Ingin Tahu Cara Melihat Kata Sandi Email? Simak Ulasan Ini!

Jangan khawatir ada cara melihat kata sandi email solusi bagi para pengguna yang suka lupa kata sandi. Mungkin sebagian dari pengguna yang tidak mau ribet akan membuat akun lagi daripada mencoba untuk mengecek kata sandi. Caranya cukup mudah, dan simple.

Bagi yang ingin tahu, upayakan jangan panik dulu dan jangan gegabah. Kata sandi yang lupa bisa dilihat melalui HP dan juga laptop dengan cara yang simple, sehingga pengguna bisa melakukannya sendiri. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak pembahasan di bawah ini!

Cara Melihat Kata Sandi di HP

Bagi para pengguna yang biasa menggunakan HP dalam segala aktifitas pos elektronik, maka pengguna dapat melihatnya melalui HP. Melihat melalui HP dinilai cara yang sangat aman dibandingkan dengan menggunakan komputer umum di warnet. Ingin mengetahuinya lebih lanjut? Simak berikut ini!

  • Cara yang pertama yang bisa pengguna lakukan, yakni dengan membuka Chrome pada HP.
  • Ketuk ikon titik tiga atau menu pengaturan pada Chrome.
  • Kemudian akan muncul menu opsi, dan pilih menu “Kata Sandi.”
  • Setelah itu, akan muncul lagi menu. Kemudian pilih email yang hendak dilihat kata sandinya.
  • Selanjutnya, setelah memilih kata sandi yang hendak dilihat, kemudian akan muncul menu edit kata sandi. Pada menu tersebut akan muncul ikon mata.
  • Klik ikon mata tercoret tersebut, kemudian nantinya akan diminta untuk memasukkan kata sandi layar HP, atau sidik jari.
  • Secara otomatis setelah sidik jari atau kata sandi layar terdeteksi, kata sandi akan muncul dan salinlah di note.

Caranya cukup mudah bukan? Jika sudah terlihat jangan lupa salin kata sandi tersebut di dalam note HP agar tidak lupa. Sebelum itu, untuk kata sandi yang tersimpan ini pastikan saat pertama kali membuat pada HP telah tersetting simpan otomatis sandi.

Jika sejak awal tidak tersetting seperti itu, maka kata sandi tidak akan tersimpan dan tidak bisa dilihat. Jadi salah satu alternatifnya jika kata sandi tidak tersimpan, pengguna dapat memilih opsi lupa sandi pada saat hendak masuk email. Kemudian ikuti langkahnya!

Cara Mengganti Sandi Email yang Lupa

Berikutnya, apabila sandi email rupanya tidak tersimpan otomatis sejak awal. Maka opsi lainnya yaitu mengganti kata sandi email, dan log in kembali. Adapun cara melihat kata sandi email pada email cukup mudah, bisa dilakukan di HP maupun laptop.

Apabila ada email pemulihan, simak langkahnya berikut:

  • Masuk ke alamat email yang lupa kata sandinya tadi kemudian klik lupa sandi di bagian bawah.
  • Selanjutnya, pihak Gmail akan mengirim kode pada alamat email pemulihan yang telah pengguna isi di awal pendaftaran.
  • Lalu, isi kode verifikasi yang diterima dari Gmail.
  • Dan selanjutnya buat kembali kata sandi yang baru.
  • Jika sudah jangan lupa untuk mengklik “Simpan Kata Sandi.” Agar suatu saat jika lupa dapat dilihat langsung di pengaturan.
  • Sandi sudah tersimpan, kemudian log in kembali dengan menggunakan kata sandi yang baru.

Apabila saat pendaftaran email pengguna memasukkan nomor telepon untuk pemulihan akun, maka kode verifikasi akan masuk lewat SMS. Kemudian ikuti cara-cara yang ada setelah memasukkan kode verifikasi untuk pemulihan akun. Jika tidak ada akun pemulihan, pengguna dapat memilih cara lain.

Demikian pembahasan mengenai cara melihat kata sandi email yang dapat pengguna lakukan melalui HP maupun laptop. Ingatlah langkah pertama yang harus dilakukan, yakni jangan panik! Jika dilakukan dengan panik maka akan semakin berantakan.