Cara Membuat CCTV Dari Kamera HP Android Baru dan Bekas

Last Updated on June 23, 2022 by tony

Cara membuat CCTV dari kamera HP Android mungkin jarang terdengar. Saat ini CCTV merupakan kebutuhan setiap kantor, toko, ruko bahkan rumah pribadi. Penggunaan CCTV dianggap menambah kenyamanan dan rasa aman. Sebetulnya pemasangan CCTV tidak hanya ditujukan untuk untuk menangkap basah pencuri saja lho. Ada banyak keuntungan yang didapat dari memasang CCTV di sekitar kita. Kalau dulu, memasang CCTV memakan biaya yang cukup mahal, kini kita bisa memasang CCTV dengan biaya yang lebih murah, bahkan sangat murah. Nggak percaya?

Kenapa Harus Memasang CCTV?

Setiap orang tentu memiliki kebutuhan akan kenyamanan tersendiri. Memasang CCTV di sekitar lokasi kita, setidaknya akan memberikan sedikit rasa aman dan nyaman, terutama jika kita tinggal di daerah yang cukup rawan. Kenapa sih harus memasang CCTV ketika sudah ada petugas keamanan?

Hei, petugas keamanan saja tidak cukup lho untuk memastikan keamanan kita. Apalagi jika petugas keamanan itu bukan bodyguard pribadi. Kita pasti ingin menjaga diri dari hal yang tidak diinginkan, termasuk melihat apa saja yang terjadi pada saat kita tidak berada disana. Contohnya jika kamu merasa curiga terhadap pasangan, maka memasang CCTV bisa menjadi salah satu jalan membuktikan kecurigaan tersebut.

Atau jika kamu merasa khawatir meninggalkan anak-anak hanya bersama pengasuh dan pembantu dirumah, kamu bisa mengecek kejadian demi kejadian dirumah selama bepergian melalui CCTV. Banyak hal yang terungkap melalui CCTV dan itu menunjukkan betapa penting memiliki kamera CCTV di sekitar kita.

Biaya Pemasangan CCTV

Seperti yang kita tahu, memasang CCTV itu tidak murah. Untuk satu spot CCTV kamu akan diminta membayar ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ini merupakan salah satu faktor keengganan memasang CCTV, ya karena mahalnya itu.

Tapi jangan kuatir dulu, kamu kan belum mencoba salah satu cara yang sudah sering dilakukan untuk mendapatkan CCTV murah ini. Ya murah dan mudah. Gimana caranya?. Makanya simak ulasan tentang cara membuat CCTV dari HP Android berikut ini. Simak sampai tuntas dan tidak ada yang dilewatkan.

Cara membuat CCTV Dari HP Android

Mungkin kamu nggak kepikiran sama sekali bahwa HP Android bisa berubah menjadi CCTV. Tentu saja semua itu bisa asalkan mengikuti caranya dengan benar. Simak caranya di bawah ini!

1. Langkah Persiapan

Untuk membuat CCTV dari HP Android, kamu harus menyiapkan langkah persiapan terlebih dahulu. Siapkan dua buah HP Android. HP pertama akan bertugas sebagai kamera pengintai alias sebagai CCTV dan HP kedua akan bertugas sebagai kamera monitor.

Langkah kedua, siapkan adapter charger atau power bank. Dua benda ini sangat penting untuk menjaga agar kedua HP tetap terisi daya dan selalu stand by. Jika kamu memilih menggunakan charger maka letakkan HP pertama di lokasi yang berdekatan dengan power supply alias colokan listrik. Nggak asik pastinya kalau sedang asyik mengintai tiba-tiba HP mati akibat kehabisan baterai.

Langkah ketiga, siapkan sebuah akun Google yang sudah tidak terpakai. Boleh juga menggunakan akun Google yang baru. Hal ini untuk mengatasi jika terjadi masalah privasi atau keamanan saat menggunakan HP Android sebagai CCTV.

Langkah keempat, unduh aplikasi Alfred Home Camera Security untuk HP Android. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Play Store. Pasang aplikasi ini di kedua HP yang sudah disiapkan. Jika kamu sudah selesai menyiapkan semua persiapannya, yuk intip cara membuat CCTV dari HP Android selengkapnya berikut ini!

2. Langkah Eksekusi

Untuk membuat CCTV dari HP Android, pertama-tama kamu harus membuka aplikasi Alfred Home Camera Security di HP yang pertama. Masuklah atau login menggunakan akun Google yang sudah disiapkan. Lalu pilih ikon Kamera pada menu “I use This Device As A…”, kemudian klik tombol Get Started.

Setelah kamu menyelesaikan langkah pertama tersebut, kamu bisa lihat bahwa HP yang pertama menunjukkan gambar yang dibidik oleh kameranya. Maka letakkan HP ini dilokasi mana saja yang kamu inginkan. Namun ingat, HP pertama ini harus terus terhubung dengan internet ya. Kenapa? Ya supaya status kameranya tetap “Live”.

Kamu bisa menggunakan HP kedua untuk memantau apa yang ditangkap oleh kamera di HP pertama. Caranya tentu dengan streaming. Itu sebabnya internet harus terus menyala di HP pertama. Cara mengetahuinya yaitu dengan membuka aplikasi Alfred Home Security Camera di HP kedua. Kemudian kamu login menggunakan akun Google seperti pada HP pertama. Pilih ikon Viewer kemudian klik tombol Get Started.

Apabila HP kedua sudah terhubung, maka kamu akan bebas melihat kejadian apa saja disekitar HP pertama yang bisa ditangkap oleh kameranya. Hebatnya lagi, kamu juga bisa mengatur setting kamera pada HP yang pertama. Contohnya mengganti penggunaan kamera depan atau belakang sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa mengganti mode nya menjadi mode malam.

Kamu bahkan bisa mengontrol kamera di HP pertama tanpa menggunakan HP kedua. Cukup gunakan aplikasi Alfred Home Camera Security dari website yang sudah kamu login memakai akun Google yang sama. Mudah sekali bukan?

Membuat CCTV Dari HP Android Bekas

Kalau di atas tadi cara membuat CCTV menggunakan HP Android yang bagus, masih ada lagi cara yang lebih murah yaitu menggunakan HP Android bekas. Nggak salah tuh? Bagaimana mungkin HP bekas masih bisa digunakan sebagai CCTV? Mungkin saja, simak caranya ya.

Tidak semua HP bekas bisa disulap jadi CCTV. HP bekas yang dapat digunakan hanya HP yang memiliki kamera belakang minimal 5 MP. Cara membuatnya pun sangat ringkas dan mudah. Kamu bisa melakukan cara ini dengan bantuan aplikasi IP Webcam.

Unduh aplikasi IP Webcam ini melalui Play Store secara gratis. Jika ingin merasakan fitur yang lebih premium, tentu saja kamu harus membayar versi pro nya. Melalui aplikasi ini kamu bisa streaming video melalui kamera HP.

Setelah kamu berhasil menginstal aplikasi ini di HP, silahkan buka aplikasinya. Lakukan pengaturan preferensi video dan beberapa pengaturan lain yang mungkin kamu inginkan dari kamera HP tersebut. Sebelumnya, ingatlah untuk login menggunakan akun Google yang sudah disiapkan.

Setelah mendaftar dan melakukan pengaturan kamera, klik tombol “Start Server” untuk memulai kegiatan pengintaian. Letakkan HP ini dilokasi strategis yang kamu inginkan. Jangan lupa pastikan bahwa baterai HP sudah terisi penuh, atau kamu bisa meletakkan HP dengan pengisi daya yang tersambung pada power bank atau colokan listrik. HP bekas umumnya lemah pada baterai sehingga kamu harus memperhatikan masalah daya.

Jika kamu ingin memantau kamera HP melalui website maka isilah beberapa info penting seperti alamat IP untuk melakukan live streaming. Buka website ivideon lalu lakukan pendaftaran atau login untuk melihat tampilan kamera di HP. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi ivideon melalui Play Store. Agar proses berjalan lancar, jangan lupa bahwa HP harus selalu tersambung ke internet ya.

Baca juga artikel tentang mengubah HP Android menjadi Kamera Monitor Bayi (Baby Monitoring Camera) di Rekomendasi Aplikasi Kamera Monitor Bayi Untuk HP Android Terbaru dan Terbaik 


Nah gimana? Mudah bukan untuk melakukan cara membuat CCTV dari HP Android. Bahkan kamu bisa memanfaatkan HP Android bekas kamu untuk sesuatu yang lebih berguna. Walaupun mudah, tapi jangan menggunakan teknik ini untuk mengintip ya. Hal tersebut tentu melanggar hukum dan privasi seseorang yang bisa membuat kamu menyesal.

Jika kamu punya HP Android lama tak terpakai, manfaatkan kembali. Caranya? Baca Cara Kreatif Memanfaatkan HP Android Lama Agar Berguna Kembali

By evansjf

Artikel Terkait