Bagaimana Cara Mengetahui Nomor Telegram Yang Disembunyikan? Silakan Lihat Panduannya Di Sini

Last Updated on Mei 18, 2023 by TeknoFusion

Telegram merupakan platform untuk berkomunikasi dan berkirim pesan. Meski begitu, tingkat keamanan Telegram sangat tinggi sehingga berbagai cara mengetahui nomor Telegram yang disembunyikan pun sering sekali dilakukan.

Telegram memang memiliki fitur khusus yang bisa membuat pemilik akun menyembunyikan nomornya. Nomor yang disembunyikan tersebut tidak bisa dilihat oleh orang lain, terlebih oleh kontak asing. Hal ini tentu terjadi untuk melindungi keamanan.

Cara Melihat Nomor Telegram

Hampir sama seperti aplikasi WhatsApp, pada bagian profil pengguna telegram di sana akan tertera keterangan username, bio, dan juga nomor telepon. Untuk bisa mencapai pada bagian halaman tersebut, ada dua metode yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Melihat Nomor Telegram dari Username

Setiap pengguna Telegram pastilah memiliki username masing-masing. Username ini bahkan menjadi salah satu kata kunci yang bisa diandalkan ketika ingin mencari profil pengguna Telegram lainnya.

Untuk mengetahui nomor seseorang, pengguna Telegram harus setidaknya mengetahui username si pemilik nomor. Di bawah ini adalah langkah mengetahui nomor Telegram seseorang melalui pencarian username si pemilik nomor:

  • Instal aplikasi Telegram, kemudian lakukan login seperti biasa ketika masuk ke dalam akun.
  • Secara otomatis, semua nomor kontak yang tersimpan akan dimunculkan. Namun syaratnya, itu merupakan nomor kontak yang juga mendaftar ke Telegram.
  • Apabila nomor Telegram yang hendak dicari bukan bagian dari kontak, maka silakan akses kotak pencarian Telegram.
  • Syarat utama untuk melancarkan langkah cara mengetahui nomor Telegram yang disembunyikan ini adalah mengetahui username Telegram target yang digunakan. Tuliskan username di kotak pencarian.
  • Akun Telegram akan ditemukan, silakan tekan menu profil si pemilik nomor. Nantinya, beberapa informasi termasuk nomor telepon juga akan tertera di sana.

2. Mengetahui Nama ID Telegram

Cara kedua untuk mendapatkan nomor telepon seseorang di Telegram adalah dengan mengetahui nama ID Telegram. Setiap pengguna Telegram tentu memiliki ID yang ditampilkan pada profil masing-masing. Sebagai catatan, ID sedikit berbeda dengan username.

Bisa dikatakan username merupakan nama yang menggunakan simbol @ di depannya. Sedangkan, ID tidak menggunakan simbol tersebut. Cara ini biasanya digunakan oleh pengguna yang tidak saling simpan nomor sebelumnya. Cara mengetahui nomor dari metode ini adalah:

  • Akses, kemudian masuklah pada halaman utama Telegram.
  • Klik menu pencarian, kemudian ketikkan
  • Sebuah bot untuk anonim chat akan keluar. Pengguna silakan menekan bot tersebut dan klik ‘Start’ untuk memulai percakapan.
  • Masukkan ID Telegram orang yang diinginkan, dan bot tersebut akan menampilkan profil orang tersebut.
  • Klik bagian profil, nomor Telegram akan terlihat pada halaman.

Bagaimana Jika Nomor Disembunyikan?

Kedua metode di atas merupakan metode yang ditujukan untuk melihat nomor Telegram secara umum. Sekarang permasalahannya adalah: bagaimana jika nomor Telegram disembunyikan? Pengguna harus memikirkan cara mengetahui nomor Telegram yang disembunyikan agar nomor bisa terlihat.

Sebenarnya, telah diketahui bahwa Telegram memiliki tingkat keamanan privasi yang sangat tinggi. Apabila benar-benar ingin mengetahui nomor Telegram yang disembunyikan, maka silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka atau akses Telegram dan langsung saja masuk ke dalam kotak pencarian.
  • Pastikan bahwa pengguna telah mengetahui username atau ID Telegram si pemilik nomor yang ingin dilihat.
  • Buka profil dari si pemilik nomor kemudian arahkan halaman ke ruang obrolan.
  • Sapalah dengan baik si pemilik nomor tersebut, lakukan percakapan yang hangat.
  • Apabila sudah cukup dekat, silakan katakan maksud ingin meminta nomor. Bila diperlukan, beri tahu juga alasan meminta nomor.
  • Pemilik nomor akan memberi tahu nomornya sendiri.

Cara mengetahui nomor Telegram yang disembunyikan di atas ternyata adalah satu-satunya cara yang memungkinkan untuk dilakukan. Selain meminta dari pemilik nomor sendiri, nomor telegram tidak akan bisa diketahui karena Telegram tidak memberikan celah untuk melihat privasi yang disembunyikan.