Aplikasi Pengedit Video di Laptop yang Paling Mudah Digunakan

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Kini mengedit video bisa dilakukan melalui smartphone dengan aplikasi tertentu. Jika ingin melakukannya tanpa smartphone, pengguna bisa menggunakan aplikasi pengedit video di laptop yang juga bisa diakses dengan mudah. Namun, memilih aplikasi yang sangat tepat harus dilakukan agar mengedit bisa berjalan dengan lancar.

Saat ini aktivitas mengedit video memang dapat dilakukan oleh sebagian besar orang meskipun tanpa ada metode pembelajaran tertentu. Hal tersebut didukung dengan adanya aplikasi yang ramah untuk penggunanya, bahkan ketika menggunakan laptop sekali pun.

1. Camtasia

Aplikasi pengedit video di laptop yang pertama adalah Camtasia yang memiliki tampilan sangat simpel dan mudah dipahami penggunanya. Oleh sebab itu Camtasia sangat cocok digunakan oleh pemula yang sama sekali tidak mengenal dunia edit video.

Memiliki beragam fitur yang akan membantu pengguna dalam edit video, Camtasia juga bisa digunakan untuk merekam layar atau screen recorder. Fitur merekam layar tersebut sangat cocok dimanfaatkan oleh pengguna yang ingin membuat video tutorial.

Meskipun menyediakan beragam fitur editing, Camtasia sangat ringan saat digunakan. Dengan kata lain, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk laptop tipe lama karena proses renderingnya juga berjalan cepat.

2. Corel Video Studio Ultimate

Tak hanya menyediakan aplikasi untuk gambar dan desain, Corel juga menyediakan aplikasi pengedit video. Corel Video Studio Ultimate sangat cocok digunakan untuk mengedit foto dan video menjadi film dengan kualitas yang memukau.

Tak jauh berbeda dengan Camtasia, aplikasi ini juga cocok untuk pemula karena tampilannya mudah dipelajari. Aplikasi ini memiliki fitur proDad Mercalli yang bermanfaat untuk mengedit rekaman video goyah atau bergelombang. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa memanfaatkan percobaan gratis selama 30 hari.

3. Sony Vegas Pro

Aplikasi pengedit video di laptop yang berikutnya adalah Sony Vegas Pro yang memiliki tampilan interface sangat sederhana dengan fitur lengkap. Oleh sebab itu aplikasi ini sangat cocok dipilih oleh pemula yang baru saja ingin belajar edit video.

Sony Vegas Pro menawarkan beragam template yang bisa memudahkan pengguna dalam mengedit video. Selain itu, pengguna juga bisa langsung memasukkan video dengan cara menyeret atau drag ke kolom tersedia. Setelah itu aplikasi secara otomatis akan membagi video tersebut menjadi dua bagian.

Dua bagian yang terbagi adalah video dan suara yang membuat pengguna semakin mudah saat mengedit. Pengguna bisa menambahkan efek, memotong, atau bahkan menggabung video tersebut dengan video lain.

4. AVS Video Editor

Aplikasi ini bisa dimanfaatkan pengguna yang menggunakan laptop dengan spesifikasi sedang karena AVS Video Editor tidak membutuhkan banyak RAM. Selain itu, aplikasi ini juga menggunakan video cache sehingga proses edit yang dilakukan semakin cepat dan mudah.

AVS Video Editor menyediakan ratusan efek dan transisi yang bisa digunakan oleh pengguna. Tak hanya itu saja, tersedia juga fitur utama untuk mengedit, seperti memotong, memisahkan video, dan lainnya. Dalam penyimpanannya, aplikasi ini bisa menghasilkan video dengan format HD.

5. Adobe Premiere Pro

Aplikasi pengedit yang terakhir adalah Adobe Premiere Pro yang terbukti mudah digunakan. Tersedia banyak fitur yang membantu penggunanya dalam mengedit video. Selain cocok untuk pemula , Adobe Premiere Pro juga dapat digunakan untuk seseorang yang sudah profesional.

Adobe Premiere Pro memiliki interface yang mudah disesuaikan oleh penggunanya. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan efek berupa sounds effects dan video effects. Tak hanya menyediakan beragam efek, aplikasi ini juga bisa memadukan banyak efek sehingga video yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

Itulah sedikit ulasan tentang aplikasi pengedit video di laptop yang bisa dipilih oleh pengguna. Sebelum memilih, pastikan untuk mengetahui aplikasi yang akan digunakan kompatibel dengan laptop. Dengan begitu proses instal hingga menggunakannya bisa berjalan dengan lancar.