Ini Dia Perbedaan Laptop Dan Macbook yang Harus Diketahui

Last Updated on November 6, 2022 by Redaktur TeknoFusion

Berkembangnya kemajuan teknologi dan digital tentu juga berpengaruh kepada tingginya perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap produk teknologi. Salah satu produk yang banyak dibutuhkan adalah laptop. Namun beberapa orang masih belum mengetahui perbedaan laptop dan macbook. Meski secara fungsionalitas sama tapi terdapat perbedaan.

Sebenarnya macbook sendiri merupakan jenis laptop keluaran Apple, namun adanya fragmentasi pasar dan perbedaan fitur menjadikan produk digital ini memiliki perbedaan. Adanya perbedaan ini menentukan preferensi masyarakat dalam memilih produk laptop untuk kebutuhan sehari-hari. Artikel berikut akan membahas perbedaan laptop dan macbook:

Istilah Laptop Dan Macbook

Secara umum pada seluruh laptop yang dijual dipasaran selalu dilengkapi dengan OS. Jenis OS atau sistem operasi yang sering digunakan pada tiap jenis produk laptop adalah windows. Beberapa merk yang menggunakan sistem operasi tersebut seperti Asus, Acer, Lenovo, dan Hp.

Berbeda dari merk-merk terkenal tersebut, macbook merupakan produk keluaran merk Apple yang memiliki eksklusifitas tersendiri. Tiap produk yang dihasilkan memiliki kelebihan fungsionalitas yang menjadikan nilai branding produk ini meningkat tiap tahunnya. Saat ini, pangsa pasar produk macbook juga mulai meningkat khususnya di Indonesia.

Apa Perbedaan Laptop Dan Macbook?

Setelah membaca istilah secara umum mengenai laptop dan macbook, kini akan membahas tentang perbedaan laptop dan macbook secara spesifik. Artikel ini telah merangkum 5 perbedaan dari laptop dan macbook. Pada bagian akhir juga akan dijelaskan kelebihan produk macbook dari laptop lain.

1. Penggunaan Sistem Operasi

Seperti yang telah disinggung pada pembahasan awal bahwa produk macbook berbeda dengan produk laptop lain. Jika kebanyakan merk laptop menggunakan sistem operasi windows, macbook menggunakan sistem operasi khusus yang disebut dengan MacOS. Sistem operasi ini eksklusif hanya pada produk macbook.

2. Perbedaan Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar atau produk flagship antara laptop sistem operasi windows berbeda dengan produk macbook. Jika laptop umum memiliki varietas segmen pasar dari low entry hingga high end, berbeda dengan produk macbook yang segmen pasarnya ditargetkan kepada high end saja.

Bukan dikarenakan diskriminasi, namun kualitas perangkat dan fitur yang terpasang pada produk macbook menjadikan nilai harga produk menjadi sangat tinggi. Banyaknya kelebihan premium yang tidak ada pada laptop umum lainnya menjadikan segmen pasar produk macbook ditargetkan pada high end.

3. Resolusi Layar

Penggunaan layar antara laptop dan macbook tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Tingkat resolusi layar pada laptop umum yang mencapai 4K, 8K, dan lebih sedangkan produk macbook bisa dikatakan cukup tertinggal pada hal ini. Belum diketahui alasan yang jelas mengapa hal tersebut terjadi.

Namun adanya kelebihan pada fitur lainnya membuat produk macbook tetap diminati. Salah satunya adalah teknologi retina display. Melalui teknologi ini kualitas gambar yang dihasilkan akan menjadi tajam dan jernih. Kelebihan ini menjadi poin perbedaan antara produk macbook dengan laptop lain.

4. Tingkat Performansi Produk

Macbook menggunakan sistem chip yang biasanya terpasang pada hp. Melalui sistem chip tersebut kualitas performa macbook menjadi jauh lebih baik. Secara umum, macbook menjadi lebih ringan ketika dioperasikan daripada laptop pada umumnya.

5. Daya Tahan Baterai Antara Macbook Dan Laptop

Perbedaan laptop dan macbook yang terakhir dilihat dari daya tahan baterai. Pada pemakaian normal produk macbook dapat bertahan digunakan selama 10 hingga 12 jam dalam sekali charge. Berbeda dengan laptop umum lainnya yang hanya berkisar 4 hingga 5 jam pemakaian normal.


Demikian penjelasan mengenai perbedaan laptop dan macbook. Tidak hanya perbandingan saja, artikel ini juga telah membahas mengenai kelebihan secara spesifik pada produk macbook. Semoga informasi pada artikel ini dapat digunakan sebagai rekomendasi ketika ingin mencari dan membeli laptop.