6 Aplikasi untuk Screenshot Panjang untuk HP dan PC/Laptop

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Fitur screenshot sangat populer di kalangan pengguna gawai demi keperluan berbagi informasi yang tampil di layar dalam bentuk gambar. Namun rupanya belum banyak orang tahu, bahwa kini ada aplikasi untuk screenshot panjang yang memungkinkan pengguna dapat menangkap tampilan layar lebih dari satu halaman.

Aplikasi-aplikasi itu semakin marak bermunculan dan kini sudah tersedia untuk berbagai macam perangkat, mulai dari smartphone hingga PC/laptop. Di bawah ini akan disediakan beberapa pilihan aplikasi yang bisa digunakan jika ingin membuat tangkapan layar yang bisa di-scroll ke bawah:

1. Longshot

Dari namanya saja sudah bisa langsung diketahui bahwa aplikasi Longshot memiliki fitur utama untuk membuat tangkapan layar panjang. Aplikasi ini tersedia untuk smartphone Android dengan ukuran file yang terbilang ringan, yaitu hanya sekitar 5,7 MB.

Melakukan screenshot panjang menggunakan aplikasi Longshot sama sekali tidak susah berkat fitur dan tampilannya yang sangat ramah pengguna. Baiknya lagi, aplikasi Longshot tidak menambahkan watermark pada hasil tangkapan layar.

2. Screen Master

Satu tingkat lebih canggih dari aplikasi Longshot, Screen Master tidak hanya menyediakan fitur untuk melakukan tangkap layar panjang. Aplikasi yang juga dapat dipasang pada perangkat Android ini dilengkapi fitur tangkap layar instan tanpa mengharuskan penggunanya menekan tombol fisik.

Tidak berhenti sampai di situ, hasil tangkap layar dari aplikasi Screen Master juga dapat langsung diedit setelah diambil. Pengguna bebas menambahkan coretan, teks, stiker, dan tambahan objek-objek lain pada gambar hasil tangkap layar.

Aplikasi Android Screenshot ScreenMaster

3. Web Scroll Capture

Aplikasi Web Scroll Capture memiliki tiga fitur utama yang berhubungan dengan kegiatan tangkap layar. Pertama ada fitur tangkap layar biasa, yaitu dengan mengubah tampilan atau data-data pada halaman yang sedang dibuka menjadi format gambar. Tangkapan layar yang dihasilkan tentu dapat memanjang juga sesuai bahasan artikel ini.

Selanjutnya ada fitur untuk menyimpan informasi layar bukan dalam gambar, melainkan PDF. Jadi, pengguna tidak perlu lagi melakukan dua langkah untuk mengubah hasil screenshot ke PDF, karena fitur dalam aplikasi Web Scroll Capture sudah otomatis.

Terakhir ada opsi fitur untuk mengunduh halaman secara lengkap yang nantinya informasi baik berupa tulisan, gambar, atau lainnya akan disimpan dalam format dokumen. Fitur ini sangat berguna jika data yang ingin disimpan ada banyak atau terlalu panjang.

4. Screenshot Captor

Beralih ke aplikasi untuk screenshot panjang untuk pengguna PC dan laptop, yaitu ada yang namanya Screenshot Captor. Memiliki fitur utama yang sama dengan aplikasi serupa untuk HP, Screen Captor dapat melakukan tangkap layar memanjang lebih dari satu halaman.

Tools yang dihadirkan dalam satu aplikasi ini juga terbilang cukup banyak dibanding ukuran filenya yang kecil saja, yaitu 8 MB. Pengguna dapat memanfaatkan tools untuk pengaburan, memasang bingkai, penambahan watermark custom, dan lain sebagainya.

5. Greenshot

Masih untuk PC dan laptop, aplikasi Greenshot sering diunggulkan berkat ukuran filenya yang amat kecil, bahkan tidak mencapai 2 MB. Tidak perlu khawatir performa perangkat akan menurun karena ukuran aplikasi yang besar, pengguna sudah dapat melakukan tangkap layar panjang dengan Greenshot.

6. Firefox Quantum

Terakhir, ada aplikasi Firefox Quantum yang tentu saja dirilis oleh Mozilla Firefox. Aplikasi ini mungkin akan dipilih oleh para penggemar Firefox karena fiturnya yang memungkinkan seseorang berselancar di internet sembari menyimpan data dalam bentuk tangkap layar panjang.


Itu dia beberapa aplikasi untuk screenshot panjang yang dapat dipakai untuk HP dan PC/laptop. Tiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda dan tentunya ada juga kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Pengguna hanya tinggal menyesuaikan pilihannya sesuai kebutuhan.