki remote yang berfungsi lagi. Ini juga berguna untuk layanan streaming TV langsung berbasis aplikasi, seperti YouTube TV.

Jika kamu memiliki ponsel lama yang tidak perlu dibawa ke mana-mana, gunakan sebagai remote permanen dengan meletakkannya di dekat televisi di rumah.

Perangkat Game

Ada berbagai macam game seluler yang tersedia untuk ponsel Android di Goole Play Store. Yang kamu perlukan untuk mengunduh hanyalah koneksi Wi-Fi. Jika kamu memiliki ponsel lama yang tidak terpakai, jadikanlah ponsel lama tersebut menjadi perangkat game khusus sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisa memory ruang penyimpanan di ponsel yang dipakai sehari-hari.

Manfaatkan ponsel Android lama untuk Jam Alarm

Manfaatkan ponsel Android lama kamu sebagai Jam Alarm di samping tempat tidur ini cocok jika perangkat kamu tidak memiliki cukup RAM untuk dipakai bermain game. Beli dudukan ponsel sederhana atau dok speaker meja dan untuh aplikasi jam yang bagus.

Layar pintar seperti Google Nest Hub dan Echo Show 5 dapat membantu kamu mengatur waktu, tetapi tidak semua orang menginginkan mikrofon di kamar tidurnya. Alih-alih, ubah layar besar ponsel lama kamu menjadi jam alarm dengan dispaly yang besar dan terang. Unduh aplikasi jam alarm melalui Wi-Fi, letakkan ponsel kamu di dudukan, colokkan dan kamu siap. Jika kamu cenderung menekan tombol snooze di pagi hari, mudah untuk mengangkat ponsel dari dudukannya dan menyimpannya saat kamu ingin tidur lebih lama.

Jangan lupa untuk mengaktifkan mode Daydream di pengaturan tampilan; di sini kamu juga dapat mengubah ponsel kamu menjadi bingkai foto digital.

Manfaatkan sebagai Kalender Meja Digital

Android DigiCal Kalendar dan AgendaTempatkan ponsel lama kamu di meja dengan posisi horisontal/lanskap dan mulailah menggunakannya sebagai Kalender Meja digital. Aplikasi Kalender Google sendiri dapat melakukannya dengan banyak fitur yang berfokus pada produktivitas dan alarm pengingat. Jika ingin tampilan kalender yang lebih modis, unduh aplikasi Agenda Kalender DigiCal gratis yang akan memberi tampilan ponsel lama kamu menampilkan grafis yang bagus dan dapat disesuaikan sesuai selera kamu

Aplikasi DigiCal terlihat sangat elegan dalam orientasi lanskap/horisontal. DigiCal gratis dengan opsional upgrade untuk tema-tema tambahan dan opsi penyesuaian.

Jadikan sebagai Bingkai Foto Digital

Bosen dengan tampilan Kalender Digital diatas? Kangen ingin melihat foto-foto kenangan? Nah, ponsel Android lama kamu bisa digunakan sebagai Bingkai Foto Digital dengan fitur slide show yang menampilkan rangkaian foto-foto dalam slide yang berjalan otomatis.

Unduh aplikasi Google Foto jika belum ada di ponsel kamu, jalankan aplikasi, ketuk foto apa pun di perpustakaan utama atau di dalam satu album tertentu, lalu ketuk ikon menu tiga titik di kanan atas layar dan pilih “Tampilan Slide”. Aplikasi ini akan menelusuri foto kamu dan menampilkan foto-foto kenangan untuk dinikmati saat kamu bersantai.

Gunakan sebagai pemutar MP3

Jika sudah selesai menikmati slide show foto-foto kenangan, saatnya ponsel lama dipakai untuk memutar lagu-lagu MP3 favorit. File format MP3 ini adalah format dasar terpenting untuk mendapatkan musik di smartphone Android. Jika ponsel lama kamu memiliki speaker audio lumayan (atau gunakan speaker eksternal tambahan), kamu dapat menggunakannya sebagai pemutar mp3. Google Play Store menawarkan berbagai macam pemutar musik. Pastikan untuk memeriksa daftar aplikasi pemutar musik terbaik kami.

Ponsel Khusus Buku Elektronik

Saatnya kembali melakukan aktifitas produktif, seperti membaca artikel atau buku elektronik (ebook), tanpa terganggu dengan notifikasi dari WhatsApp, Facebook dan layanan lainnya. Jika kamu menyukai buku dan memiliki banyak koleksi ebook, manfaatkan ponsel lama kamu sebagai perangkat khusus untuk membaca ebook, tanpa perlu membeli pembaca ebook  khusus yang baru. Unduh aplikasi Amazon Kindle, Nook atau aplikasi pembaca ebook pilihan kamu di Google Play Store.

Penggemar komik dapat juga memanfaatkan ponsel lama dengan membeli komik digital dari Comixology, Marvel, dan DC menggunakan aplikasi masing-masing. Atau manfaatkan layanan berlangganan bulanan seperti Comixology Unlimited, Marvel Unlimited, dan DC Universe Infinite.

Pastikan untuk mematikan notifikasi dari WhatsApp, Facebook, Gmail dan aplikasi media sosial lainnya. Bahkan jika perlu, alihkan perangkat ke mode pesawat setelah Anda mengunduh konten yang diinginkan, maka kini kamu akan memiliki pembaca ebook khusus.


Rekomendasikan Tim TeknoFusion

Ponsel lama bisa menjadi perangkat untuk membaca buku elektronik, mendengarkan musik dan podcast di layanan streaming favorit kamu. Letakkan di dudukan pengisi baterai dan sambungkan ke speaker Bluetooth atau colokkan headphone nirkabel saat aktifitas membersihkan rumah, bekerja atau berolahraga di rumah.

Kamu juga dapat menggunakan ponsel lama ini sebagai video streaming khusus. Unduh satu atau dua film sebelum kamu meninggalkan rumah untuk hiburan. Menonton film saat bepergian yang diputar secara lokal dari memori ponsel lama ini tidak akan menguras kuota paket data dan baterai Anda.

Apakah Anda memiliki tips lain tentang cara menggunakan ponsel lama kamu? Beri tahu kami di komentar!

By tony

Artikel Terkait