Empat Cara Melihat Video yang Sudah di Download di Telegram dengan Praktis

Last Updated on Januari 24, 2024 by TeknoFusion

Telegram adalah alternatif media sosial yang cukup banyak diminati. Telegram sering menggunakan ini untuk berbagi video atau film berukuran besar. Maka sering digunakan untuk mengunduh dan dilihat secara offline. Lalu bagaimana cara melihat video yang sudah di download di Telegram ?

Selain bisa diakses melalui menu galeri atau File Manager, pengguna Telegram hanya bisa mengakses file hasil download jika disimpan ke fitur pesan tersimpan. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut cara melihat unduhan di Telegram:

1. Melihat Unduhan Di Telegram Langsung

Metode pertama adalah menggunakan Telegram untuk melihat unduhan. Kini dapat mengakses media yang telah disimpan ke penyimpanan cloud Telegram dengan membuka fitur pesan tersimpan. Berikut cara melihat video yang sudah di download di telegram:

  • Buka Aplikasi Telegram. Langkah pertama adalah membuka aplikasi Telegram di Android atau iPhone dan memastikan bahwa pengguna masuk dan versi Telegram adalah yang terbaru.
  • Buka menu Lainnya. Langkah kedua di HP Telegram adalah masuk ke menu Lainnya. Secara khusus, dengan mengetuk ikon Garis Tiga di pojok kiri atas untuk mengakses fitur Pesan Tersimpan nanti.
  • Silahkan cari download dari Telegram dengan membuka fitur Pesan Tersimpan setelah masuk ke Menu Lainnya dan pilih Fitur Pesan Tersimpan.
  • Pengguna sekarang telah berhasil mencoba melihat unduhan Telegram langsung di aplikasi Telegram Android dan iPhone dengan memilih fitur Pesan Tersimpan.
  • Selesai

Menggunakan Telegram untuk melihat unduhan pengguna harus menyimpan atau membagikan media ke fitur pesan tersimpan agar dapat menggunakan fitur ini untuk melihat unduhan media. Oleh karena itu, fitur ini tidak akan menyimpan media yang diunduh jika pengguna hanya menyimpan ke galeri.

2. Melihat Unduhan Telegram di Galeri

Folder Telegram di galeri adalah tempat pertama untuk mencari unduhan Telegram yang telah disimpan ke penyimpanan HP. Berikut cara melihat unduhan dari Telegram di galeri:

  • Buka galeri. Untuk memulai, silahkan buka menu Galeri di ponsel yang sedang digunakan atau media apa pun yang sudah diunduh sebelumnya dari Telegram.
  • Buka Galeri dan cari folder telegram. Folder Telegram yang ada di galeri sebaiknya dicari pada langkah kedua agar nanti bisa menemukan file hasil download yang sudah tersimpan disana.
  • Cari folder telegram dan cek download telegram. Setelah itu silahkan cek galeri download Telegram. Folder Telegram biasanya berisi media, seperti video dan foto.

4. Melihat Unduhan Telegram di Penyimpanan Telepon

Menemukan unduhan Telegram yang telah disimpan ke penyimpanan Telepon cukup mudah. Berikut ini adalah langkah yang bisa dicoba:

  • Mulailah dengan membuka menu File Manager atau Explorer di smartphone.
  • Buka folder unduhan di file manager . Langkah selanjutnya adalah mencari dan membuka folder unduhan di menu File Manager ponsel.
  • Langkah ketiga, silahkan cari dan buka folder Telegram. Buka folder Unduhan kemudian buka folder Telegram.
  • Buka folder telegram dan cari unduhan telegram. Di halaman Folder Telegram, silahkan cari unduhan yang ingin dilihat. Kini dapat menemukan semua media yang disimpan, termasuk dokumen, video, musik, dan suara.

Melihat Hasil Download Telegram di Laptop

Cara ketiga yaitu adalah dengan melihat unduhan di laptop atau pc. Ini dia step by step yang bisa dicoba:

  • Buka menu File Explorer dan fitur Save Messages untuk mencari lokasi download Telegram di PC atau Telegram Desktop.
  • Cara ini sangat mirip dengan cara melihat unduhan dari Telegram di perangkat seluler. Secara khusus, dengan membuka folder Telegram di unduhan dan mencarinya.

Demikianlah cara melihat video yang sudah di download di Telegram, ada tiga cara yang bisa dicoba. Ketiganya cukup mudah dan praktis. Selamat mencoba.