5 Aplikasi Canggih Android yang Tidak Ada di Playstore

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Playstore adalah platform utama bagi pengguna Android untuk mencari dan menginstal aplikasi-aplikasi tambahan yang dibutuhkan, seperti aplikasi musik dan game. Playstore memiliki total jutaan aplikasi hingga saat ini, namun ternyata terdapat beberapa aplikasi canggih Android yang tidak ada di Playstore.

Ketiadaan aplikasi-aplikasi tersebut dapat disebabkan karena beberapa hal, salah satunya seperti developer yang tidak mendaftarkan aplikasi mereka di Playstore. Padahal aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fungsi-fungsi yang menarik. Untuk itu, simak deretan aplikasi-aplikasi canggih Android yang tidak dimiliki oleh Playstore berikut ini:

1. MiXPlorer

Aplikasi canggih ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari, mengatur, hingga mengedit berbagai jenis file di dalam HP pengguna. MiXPlorer dapat membaca hampir seluruh jenis dan format file, mulai dari gambar, video, musik, microsoft word, excel, PDF, dan lain-lain.

Oleh karena kegunaannya yang sangat beragam itu, aplikasi dengan logo berwarna biru ini menjadi banyak diminati oleh para pengguna Android. Penggunaan MiXPlorer pun tergolong mudah dan simpel, serta tidak menguras kuota internet pengguna sebab aplikasi ini bisa dijalankan tanpa internet.

2. Pokémon Tower Defense

Aplikasi ini merupakan aplikasi permainan yang sekilas mirip dengan Pokémon Go, namun dengan fitur dan cara main yang lebih kompleks. Permainan Pokémon Tower Defense tidak hanya berkutat dalam tangkap menangkap pokémon saja, melainkan juga merawat dan melatih kemampuan pokémon-pokémon tersebut.

Pelatihan-pelatihan yang telah dilalui tersebut akan dipraktekkan ketika pokémon bertarung untuk mempertahankan benteng pertahanannya, yaitu tower (menara) yang telah dibangun. Bagi pecinta game dengan tema aksi dan strategi, maka aplikasi permainan canggih yang satu ini cocok dan layak untuk dicoba.

3. Superstar JYPNATION

Aplikasi canggih yang ketiga ini juga merupakan aplikasi permainan, namun dengan tema musik‒atau yang biasa disebut juga dengan music game. Sesuai dengan namanya, Superstar JYPNATION adalah aplikasi music game yang menyuguhkan lagu-lagu KPOP milik penyanyi-penyanyi di bawah naungan agensi JYP.

Aplikasi ini memiliki tiga tingkatan kesulitan, yaitu easy (tingkatan termudah), normal (tingkatan yang tidak mudah/tidak sulit), dan hard (tingkatan tersulit). Music game ini wajib dicoba oleh para pecinta game musik dan penikmat KPOP, khususnya penggemar boyband dan girlband jebolan JYP.

4. Tubemate

Aplikasi canggih Android yang tidak ada di Playstore selanjutnya adalah Tubemate, sebuah aplikasi untuk men-download video-video di YouTube secara gratis. Terdapat banyak pilihan resolusi video yang disediakan oleh aplikasi ini, mulai dari yang terendah 176×144 hingga yang tertinggi di 1920×1080.

Fitur canggih lainnya dari Tubemate adalah bisa mengkonversi format video ke dalam berbagai format selain MP4, seperti MP3 dan OGG. Aplikasi ini merupakan solusi cepat dan mudah bagi pengguna yang kesulitan mengunduh video-video yang tidak dapat diunduh di YouTube aslinya.

5. Showbox

Bagi para pengguna Android yang gemar melakukan streaming atau menonton siaran secara online, maka Showbox merupakan aplikasi yang wajib dicoba. Showbox tidak hanya menyuguhkan film-film box office dan film serial dengan beragam genre, melainkan juga siaran-siaran TV dari berbagai saluran.

Aplikasi streaming ini tersedia untuk seluruh jenis hosting di dunia, sehingga pengguna di Indonesia tidak perlu khawatir untuk menggunakan Showbox. Selain itu, Showbox juga dapat diakses secara gratis sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat menonton film-film di dalamnya.


Itulah 5 aplikasi canggih Android yang tidak ada di Playstore. Pengguna dapat mencari aplikasi-aplikasi tersebut di platform lain seperti appstore bawaan HP ataupun di official website aplikasinya. Selalu lakukan screening pada aplikasi yang akan diinstal agar HP bebas dari virus.