Rekomendasi Aplikasi Pemotong Lagu Terbaik di HP Android

Bosan Dengan Nada Dering Bawaan? Gunakan Aplikasi Pemotong Lagu Terbaik

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Perkembangan teknologi yang terus berkembang, secara tidak langsung membuat orang memiliki kebutuhan yang turut berkembang pula. Jika zaman dulu orang sudah puas dengan mendengar musik saja, kini yang banyak dicari justru aplikasi untuk memotong lagu yang kebanyakan dimanfaatkan demi kebutuhan sosial media.

Para pengembang aplikasi pun tidak menyiakan permintaan pasar yang besar ini, hingga akhirnya banyak sekali bermunculan aplikasi pemotong lagu. Beberapa aplikasi terbaik yang dapat digunakan secara gratis akan dibahas pada tulisan di bawah ini.

1. Music Editor

Music Editor bisa disebut sebagai aplikasi untuk edit musik dan lagu terbaik yang bisa dipakai pengguna smartphone. Lebih dari 10 juta pengguna telah mencoba aplikasi ini dan penilaian balik yang diberikan kepada pengembangnya pun cukup tinggi hingga mencapai 4,6 bintang.

Di dalam satu aplikasi saja, pengguna dapat memotong lagu, menggabungkan beberapa audio, hingga menghilangkan noise untuk menjernihkan suara. Desain tampilan yang sederhana dan UX yang ramah pengguna, aplikasi ini cocok bagi pengguna awam.

2. MP3 Cutter

Tampak tidak ingin berbasa-basi, aplikasi yang satu ini diberi nama sesuai fitur utamanya, yaitu MP3 Cutter atau pemotong file MP3. Sebetulnya, akan lebih tepat jika disebut Audio Cutter, karena yang bisa dipotong menggunakan aplikasi ini tidak hanya file MP3 melainkan juga AMR, WAV, 3GP, AAC, dan lainnya lagi.

3. Music Cutter

Hadir dalam tampilan sangat sederhana yang elegan, aplikasi Music Cutter menyasar pengguna awam yang butuh fitur pemotong lagu. Aplikasi ini memiliki menu pilihan musik yang berisi lagu-lagu hits dan populer, juga ringtone yang bervariatif. Jelas bahwa aplikasi ini ditujukan bagi pengguna yang hanya butuh satu fitur saja, yaitu memotong lagu.

4. Timbre

Dengan ciri khas aplikasi unggulan yang memikirkan betul penamaannya, aplikasi Timbre berhasil masuk jajaran pilihan editor di Play Store. Aplikasi ini pada dasarnya sama seperti teman-temannya yang menyediakan fitur-fitur edit file, termasuk potong lagu.

Keunggulan aplikasi ini adalah tampilan dan performanya yang jauh lebih profesional dengan pilihan fitur yang juga beragam. Pengguna aplikasi Timbre tidak hanya disediakan tools untuk memotong lagu, melainkan juga video. Kedua jenis file itu pun dapat dikonversikan ke dalam format yang lain sesuai kebutuhan.

5. ZeoRing

Aplikasi untuk memotong lagu yang satu ini memiliki tampilan halaman yang hadir dalam warna-warna menyala. Lagu-lagu yang disediakan dikelompokkan ke dalam beberapa menu yang dibedakan berdasarkan lagu itu sendiri, artis atau penyanyi, dan album.

Salah satu fitur andalannya yang dijadikan sebagai promosi adalah bahwa aplikasi ZeoRing memungkinkan penggunanya untuk merekam lagu buatan sendiri dan mengeditnya. Selain lagu, ada juga pilihan audio untuk alarm dan nada dering.

6. MP3 Cutter and Audio Merger

Serupa dengan aplikasi Music Editor, MP3 Cutter and Audio Merger menyajikan fitur utama untuk memotong dan menggabungkan file audio. Aplikasi ini sering dimanfaatkan untuk membuat remix lagu dance anak-anak sekolah atau grup penari awam.

7. MP3 Cutter and Ringtone Maker

Aplikasi yang akan dibahas terakhir ini bernama MP3 Cutter and Ringtone Maker yang juga terbilang cukup populer. Aplikasi ini dapat memotong file audio dalam berbagai format termasuk lagu yang mungkin ingin dijadikan ringtone atau alarm. Berdasarkan riwayat unduhannya sendiri, terlihat lebih dari 100 juta orang yang sudah memakai aplikasi ini.


Itu dia beberapa aplikasi untuk memotong lagu yang dapat dipilih sesuai kebutuhan berdasarkan fitur-fitur tambahan lainnya. Adanya aplikasi-aplikasi tersebut memudahkan para pengguna, khususnya yang memfokuskan diri di bidang kreator konten.