6 Cara Mengatasi Laptop Kemasukan Air dengan Ampuh

Agar kerusakan tidak bertambah parah, lakukan 6 langkah ini segera

Last Updated on Oktober 16, 2022 by TeknoFusion

Ketika laptop kemasukan air, tentunya para penggunanya akan merasa panik dan bingung. Padahal, masalah tersebut bisa saja diatasi dengan mudah jika mengetahui cara-caranya dengan benar. Oleh sebab itu, untuk membantu pengguna laptop yang mengalami masalah ini, simak berikut beberapa cara mengatasinya:

1. Lepaskan Kabel yang Tersambung ke Laptop

Apabila laptop tanpa sengaja kemasukan air, tetapi kondisinya dalam keadaan tersambung dengan kabel, maka segera lepaskan sambungan tersebut. Hal ini dikarenakan, laptop yang terkena air bisa menghantarkan arus listrik yang tinggi dan menimbulkan setruman.

Alhasil, komponen utama dari perangkat, seperti motherboard akan mengalami korosi. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan pelindung juga ketika melepaskan kabel yang tersambung dari laptop ini. Dengan begitu, pengguna akan lebih aman dan laptop juga tidak akan mengalami kerusakan lebih parah.

2. Posisikan Laptop Dalam Keadaan Terbalik

Upaya selanjutnya untuk mengatasi masalah yang satu ini, yakni dengan memposisikan laptop dalam keadaan terbalik. Hal itu pun dilakukan supaya air yang masuk ke dalam laptop bisa terbuang secara perlahan melalui celah keyboard.

Adapun untuk melakukan upaya ini, orang-orang juga perlu memiliki kesabaran untuk menunggu selama beberapa jam. Dengan begitu, nantinya air yang berada di dalam laptop dapat keluar secara keseluruhan.

3. Bersihkan Bagian yang Basah

Jika memang air yang tumpah ke laptop tidak terlalu banyak, maka bisa mengatasinya dengan membersihkan area yang basah. Adapun area yang paling penting untuk dibersihkan dari air, yakni pada lubang USB, layar, lubang charger, dan bagian kecil lainnya.

Lalu, untuk melakukan hal ini, orang-orang bisa menggunakan cotton bud ataupun kapas kecil yang bisa menarik atau menyerap cairannya. Dengan begitu, nantinya bagian yang basah secara perlahan akan semakin mengering.

4. Letakkan di Dalam Beras

Berikutnya ada solusi ampuh juga untuk mengatasi laptop yang tidak sengaja terkena air, yakni dengan meletakkannya  di dalam beras. Sama seperti smartphone yang terkena air, laptop pun ternyata juga bisa menggunakan cara ini.

Hal tersebut dikarenakan, beras memang bahan makanan yang terbilang mampu untuk menyerap cairan. Oleh sebab itu, jika laptop diletakkan di dalam beras, maka air yang masuk ke perangkat ini pun akan mengering.

5. Keringkan Pakai Kipas Angin

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop kemasukan air, yaitu dengan mengeringkannya menggunakan kipas angin. Walaupun terbilang sederhana, upaya ini adalah cara yang bisa dilakukan secepat mungkin sebagai pertolongan awal.

Alhasil, laptop tidak akan mengalami kerusakan karena terlambat untuk mengatasi masalah ini. Lalu, adapun untuk melakukan upaya ini, orang-orang juga perlu memperhatikan area laptop yang terkena basah. Setelah itu, baru arahkan kipas anginnya dengan benar ke arah area yang basah.

6. Pergi ke Reparasi

Jika memang air yang masuk ke dalam laptop terlalu banyak dan sudah tidak bisa ditangani secara mandiri, maka harus menanganinya lebih serius. Terkait hal tersebut, orang-orang bisa segera membawa laptop miliknya ke reparasi.

Adapun dalam melakukan ini pun juga perlu memilih tempat yang sudah dipercayai oleh banyak orang. Dengan begitu, nantinya pihak reparasi yang akan melakukan tindak lanjut secara benar terhadap masalah seperti ini.

Itulah ulasan terkait cara mengatasi laptop kemasukan air yang bisa membantu orang-orang. Dengan mengetahui informasi ini, maka pengguna laptop tidak akan merasa khawatir lagi jika mengalami masalah ini. Hal tersebut dikarenakan, pengguna sudah mengetahui cara awal hingga serius untuk menanganinya.