Cobalah Lima Aplikasi Pengolahan Database Yang Bisa Digunakan

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Kumpulan data berbentuk tabel, skema maupun lainnya sering disebut database, pengelolaan database memang harus diperhatikan karena sebagai penunjang project. Bagi yang mencari aplikasi pengolahan database bisa dicari dengan mudah diaplikasikan pada komputer.

Selain itu aplikasi ini akan mempermudah pekerjaan serta lebih efisien. Aplikasi database ini termasuk dalam aplikasi yang terbaik dan bisa diaplikasikan. Meskipun memiliki user interface yang berbeda namun tetap sama dalam fungsinya. Simak penjelasannya dengan jelas dan terperinci berikut ini:

1. MySQL

Aplikasi ini termasuk yang paling populer digunakan untuk mengelola database, sifat yang dimiliki yakni open source. Hal tersebut akan membantu dalam membuka platform tanpa gangguan yang berarti. Sistem windows yang digunakan yakni linux, windows, dan sistem lainnya.

Kemudian aplikasi ini juga mempunyai sifat network, sehingga bisa digunakan model multi user atau banyak pengguna. Aplikasi ini tentu bisa dicoba diaplikasikan untuk mengelola database yang dibutuhkan. Keuntungan dari aplikasi ini keamanan yang dijamin, serta kecepatan yang sangat tidak diragukan.

Fitur query cache membantu mempermudah proses query menuju database, alhasil server tidak perlu melakukan proses ulang. Keamanan aplikasi yang ditawarkan juga berlapis yakni adanya enkripsi password user. Kedua terdapat pengaturan akses user berdasarkan jenisnya.

2. Oracle

Selanjutnya aplikasi pengolahan database yang bisa dipakai yakni Oracle, salah satu keunggulan aplikasi ini karena performa yang tinggi. Aplikasi ini bisa meningkatkan kecepatan proses data walaupun ada kegiatan peningkatan workload. Sifat aplikasi ini bisa digunakan untuk lebih dari 1 user.

Fitur aplikasi seperti real application clustering bekerja pada kondisi input data meningkat maka kapasitas penyimpanan tidak akan menurun. Dengan begitu fitur akan otomatis melakukan penambahan kapasitas pada bagian penyimpanan. Selain itu juga akan mengatur kecepatan dalam memproses sesuai dengan kebutuhan.

Fitur keamanan yang diberikan juga baik, dimana aplikasi ini memiliki fitur user manager yang menentukan hak akses data tertentu. selain itu juga tersedia password saat akan mengakses aplikasi ini, dengan demikian menjaga hanya user yang mampu menggunakan aplikasi oracle.

3. Microsoft SQL Server

Aplikasi ini akan membantu pengolahan data besar disertai kecepatan yang stabil saat digunakan. fitur tersebut disebut memory optimized tempDB metadata yang membantu dalam pemrosesan data workload. Proses kerja memindahkan tabel akan secara otomatis dilakukan untuk tabel yang sering digunakan.

Hal tersebut tentunya dapat meminimalkan loading yang terjadi pada proses data yang sedang dilakukan. Selain itu aplikasi ini juga bisa melakukan penambahan pada kapasitas data dalam beberapa waktu. Maka dari itu aplikasi ini dinilai cocok untuk mengolah data sensitif yang dimiliki.

4. PostgreSQL

Aplikasi pengolahan database selanjutnya yakni PostgreSQL yang mengolah database relasional yang cukup baik. Keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini yakni kecepatan yang baik di kondisi workload tinggi. Selanjutnya ada fitur table partitioning untuk memecah tabel.

Fitur multi version concurrency control yang berfungsi menjaga agar data tetap konsisten. Maka dari itu pengguna akan dapat mengembangkan data namun tidak menghapus riwayat data sebelumnya. Keamanan aplikasi ini juga menjaga user untuk tetap pada database tugas masing – masing.

5. MongoDB

Ternyata aplikasi ini memiliki performa yang baik dengan penggunaan format dokumen bahasa JSON. Hal tersebut berimbas untuk pengolahan data yang dilakukan akan lebih ringan. Selain itu akan ada pembaharuan data pada aplikasi dan tidak memerlukan pemuatan ulang.

Selain itu aplikasi ini memiliki beragam bahasa pemrograman yang telah terintegrasi. Aplikasi ini juga responsif terhadap lonjakan data dengan menambah space pada cloud perangkat.

Demikian uraian terkait dengan aplikasi pengolahan database yang bisa dicoba digunakan dan diaplikasikan. Tentu dengan menggunakan aplikasi ini dapat meringankan pekerjaan mengolah data yang sedang dilakukan.